Jumat, 04 Juni 2021

Tetap Sehat dan Bugar di Usia 30 - an

Bismillah, 

Mana suaranya yang menjadikan pola makan yang sehat, pola hidup yang sehat itu menjadi rutinitas keseharian supaya mendapatkan badan yang segar, sehat dan juga bugar? 

Atau malah menjadikan pola makan sehat dan rajin olahraga itu hanya sekedar lifestyle yang sedang ngehits? 

Tapi memang sih, sekarang tuh kebanyakan rajin olahraga dan makan makanan yang sehat itu hanya sekedar untuk memenuhi hasrat konten sosial media, dan karena terbawa arus tren, bagus sih tapi kalau cuman untuk konten saja ya percuma. Betul? 

Tubuh itu harus dimanjakan, diperlakukan secara istimewa sebagai bentuk syukur pada Allah atas apa yang diberikan. Apalagi kalau sudah usia 30 tahun plus plus, duh itu badan perlakuannya harus beda dibandingkan memperlakukan badan ketika usia belasan. 

Banyak perubahan pada tubuh ketika usia 30 - an.  Banyak penurunan fungsi tubuh yang dirasakan, salah satunya adalah penurunan metabolisme. Ini yang bikin saya jengah, huhuh karena saya menjadi lebih cepat mengalami kenaikan berat badan loh, jadi yah gini susah banget kalau mau nurunin berat badan. 

Terus, di usia 30 an ini, saya mulai merasakan sakit inilah, sakit itulah. Tubuh menjadi kurang bugar, fungsi tulang bahkan massa otot menjadi menyusut juga. Perlahan memang, jadi belum begitu kentara. Tubuh pun menjadi cepat capek dan sering pegal, hehe apalagi kalau aktivitas banyak. 

Di usia 30 - an ini, kadar kolagen pun ikut menurun. Kulit mulai terlihat keriput dan juga kerutan di wajah mulai terbentuk, kenapa ini terjadi? Karena sel kulit baru tidak cepat terbentuk, beda banget ketika kita masih usia belasan dan dua puluhan, hehe. 

Meskipun begitu, tenang gaes jangan sedih dan bermuram durja, karena semua penurunan fungsi pada tubuh ini bisa diperlambat dan tetap menjadikan tubuh tetap sehat dan juga bugar. Makanya penting banget menjaga tubuh tetap bugar diusia 30 - an. 

Karena menerapkan pola hidup sehat dan memiliki tubuh yang bugar ini bisa banget memperlambat efek penuaan pada tubuh. Jika bugar maka kesehatannya pun akan meningkat, risiko terkena penyakit pun akan berkurang. 

Supaya badan tetap bugar, salah satunya dengan olahraga, konsumsi makanan sehat dan jangan lupa konsumsi vitamin juga. So, belum terlambat untuk mulai hidup sehat meskipun usia sudah 30 - an.  Yang penting niat san motivasi yah, its a key. Kebiasaan baru memang harus dibiasakan dan waktunya tidak akan instant, jadi konsisten ya gengs. 

Olahraga secara teratur 

Mulai olahraga ringan aja dulu tapi rutin. 15 - 30 menit per hari sudah oke lah, jangan terlalu lama untuk diawal. Olahraganya di rumah saja, di youtube sekarang banyak sekali video yang menyajikan berbagai macam olahraga di rumah yang menyenangkan, kok. 



Lakukan olahraga ini seminggu dua kali, untuk meningkatkan massa otot jadi mencegah banget dari kehilangan massa otot. 

Sebelum olahraga, jangan lupa untuk oleskan slimming cream agar otot dan bagian yang bergelambir menjadi lebih kencang. 

Konsumsi makanan yang bergizi 

Penting sekali ini untuk kontrol berat badan. Semakin bertambah usia maka semakin mudah alami kenaikan berat badan, dilema sekali. Selain harus rajin olahraga secara teratur, pola makan pun harus diperbaiki. Mulailah kurangi makanan yang kandungan gula dan kalorinya tinggi, jauhin deh makanan manis dan juga junk food. 



Mulai konsumsi makanan yang mengandung sumber protein. Karena protein sangat diperlukan untuk memperbaiki sel - sel yang rusak dan bisa mempertahankan massa otot. Banyakin juga makan buah & sayur, karena kandungannya baik banget untuk tubuh agar tetap sehat. 

Konsumsi multivitamin

Saya konsumsi vitamin D dan Zinc untuk kesehatan tubuh saya supaya tetap prima dan bugar. Vitamin D dan Zinc ini juga dipercaya bisa membuat tubuh lebih kebal dan daya tahan tubuh lebih kuat alias sistem imun menjadi lebih kuat. 

VITAMIN D3

Vitamin D3 atau biasanya dikenal dengan "Sunshine vitamin" ini adalah vitamin yang penting banget untuk tulang dan juga gigi supaya kuat. Selain itu, oke juga untuk kesehatan immune system atau daya tahan tubuh kita. Apalagi ya dimasa pandemi gini, kita wajib banget meningkatkan daya tahan tubuh dari virus, makanya harus rajin konsumi vitamin ini. 



Vitamin D3 ini memiliki kemampuan meregulasi penyerapan kalsium dan juga fosfor. Meningkatkan resistansi tubuh terhadap penyakit. Jika kekurangan vitamin D3 pada tulang ini akan terjadi tulang lunak (osteomalacia) dan juga tulang rapuh (osteoporosis). 


Ada penelitian yang menyebutkan bahwa dengan konsumsi vitamin D3 secara rutin dan teraturbisa kurangi risiko terserang flu dan berbagai penyakit lainnya. Karena kan memang vitamin D3 ini bagus banget untuk menjaga supaya daya tahan tubuh tetap baik. 

Apalagi saya kan banyak banget aktivitasnya, harus work from office juga. Dalam ruangan membuat saya kurang terkena sinar matahari, akibatnya saya jadi kekurangan vitamin D3 deh, padahal kan tubuh ini sangat butuh vitamin D3 itu sebanyak 5000 IU setiap harinya, seiring nambah usia kadarnya nambah lagi loh. Makanya saya rajin banget konsumsi vitamin D3. 

Semua yang dibutuhkan ini ada pada NOW Vitamin D3 - 5000 IU (Made in USA). Dalam satu kemasan vitamin D3 ini ada 120 softgels berwarna kuning yang sangat mudah diserap. Saya konsumsi vitamin D-3 ini dua hari sekali satu softgels. 

ZINC PICOLINATE 

Zinc picolinate ini sebagai mineral esensial yang memiliki peranan penting dalam banyak fungsi enzimatik. Zinc juga membantu mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh yang sehat dan juga merupakan komponen penting dari sistem antioksidan tubuh. 


Zinc / Seng ini ditemukan utamanya di ginjal, hati, pankreas dan juga pada otak. Saya konsumsi Zinc ini setiap hari satu kapsul setelah makan. 


Fungsi Zinc picolinate ini apa saja? 

✔ Bisa membantu tingkatkan daya tahan tubuh

✔ Atasi kulit yang bermasalah dengan jerawat

✔ Ampuh mempercepat mengeringkan luka 

✔ Membantu dan juga mencegah plus mengobati pembesaran prostat, penyakit hati dan sirosis. 


Zinc ini penting banget untuk organ dan sistem tubuh termasuk tulang, daya tahan dan enzyme. Efektif menjaga metabolisme tubuh, bisa melawan radikal bebas dan membantu tubuh yang lebih sehat. Tetap sehat meskipun usia terus bertambah.




32 komentar

  1. Aku juga rutin konsumsi vit D sejak pandemi ini mba. Baru tahu kalo naikin imun itu ga hanya vit c ya. Tapi harus diselingi Ama vit D juga zinc. Makanya aku konsumsi vitamin yg ada 3 kandungan itu.

    Dan beneran sih, selama pandemi gini, walo kuatir Ama covid, tp kok yaa malah udh setahunan aku ga sakit blass. Mungkin jg Krn pandemi cara hidup kita JD LBH bersih dan sehat. Ditambah suplemen vit D, C dan zinc tadi :D. Sebelum pandemi kan boro2. Minum vitamin kalo pas sdg flu doang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cara hidup kita zaman sekarang jadi lebih bersih dan sehat plus konsumsi berbagai macam vitamin, semoga sehat terus ya kita semua. aamiin.

      Hapus
  2. inginnnya selalu hidup sehat, makan bersih, rajin olehraga, tidak stress dan bahagia selalu ya mba... tapi apa daya hidup tidak ada yang sempurna hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semoga kita semua selalu sehat yah

      Hapus
  3. Well noted, mba
    dengan konsumsi vitamin D3 secara rutin dan teratur bisa kurangi risiko terserang flu dan berbagai penyakit lainnya.

    Yap, apalagi sekarang banyak virus bakteri dll yak
    Kudu banget terpenuhi asupan nutrisi dan vitamin.

    Karena kan memang vitamin D3 ini bagus banget untuk menjaga supaya daya tahan tubuh tetap baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,betul sekali, Semoga kita selalu sehat yah. Aamiin

      Hapus
  4. hidup sehat dambaan setiap hari ya mba, selain makan sehat, mengolah pikiran perlu euy. Btw, zinc penting banget nih.. aku sejak pandemik juga jadi lebih merhatiin asupan makanan untuk keluarga. . ada hikmahnya dari covid tapi kalau boleh milih, minta covid brlaluu yaaa cepet2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yaa rabb semoga Covid segera selesai dan tidak kembali lagi

      Hapus
  5. Saya baca dari awal, dalam hati membatin .... "Apalagi saya ini yang di atas kepala 4, malah mendekati kepala 5." :D

    Btw vitamin D sering dilupakan ya, saya belum terlalu lama ngeh sama pentingnya asupan vitamin ini terjaga di dalam tubuh padahal vitamin D3 ini bagus banget untuk menjaga supaya daya tahan tubuh tetap baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah samaan dengan kak niar, sedari baca judul sudah mikir apalagi saya yang sudah kepala 4. Tahun ini, saya pas kepala 4 :)
      Btw, pas suami kena covid bberapa bulan lalu, kami srumah rutin minum vit D. Setelah suami negatif, lha malah ga minum vit D lagi. Padahal bagus banget yaaa vitamin D ini.

      Hapus
    2. Haha, iya yang penting kita semua selalu bahagia dan sehat

      Hapus
  6. Yang penting asupan seimbang sama kegiatan, jangan sampe males gerak... asupan juga jangan sampe kekurangan vitamin...

    BalasHapus
  7. Olahraga teratur aku masih bisa tahan, tapi kalo makan makanan sehat ini kok nggak bisa berjalan lancar ya ahahaha ada aja hambatannya, heuheu. 1 botol isinya lumayan banyak ya mbk, 120

    BalasHapus
  8. Apalagi kayak sekarang ini ya, olahraga dan makanan sehat itu penting banget. Menyiapkan sendiri seperti instruksi dibeberapa artikel yang aku baca, awalnya menggebu tapi kelamaan jadi suka "ah pengen jajan ini deh?". Tapi selain itu aku juga menambahkan vitamin juga.

    BalasHapus
  9. Belakangan ini ritme OR saya ngedrop...*hiks*.

    Trs ada teman yg ngajakin ikut Yoga, jadinya skrg ORnya di konversikan dgn ikut Yoga, kebetulan jdwlnya klik. Oia, Vitamin D memang salah satu vit yg potensial ya Mbak. Beberapa waktu lalu saya sempat check (lupa apa nama pemeriksaaan), dan hasilnya saya harus memperbaiki asupan vitamin D.

    Jadi deh beli vitamin D utk nambahin asupan vit D dari makanan

    BalasHapus
  10. Ahh terimakasih mbak uraian penjelasannya ini aku udah 33 ini dan masih juga malas banget olahraga :(( sepertinya mmg udah waktunya harus up up buat olahraga ya.

    Dan vitamin D ini yg kayaknya aku butuh banget apaaa tiap bangun tidur sllu lowbackpain hahaha.

    BalasHapus
  11. Ahh terimakasih mbak uraian penjelasannya ini aku udah 33 ini dan masih juga malas banget olahraga :(( sepertinya mmg udah waktunya harus up up buat olahraga ya.

    Dan vitamin D ini yg kayaknya aku butuh banget apaaa tiap bangun tidur sllu lowbackpain hahaha.

    BalasHapus
  12. Selama pandemi kayaknya aku perlu vitamin sunshine nih. Udah tau dong sebabnya, kan banyakan di rumah nib daripada berinteraksi dengan sinar matahari.

    BalasHapus
  13. Wah saya gak pernah olesin slimming cream sebelum olahraga. Padahal penting ya, Teh, supaya otot dan bagian yang bergelambir menjadi lebih kencang.

    Mengonsumsi vitamin D sekarang jadi lebih gampang dengan Zinc picolinate ya...

    BalasHapus
  14. Baca ini jadi semacam reminder deh buat aku, jujur aku kurang banget waktu untuk olahraga, karena gak punya waktu juga...apalagi udah kepala 4 gini..
    Plus vit D gini ya kalo gak sempet berjemur bisa jadi alternatif ya.

    BalasHapus
  15. ma kasih ya Mba remindernya, btw kalo resep tetap bugar di usia 40 an apa nih, hehehe. usia cantik nih ya mba sebagian orang menyebutnya

    BalasHapus
  16. wah iya, aku sudah 34 nih mbak
    memang sudah dua tahun ini berusaha menerapkan gaya hidup sehat
    Dgn cara jaga pola makan dan olahraga rutin
    tapi sepertinya aku juga perlu konsumsi vitamin D nih, biar makin sehat

    BalasHapus
  17. molly nih tahun depan udah mau masuk 30. hehe.. iya mulai sekarang udah mulai sering olahraga, lumayan meningkatkan imunitas. kalo bisa tambah pake suplemen zinc juga ya

    BalasHapus
  18. Usia gak bisa bohong. Aku nih kayanya perlu lebih jaga tubuh dengan olahraga, makan teratur dan bergizi serta istirahat biar usia 30-an gak banyak drama. Vitamin juga perlu banget ya

    BalasHapus
  19. Kandungan vitaminnya lengkap pisan nih jadi nggak khawatir lagi defisiensi ya, mengandalkan asupa makanan kadang tak cukup...aku lagi rajin mengonsumsi vitamin E nih, jadi pengen yang lengkap begini isinya

    BalasHapus
  20. Suka bertanya-tanya, jadi sehari makan vitamin apa aja yaa...
    Soalnya vit. D ku nganggur banget di rumah. Bentuknya selalu besar, kan susah menelannya.

    Tapi dapat insight dari blogpost teteh, aku mulai mengazamkan diri untuk minum kembali vit. D ku.
    Semoga bisa menjadi imun tubuh di saat pandemi.

    BalasHapus
  21. Wah penting banget deh vitamin D ini. Aku sendiri belom pernah konsumsi suplemennya begini. Cuma ngandelin dari makanan aja. Kayaknya kudu konsumsi juga deh yang begini. Biar bisa bugar :)

    BalasHapus
  22. Selain olahraga dan makanan sehat, minum vitamin juga penting ya, Mba. Salah satunya konsumsi Vitamin D ini, terutama di masa pandemik seperti sekarang. Kesehatan tubuh harus benar-benar terjaga.

    BalasHapus
  23. ga kerasa ya usia ini bertambah :") tetap harus buat tubuh bugar
    aku pun ini malah mau 40 huhuh sedih banget bugar kurang

    BalasHapus
  24. huhuhu aku mengalami kesulitan kendalikan berat badan di area perut saat usia 40 plus nih, mba. waktu dibawah 40 tahu aku cungkirng. Gak nyangka nih jadi jendol perutku, memang harus olahraga ya dan asup vitamin D, aku olaganya jalan jauh aja sih biar gobyos

    BalasHapus
  25. Saya termasuk yg belum konsisten menjalankan hidup sehat heuheu msih doyan gorengan olahraga jarang alesan ga ada waktu

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon