Diskusi Bareng Ani Berta dan Asep Kambali Tentang Uang Rupiah Edisi Khusus HUT RI Ke- 75

September 01, 2020

Bismillah, 
Temen  - temen sudah mendapatkan uang edisi khusus belum nih? iya itu tuh yang rupiah edisi khusus HUT RI ke - 75. Istimewa banget yah rupiah edisi khusus itu yah soalnya kan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke - 75. 


Uang rupiah edisi khusus ini tuh memang memiliki keunikan tersendiri yah jika dibandingkan dengan uang rupiah lainnya. Unik kan, uang dengan nilai 75ribu hanya dalam satu lembar. Momen langka juga sih , biasanya kan Bank Indonesia itu mengeluarkan edisi koin kan dan dicetaknya pun terbatas banget jadi lebih eksklusif, betul? nah kalau uang yang edisi 75ribu lembaran ini katanya sih tidak terlalu ekslusif soalnya dicetak lumayan banyak, ada 75 juta lembar. 

Kebetulan sekali nih, ada live instagram teh Ani Bertayang sharing seputar penerbitan uang rupiah edisi khusus ini. Teh Ani pun tidak sendiri, ditemani oleh Kang Asep Kambali dari Komunitas Historia Indonesia. Teh Ani dan Kang Asep ini diskusi seputar penerbitan uang edisi khusus. Menurut Kang Asep, adanya uang rupiah edisi khusus ini tuh adalah satu hal yang lazim yang dilakukan pemerintah, jadi uang lembaran 75ribu ini tuh bisa dikatakan sebagai simbol rasa syukur dan hadiah untuk masyarakat. 

Dijelaskan pula bahwa pembuatan dan penerbitan uang edisi khusus ini tuh awalnya merupakan inisiatif dari Bank Indonesia dan Kementrian Keuangan, tujuannya bukan untuk dibelanjakan. Jadi awalnya bertujuan hanya untuk koleksi saja karena kan ada nilai sejarahnya, yakni dalam memperingati kemerdekaan RI yang ke - 75 . Seandainya saya mendapatkan uang edisi khusus ini saya pun  kayaknya gak bakalan membelanjakannya deh, bakalan saya koleksi juga. Soalnya kan limited banget yah. 


Kang Asep Kambali ini, sebagai sejarawan memiliki keterlibatan dalam perumusan uang rupiah edisi khusus ini, bersama Anhar Gonggong, Hoesein Rusdhy dan Didik Pradjoko. Kebayang yah gaes gimana ribetnya merumuskan tema dan sejarah Indonesia supaya ada / hadir dalam selembar uang rupiah. Dalam diskusi online live instagram ini dijelaskan juga tentang tema / filosofi yang tersirat dalam uang rupiah edisi khusus ini. Adalah mensyukuri kemerdekaan yang sudah diperjuangkan oleh pahlawan, ini terlihat jelas dengan adanya gambar   Dr. Ir Soekarno dan Dr. Mohammad Hatta, ada juga peristiwa pengibaran bendera pada tanggal 17 Agustus 1945. Ada gambar gunungan, gambar garuda, jembatan Youtefa di Papua, MRT dan juga jalan tol, dimana semua itu menggambarkan pembangunan yang terjadi di negeri Indonesia ini. Memperteguh Bhinneka Tunggal Ika, ini digambarkan dengan adanya gambar anak - anak yang mengenakan pakaian adat Indonesia barat, tengah dan timur. Menyongsong Masa Gemilang, ini diperlihatkan dengan adanya peta Indonesia yang warnanya emas dan adanya satelit merah putih. 


Gak nyesel deh saya mengikuti diskusi online teh Ani dan Kang Asep Kambali ini soalnya saya jadi paham beberapa hal tentang uang edisi khusus ini. Dijelaskan juga bahwa ada tiga uang peringatan serupa yang sudah dibuat sebelumnya, yakni uang peringatan kemerdekaan RI ke - 25, ke - 45 dan ke - 50. Semuanya itu dibuatkan dalam bentuk koin yang terbuat dari logam. Uang logam HUT RI ke - 50 itu dibuat dari emas dan dihargai dengan harga yang lumayan loh, senilai 800ribu. Nah kalau ini kayaknya emang cocok dijadikan koleksi yah, soalnya engga semua orang bisa beli. Betul? 

Nah beda kan dengan uang edisi khusus HUT RI ke - 75 ini, soalnya kan dalam bentuk kertas dan kayaknya kita pun bisa memilikinya, menurut kang Asep meskipun bahannya kertas namun kelebihannya tetap ada dong. Tampilannya mengkilap kayak plastik namun ga mudah koyak, uang rupiah edisi khusus ini pun sistem keamanannya oke loh, jadi kayaknya sulit dipalsukan. 

LIVE INSTAGRAM 

Kalau lihat dari gambarnya nih, hehe soalnya saya belum dapet uang 75ribu nya, uangnya tiu berwarna  -warni ya kan? Lebih berwarna gitu. Ternyata gengs, warna yang ada pada uang edisi khusus ini tuh adalah rangkuman dari warna uang rupiah yang sudah beredar di Indonesia, komposisi serta filosofinya tuh rangkuman Indonesia banget. 

Duh, saya jadi gak sabaran ingin segera memiliki uang rupiah edisi khusus itu deh. Terimakasih untuk teh Ani Berta dan Kang Asep Kambali yang memberikan informasi dan membuka wawasan saya juga seputar sejarah dan keragaman budaya Indonesia. Ternyata banyak sejarah yang dirangkum dalam banyak hal yah. Makin seneng belajar sejarah nih, langsung ah saya ingin kepoin Komunitas Historia Indonesia juga deh. 





With Love, 








You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut