Tentang Google Analytics

Mei 08, 2020

Bismillah, 

"Jangan lupa sertakan Google Analytics nya yah!" 
Sering gak sih menerima permintaan klien atau brand yang meminta laporan google Analytics tulisan kita? Sering dong pastinya. 

Google Analytics itu adalah fasilitas dari Google, gunanya tuh untuk memperlihatkan statistik pengunjung blog kita secara lengkap. Google Analytics / tools ini tuh bermanfaat banget buat kita yang punya blog atau website, ya kalau menurut saya ini tuh sebagai cerminan buat liat effort atau kerja blog, apakah ramai atau tidak pengunjungnya. Kurang lebih gitu.

Jujur, dulu saya tuh beranggapan "ah, susah nih kayaknya Google Analytics ini,ribetin" , namun jika sudah kenal dan ditelaah ya gak serumit yang saya pikir diawal. Yang pertama harus dilakukan adalah memasang script di blog kita saja.

BACA : Menjadi Blogger Produktif Dengan Lenovo Yoga S740

Ada manfaatnya gak sih memasang Google Analytics? 

Selain Google Analytics, setau saya sih banyak tools lain yang bisa mengukur kinerja blog atau website yang kita kelola.Ada yang langsung terpasang pada web (plugin) dan ada yang terpisah. Nah si GA (Google Analytics) ini terpisah.

Manfaatnya tuh adalah : 

❤️ Google Analytics bukan semata melacak pengunjung untuk situs website namun juga mobile apps, android, dekstop, windows, linux dan juga lainnya.
❤️ Google analytics ini tuh teliti banget loh gengs, doski tuh ngumpulin semua data dan juga informasi tentang pengunjung menurut data geografisnya dimana dan dari mana pengunjung blog berasal juga doski tau gengs. Sampai data demografis nya kayak jenis kelamin dan usia pun bisa terdata dengan baik, kece yah sedetail itu.
❤️ Google Analytics memberikan informasi juga loh tentang keywords yang lebih dominan pada blog kita tuh apa saja.
❤️Kalau digunakan sebagai marketing tools nih, dengan GA ini kalau punya blog / web bisa merencanakan strategi yang lebih efektif.

Dan masih sangat banyak manfaat lainnya. Yang paling umum ya kita bisa tau kinerja blog / website yang kita kelola.

Daftar dan pasang Google Analytics

Dimana sih masangnya?
Pasangnya tuh di tempat yang selalu ada pada setiap halaman blog temen - temen, entah itu pada header or footer. Jadi sila pilih salah satu saja mau dimana.

Oke, lanjut.

Yang harus dilakukan pertama kali adalah, cus ke halaman google analytics, sign up dan isi semua data yang dibutuhkan. Pastikan udah punya akun Google ya gengs. Pokoknya wajib isi semua data dengan lengkap, data - data tuh diantaranya seperti ini nih :

What would you like to track? Temen - temen pilih website.
Account name? Silakan isi aja sesuai keinginan.
Website name? Ini juga isi aja sesuai keinginan.
Website url? url blog temen - temen.
Industry category? kalau ada usaha atau kalau bikin blog buat usaha yang bisa nih diisi jenis usahanya temen - temen.
Reposting Zone? Kalau di Indonesia sih biasanya laporan ini tuh akan diupdate / diperbarui tuh pas pukul 00.00.
Lalu scroll aja ke bawah dan "get tracking id" nanti bakalan muncul pop up semacam S&K gitu, baca dan klik setuju.

Untuk informasi lebih lengkapnya ini harus langsung sambil dilakukan, biar paham. Temen - temen bisa googling lagi deh biar lebih lengkap tentang masang GA ini.


Google Analytics ini tuh penting yah, makanya cara bacanya pun harus paham dan gimana juga cara menggunakannya, jangan sampai bingung. Haha. Saya dulu awal - awal bingung banget loh, gimana nih cara menggunakan dan membaca Google Analytics.

BACA  :
CARA SEDERHANA YANG BISA DILAKUKAN UNTUK MEMAKSIMALKAN PROSES OPTIMASI SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) BLOG

Ada beberapa hal yang penting nih yang bisa kita pelajari buat memahami cara membaca Google Analytics, diantaranya tuh adalah :

Buat mengetahui seberapa banyak nih pengunjung yang sudah mampir ke blog kita serta untuk mengetahui tingkat bouncing rate, page / season, average time per session.
 User Flow, ini ada kaitannya dengan perilaku kunjungan visitor dari mana dan terus kemana.
 Aquisition visitor distribution, ini bisa tau dengan cara apa visitor masuk atau datang ke blog kita, apakah langsung, secara organik melalui search engine , melalui sosial media , reveral atau apa, jadi ketauan dari sini.
  Visitor Behavior, bisa membaca kebiasaan atau perilaku visitor yang main ke blog kita.

Nah, temen - temen. Dari ke empat hal dasar yang wajib kita pahami ini sudah lumayan cukup mewakili, sebenernya masih banyak banget yang harus diketahui, tapi pelan - pelan aja ya biar gak mumet.


Insya allah nanti akan saya share di postingan berikutnya yah temen - temen. Kalau ada temen - temen yang lebih paham seputar Google Analytics ini, sharing yuk biar kita sama - sama belajar. Makasih yah.




With Love,



You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Total Tayangan Halaman

Pengikut