Yang Harus diperhatikan Ketika Melamar Kerja

Januari 29, 2021

Bismillah, 

Assalamualaikum, apa kabarnya nih temen - temen semuanya?Semoga temen - temen semuanya dalam keadaan sehat yah dan selalu dalam perlindungan Allah Subhanahuwata'ala, aamiin yaa Rabb. Di masa pandemi ini, saya sering menyatakan bahwa bukan hanya kesehatan yang terkena dampaknya, namun juga masalah keuangan terkena dampak juga. Meski begitu jangan pernah patah semangat untuk selalu mencari peluang kerja yah, misalnya untuk temen - temen yang stay di Bali bisa banget nih mulai mencari lowongan kerja Bali



Situasi pandemi gini memang sulit yah, namun kita harus tetap survive menjalani kehidupan ini. Kehilangan pekerjaan di masa pandemi ini memang bikin nyesek yah, namun yuk bangkit kembali mencari pekerjaan baru. 

Apa saja yang harus dilakukan ketika mencari kerja di masa pandemi seperti ini?

Terbuka dengan keadaan 
Banyak yang menyarankan, jika terkena PHK karena pandemi maka jujurlah ketika ditanya HRD alasan resign pada perusahaan sebelumnya. Jadi segan untuk tuliskan pada daftar daftar riwayat hidup juga. Selain itu. jelaskan juga pencapaian - pencapaian yang didapat di perusahaan sebelumnya. 

Jelaskan kemampuan & semua pengalaman 
Untuk yang sudah memiliki pengalaman kerja, jelaskan saja apa saja pencapaian yang sudah dicapai selama kerja di perusahaan sebelumnya, karena biasanya tim HRD itu lebih menyukai karyawan yang sudah memiliki pengalaman. Apalagi di masa pandemi ini, untuk urusan mencari pekerjaan pasti mengalami pelonjakan tinggi, jadinya persaingan semakin ketat. 

Jadi lebih baik menonjolkkan kelebihan diantara kandidat lain kan? Siapa tau menjadi nilai tambah untuk tim HRD. Jadi jangan pernah sungkan untuk selalu memperlihatkan semua kemampuan dan potensi diri. 

Hati-hati meninggalkan jejak di sosial media 
Hati-hati jangan pernah membuat status yang mengundang SARA dan hal yang negatif lainnya yah. Karena ini bisa saja membuat penilaian HRD loh. Karena HRD juga bisa cek ricek profil dan status - status sosial media. 

Apalagi kan yah zaman sekarang tuh platform sosial media banyak banget dan juga sosial media tuh bisa menjadi personal branding juga loh. Jadi hati - hati jangan sampai sosial media menebarkan hal negatif atau hoax. 

Cari tahu tentang perusahaan yang dilamar 
Penting banget nih untuk mencari tahu tentang perusahaan yang sedang dilamar. Cek mulai dari profilnya, divisi - divisi yang ada dan hal lainnya. 

Ini tuh sangat dianjurkan karena kita bisa berkontribusi dengan kemampuan dan juga pengalaman yang dimiliki.  Dan ketika HRD wawancara kita dengan percaya diri bisa menceritakan dan paham tentang profil perusahaan, ini juga bisa menjadi nilai plus dan membuat mereka terkesan. 

Lowongan Kerja Bali


Nah, gimana nih menurut temen - temen yang sedang mencari pekerjaan? Untuk temen - temen yang stay di Bali dan mencari Loker Bali bisa langsung saja ke https://www.lokerbali.info , disana lengkap banget info - info lowongan kerja untuk daerah Bali, sok mangga langsung saja berkunjung ke websitenya yah. 




You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut