TUA atau DEWASA???

by - 3:15:00 PM

Kelahiran tahun berapa? Hmmm beberapa orang * khususnya wanita* sepertinya suka agak risih kalau ditanya umur dan tahun kelahiran. Sensi kah atau memang wanita yang terlalu sensi buat ditanya hal itu? :D Hmm kalau saya pribadi sih biasa aja, gpp deh umur nambah terus asalkan kedewasaan makin bertambah dan jiwa plus muka muda terus, haha. Hal yang paling ditakutkan para wanita umumnya adalah menua , padahal kan itu sudah hukum alam yah, lahir , bayi , balita , anak , remaja , dewasa , tua. Yess tua adalah proses dari kehidupan kita :D. Jadi siap tidak siap , mau engga mau kita memang akan merasakan yang namanya TUA . Jadi tua itu akan benar terjadi namun menjadi dewasa itu adalah pilihan. 

gambar hasil nyari dari mbah GOOGLE 

Setiap orang yang akan menua , cepat atau lambat , namun apakah dewasa akan mengikuti proses tua itu? 

Dari sisi biologis memang terlihat tua , namun secara psikologis tidak dewasa? nah lho bagaimana kalau kayak gitu? Sering sih saya menemui orang yang secara biologis dia tua namun psikologisnya sama sekali belum dewasa. Nah ternyata itu adalah hukum alam juga kali yah.Ga enak banget kan kalau kita memiliki umur yang tua namun ternyata dicap belum dewasa, huh menyebalkan sepertinya. 

Menurut saya sih supaya kita terlihat lebih dewasa itu biasanya terlihat dari cara berbicara dan berperilaku , mengontrol emosi adalah jawabannya. Yup mengontrol emosi, susah sih memang, saya sendiri pun masih ngos ngos an belajar ngontrol emosi nih. Mengkaji diri sendiri dan memahami orang lain pun adalah langkah pendewasaan diri. 


Intinya kita harus tahu dulu mana yang baik dan mana yang buruk , baru bisa disebut dewasa? belum lah , setelah itu harus bisa memprioritaskan yang terutama dan yang pertama, mana yang harus dilakukan lebih dulu dan mana yang bisa diakhirkan. Terus kita harus dapat menyelesaikan masalah diri kita sendiri dengan bijak dan lebih baik lagi jika bisa membantu menyelesaikan masalah orang lain tanpa memihak salah satu pihak. Orang yang dewasa itu tidak akan lari dari masalah, sayang pada diri sendiri dan peduli dengan lingkungan sekitar. Taat beribadah , menjauhi apa yang Alloh Swt larang dan menjalankan apa yang diperintahkanNya. Mau menerima perubahan , saran dan kritik. Menjadi dewasa itu gampang - gampang susah kan yah???


Jadi pilih mana TUA atau DEWASA? 







You May Also Like

4 komentar

  1. Tulisannya dalam mak. Memang semua menyongsong kemestian usia.
    Saya pernah menulis dengan sudut pandang yang lain, yaitu kecemasan atau kejengahan ketika fisik beranjak menua.http://ida-nurlaila.blogspot.com/2013/12/menjadi-tua-bagian1.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. tua itu adalah penuaan dalam fisik dan penuaan dalam fikiran yang dewasa ya mak? :)

      Delete
  2. Tua adalah takdir,,{bagi yang panjang umur ya}
    Dewasa adalah anugerah dalam berpikir dan bersikap. Sebuah pilihan untuk saling berbagi sesama lingkungannya :)
    http://aidamaruf.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Mensyukuri saja semuanya mbak, kalo ditentang ngga bagus juga...

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D