Pentingnya Soft Skill Dalam Dunia Kerja

Februari 28, 2021

Bismillah, 

"Sukses itu, bukan cuman pinter doang!"

Pernah gak sih dengerin itu? 

Pernyataan tentang kesuksesan itu banyak yang bilang bukan hanya modal pintar saja. Namun juga peranan soft skill menentukan kesuksesan juga. Jangan sampai ketika menghadapi orang lain atau memasuki dunia kerja terkesan kaku, ga ada skill lain selain akademis yang jadinya bakalan kaku. 


soft skills di dunia kerja

Saya masih ingat, ada kawan saya dia tuh pandai sekali dalam hal akademis, namun seingat saya dia tidak memiliki teman lain selain saya. Dia tidak pandai bergaul, dia malah anggap sendiri pun dia bisa, kenapa harus banyak teman. padahal banyak teman justru mengasah skill komunikasi kita, iya kan? 

Sekarang, kawan saya ini sudah bekerja disuatu perusahaan yang cukup keren di Jakarta, namun karena beliau hanya andalkan kecerdasan akademis saja, masih sama. kawannya tak ada, dia hanya sesekali bercerita pada saya. Tapi ya begitu, Social intelligence nya kurang. 

Soft skill berpadu dengan keterampilan sosial, keterampilan berkomunikasi, karakter, perilaku, social intelligence dan juga emotional intelligence. Perpaduan yang oke yang akan membuat diri ini bisa bekerjasama dengan orang lain dengan baik. 

Soft Skills apa saja nih yang paling dibutuhkan? Yang bisa membuat hidup lebih baik dan siap menghadapi dunia kerja juga. Ada beberapa nih yang bisa saya jelaskan disini, diantarnaya adalah: 

Kreativitas 

Kenapa ya kita kok mesti dituntut untuk menjadi orang kreatif?

Pantesan yah pas sekolah dulu suka ada pelajaran yang mengasah menjadi kreatif. Dulu ada pelajaran keterampilan kan yah? 

Karena kreativitas ini bisa membantu menciptakan solusi yang inovatif. Kreatif dan selalu melakukan yang lebih baik itu bisa dilakukan terus dengan kreativitas. 

Persuasi ( komunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi & meyakinkan orang lain)

Untuk bisa bersikap persuafif diperlukan keterampilan khusus yang juga masuk dalam soft skill. Sikap persuasif yang disebutkan adalah untuk bisa menyakinkan orang lain untuk mengikuti aturan tertentu, untuk membuat orang setuju akan kesepakatan yang sudah ditentukan, bahkan bisa jadi untuk mempengaruhi orang lain supaya membeli produk atau memakai jasa yang kita tawarkan. 

Bukan hanya dibutuhkan ketika ditempat kerja, kemampuan untuk bersikap persuasif juga dibutuhkan dalam kehidupan sehari - hari loh, termasuk kuliah atau sekolah. Persuasi yang bagus bisa tingkatkan produktivitas. 

Manajemen waktu 

Anak - anak belajar manajemen waktu sejak kecil itu baik banget loh, akan membantu kebiasaan baik yang akan diterapkan ketika kuliah dan juga kerja. Bahkan yah ketika bekerja pun akan terbiasa melakukan manajemen waktu dengan baik. Bisa kerjakan pekerjaan dengan rentang waktu yang sudah ditentukan. 


Dan masih banyak lagi soft skills lainnya yang harus dikuasai supaya bisa menjalani kehidupan dalam dunia kerja dengan baik. 

Karena memang pentingnya soft skills ini, tentunya meskipun sudah tidak muda lagi saya tetap perlu mengembangkan dan juga upgrade ilmu seputar soft skills nih. Alhamdulillah sekarang tuh kita bisa menuntut ilmu kapan dan dimana saja. Bisa belajar secara online pula, tentunya ini memudahkan sekali. 


skill academy

Salah satu tempat belajar online untuk menambah ilmu tentang soft skills ini adalah Skill Academy. Yah, kita bisa belajar soft skills ini melalui Skill Academy, temen - temen bisa baca nih di blog Skill Academy langsung untuk referensinya. Di blog Skill Academy ini banyak sekali artikel seputar soft skills yang bisa dibaca - baca nih. 



With love,


Tian lustiana 




You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut