Peluang Kerja Untuk Anak Muda Indonesia

Februari 16, 2021

Bismillah, 

Berkali - kali saya selalu membahas tentang dampak Pandemi, yang mana bukan hanya berimbas pada kesehatan, namun pada mata pencaharian juga. Banyak usaha - usaha yang terpaksa gulung tikar, banyak toko yang terpaksa tutup dan banyak karyawan yang dirumahkan. 

Banyak yang merambah ke profesi baru, profesi yang sebelumnya mungkin tidak terpikirkan. yang penting bisa menyambung hidup. Bahkan ada salah seorang tetangga nih yang biasanya bekerja di Pabrik kini harus diam di rumah saja, sementara anak dan isterinya harus makan dan memenuhi kebutuhan lainnya. 


Green Jobs

Mengandalkan bantuan dari pemerintah saja tidak cukup, dana bansos mungkin hanya bisa menopang hidup beberapa hari saja, sementara hidup harus tetap lanjut. 

Tetangga ini, ditawari temannya untuk bekerja di bank sampah. Awalnya tetangga ini mengernyitkan dahi, hah? bank sampah? 

Ya, ternyata bank sampah ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan dimasa pandemi yang bisa diandalkan, memang sih tidak sebesar penghasilan di pabrik sebelumnya, namun insya allah cukup untuk menafkahi kebutuhan sehari - hari. 

Nyatanya, Bank Sampah ini termasuk ke dalam green jobs, ecopreneur. Hmm, awalnya saya ga paham sama sekali apa itu green jobs sampai akhirnya saya paham karena mengikuti Selasa sharing  yang diadakan Komunitas ISB secara daring pada tanggal 09 Februari 2021 yang mana tema nya itu Memahami Green jobs dan peluangnya bersama Coaction Indonesia. 

Sebelum melanjutkan cerita tentang green jobs ini, saya kenalin dulu Coaction Indonesia yang mungkin temen - temen belum kenal. Kalau sama komunitas ISB sih saya yakin sudah pada kenal, betul? 

Coaction Indonesia ini adalah organisasi yang memiliki peran sebagai simpul pembelajaran ide  - ide yang inovatid dan juga solusi yang berkontribusi pada perubahan iklim. 

Coaction Indonesia ini fokus sama energi terbarukan, yaitu energi yang diperoleh dari sumber daya alam bumi yang gak ada habisnya. 

Green Jobs? Apa sih Green Jobs itu? 

Apa sih yang menjadi latar belakang green jobs ini? 

Yang menjadi latar belakang green jobs ini adalah berkurangnya sumber daya alam akibat kualitas lingkungan yang semakin menurun juga. 

Green jobs ini, adalah pekerjaan yang ramah lingkungan. kalau didefinisikan lebih detail adalah pekerjaan yang ramah lingkungan, rendah karbon dan juga memberikan kontribusi terhadap pemulihan lingkungan. 

Bisa juga dijelaskan : 

Lambang dari perekonomian dan masyarakat yang lebih berkelanjutan dan mampu melestarikan lingkunga, baik untuk generasi sekarang ataupun generasi mendatang. 

Apa yang bisa kita harapkan dengan adanya green jobs ini? 

✔️Melindungi ekosistem 

✔️Meningkatkan efisiensi bahan baku & energi

✔️Mengurangi limbah dan juga polusi

✔️Mengurangi emisi

✔️Mendukung adaptasi perubahan iklim 


Apa saja persyaratan sebuah pekerjaan bisa dikatakan green jobs? 

Layak menciptakan produk ramah lingkungan & dapat memberikan kontribusi terhadap lingkungan. 

Green Jobs di Indonesia 

Ternyata pemerintah sudah sadar akan perubahan -  perubahan yang tengah terjadi di Indonesia. Banyak yang memanjatkan harapan Indonesia ini segera bangkit dan pulih kembali. 

Banyak cara yang dilakukan pemerintah supaya ekonomi segera pulih, salah satunya adalah menciptakan lapangan pekerjaan, selain itu pemerintah pun harus fokus sama masalah lingkungan. Maka sebagai dukungan pemerintah untuk mendukung pertumbuhan green jobs ini, pemerintah rencanakan pembangunan yang rendah emisi dan memanfaatkan energi terbarukan yang bisa perbaiki lingkungan dan juga memberikan peluang pekerjaan baru. 

Sektor pekerjaan green jobs di Indonesia yang bisa dipilih, diantaranya : 

Waste management, recycling, waste to energy 

Ini adalah pengolahan limbah yang bisa dilakukan seperti daur ulang plastik, daur ulang sampah makanan yang kemudian menjadi energi yang bisa digunakan kembali di rumah - rumah atau industri. 

Renewable energy 

Energi terbarukan, misalnya pembangunan pembangkit tenaga matahari.

Agriculture and forestry 

Pengembangan pertanian dan juga perhutanan yang kemudian bisa dikembangkan di perkotaan.

 

Green Jobs

Energy

Pembangunan di pabrik yang bisa hasilkan energi. 

Low carbon transportation 

Pembangunan pada industri transportasi yang ramah lingkungan. 

Green contruction

Pembangunan perumahan, kantor atau pabrik yang menggunakan kontruksi yang ramah lingkungan.

Energy efficiency

Pekerjaan yang dilakukan dengan tujuan mengurangi jumlah energi yang dibutuhkan dalam penggunaan peralatan atau sistem. 


Semoga green jobs ini semakin banyak menyebar di Indonesia yah. Karena Green jobs ini tuh salah satu alat atau media yang bisa menyeimbangkan ekosistem alam dan juga memiliki peranan besar dalam menangani kerusakan lingkungan. 

Semoga kita semua mengambil peran untuk memperbaiki dan memelihara keberlangsungan hidup ini, menyelamatkan lingkungan ini, semoga kita bisa. 



With Love,


Tian lustiana 















You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut