Cerita Tian

Kurangi Keinginan Agar Tidak Boros

4:18:00 PM

"ih yang itu keren"
"itu juga bagus"
"eh ini lucu"
Dan akhirnya semuanya masuk dalam keranjang belanja, kemudian manyun saat dirumah. 

Ada yang pernah begitu juga??? Hihih saya rasa hampir semua manusia, terlebih perempuan pasti pernah merasakan hal itu. Kalap saat belanja dan begitu sampai rumah, manyun deh. 

Keadaan seperti ini katanya sih manusiawi, hmmm manusiawi sih iya tapi kalau sering - sering gini bisa hancur masa depan saya. Ya eyalah secara uang dihambur - hamburkan begitu saja, dan parahnya lagi biasanya barang yang dibeli itu gak begitu dibutuhkan, hiks. Diinginkan tapi enggak dibutuhkan, itu adalah menghambur - hamburkan aktiva lancar. Kalau sering memanjakan keinginan bisa - bisa kebutuhan malah terabaikan. 

Sudah pada tau kan tentang keinginan dan kebutuhan dalam berbelanja? Kebutuhan dan keinginan ini selalu menjadi pencetus untuk berbelanja. Bedakan dulu deh apa itu kebutuhan dan apa sih keinginan, baru bisa menekan hasrat berbelanja yang berujung penyesalan. 


Kebutuhan itu kata dasarnya butuh, berarti sangat perlu atau hal / sesuatu yang diperlukan. Dan keinginan yang kata dasarnya ingin yang artinya hasrat. Keinginan adalah fungsi tambahan dari fungsi utamanya, yaitu kebutuhan. Jelaskan?

Udah lumrah deh kayaknya kalau setiap orang itu memiliki standar keinginan dan kebutuhan yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh faktor lingkungan, pekerjaan dan faktor lainnya. Namun jika tetap saja tidak bisa memilah antara kebutuhan dan keinginan sih akhir - akhirnya akan terjebak dalam lingkaran KEBOROSAN. kalau boros terus sih bakalan goncang dunia per financial an, hehe. 

Nah supaya dunia per financial an engga kacau, saya punya dikit nih tips agar tidak boros - boros. Dan yang pasti sih harus bisa membedakan dulu mana keinginan dan mana kebutuhan, baru deh bisa membuang sifat boros, haha. 

  • Hal yang utama dilakukan sebelum berbelanja adalah membuat list belanjaan. Saya biasanya menanyakan dulu apa saja yang habis dirumah. Mulai dari shampoo Marwah sampai deodorant ayah. Setelah semua di list dan diyakinkan gak ada yang lupa baru deh cuuuz kita pergi belanja. Eh iya, dalam list ini juga harus dikontrol mana kebutuhan dan mana keinginan yah, agar tidak membengkak pas bayar dikasirnya. 
  • Jangan sering - sering ngemall. Ini nih harus dihindari, jangan sering - sering ngemall atau sekedar hangout. Ke kafe, restoran atau ke toko buku harus diminimalisasikan sebisa mungkin, ini penting agar uang tidak lari begitu saja dari dompet :D. 
  • DOnt judge it by brand. Ada yang gila merk? ini bisa dipastikan orang yang gila brand adalah boros, wkwkwk. Tapi kalau sekali - kali boleh sih, hihi. Jadi cari aja produk atau barang yang kualitasnya bagus serta harganya murah, catet HARGA MURAH. Misalnya nih, kalau pengen keren kalau ke kondangan, dan beli perhiasan mahal plus uangnya gak ada, ya udah beli perhiasan biasa aja yang dijual ditoko perlengkapan aksesoris, gak perlu branded yang penting pantes aja dan keren dipakenya, iya gak? iya dong. 

Gampang kan untuk menekan rasa boros, lama - lama juga pasti terbiasa kok, haha. Yang penting dan lebih penting adalah NIAT. Selain niat juga harus pintar - pintar mengurangi keinginan, hohoho. 


Mari hidup hemat agar cepat kaya :D... 




You Might Also Like

28 komentar

  1. Duh aku ini tipe pemboros suka gelap mata kalau liat yang aneh2...kayaknya kudu direm deh biar cepat kaya...mksh ya sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi aku jg gitu mak makanya mulai beberapa thn lalu aku terapkan sistem ini dan berhasil hemat. Belum kaya tapi wkwkwk

      Delete
  2. Akupun juga gitu. Supaya pengeluaran bijak, pasti bawa2 catatan kemana2 :)
    Tipsnya lagi, kalo lagi ada SALE, jangan sampe tergoda utk gesek2 kartu. Apalagi aku adalah termasuk org yang hampir tiap hr ngemall :)
    Kecuali KTP, bhuahaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaa harus menahan godaan ya mak Oline

      Delete
  3. Tipsnya oke mak... bnr bgt jgn terlalu sering ke mall yg cuci mata ini yg akhirnya beli2 yg g kita butuhin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kl sering ngemall bisa2 jebol pertahanan hihi

      Delete
  4. Wiiikkss.. Tersindir aluuss ni Maak :D. Eniwei, tipsnya oke bingit. Untung aku tinggal di kota kecil Mak. Mal cm satu dan belum penuh tenant-nya, jadi males muter2 xoxoxo!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi asik dong kl gitu mengurangi hasrat ngemall

      Delete
  5. Meskipun sudah belajar berhemat, tapi pas udah ngumpul banyak kok berasa lbh cepat abisnya ya hehehe.

    ReplyDelete
  6. Kelihatannya mudah, ya? Tapi poin satu bakal gagal kalau mata kita gak sengaja lihat yang lucuk atau menarik hati.
    yang kedua, syukur aku sekarang ngurangin ngemall. Beuh sebelum sekarng, ngemall bisa semiggu 2x. gilak.
    Ketiga, prinsipku ada barang bgus tapi harga ok. Ambil. Tapi juga hasil riset review dulu biasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiiih ngemall seminggu 2x kalau aku bisa bangkrut mak wkwkwk

      Delete
  7. aku termasuk pembeli impulsif, boros bener jadinya. Post ini bisa banget dijadiin catetan buat di kening biar gak impulse lagi. XD

    ReplyDelete
  8. Mak tian..headernya cantik..*gagalfokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha makasih mak Inda .. jd malu

      Delete
  9. buat saya,list belanja itu wajib..sebisa mungkin saya g beli kalau nggak butuh2 banget hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bener mbak, sebisa mungkin harus bbisa

      Delete
  10. hihihi jadi inget nasehat calon suami, keinginan itu 10x penghasilan. makanya harus pinter2 ngendaliin keinginan hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa harus pinter mengendalikan keinginan yaa

      Delete
  11. Keinginan buat traveling kadang ngga bisa terbendung, Mbaaak >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, untuk yang suka traveling pastinya begitu

      Delete
  12. Kudu pinter2nya mengendalikan diri ya hehr

    ReplyDelete
  13. temen2 kantor bnyk bilamg aku boros krn terlalu sering traveling... masalahnya traveling buatku kebutuhan hidup, yg mungkin bagi temen2 cuma liburan biasa yg ga gitu ptg -__-. Jd bnr kok yg kamu tulis mba... kebutuhan msg2 org itu beda :) .Walo aku ga bisa idup tanpa traveling, toh keperluan2 lainnya plus nabung ttp bisa kok aku jalanin ... jd sbnrnya g boros jg toh... :D Trgantung pribadi msg2 sbnrnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi tergantung kebutuhan juga sih yah. hehehe

      Delete
  14. " jangan sering ngemall "
    Kayanya ini yang paling harus di underline ya mbak.. Ke mall tuh laper mata lihat sale dikit bawaanya jadi pengen beli ..
    Tapi bener banget tuh soal bikin list biar ga kalap beli yang " siapa tau nanti perlu "

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook