Yang Harus Diketahui Tentang Covid - 19

April 20, 2020

Bismillah, 

Sudah hampir dua bulan nih stay at home. Anak - anak belajar di rumah, beberapa karyawan juga menerapkan sistem Work From Home. Beberapa aktivitas yang dirasa gak penting - penting banget pun diliburkan dulu. Karena Pandemi yang belum berakhir, hiks. Doakan saja semoga Covid - 19 ini segera hilang dan kembali ke tempat asalnya, aamiin. 




Kian hari, kian banyak informasi keliru/ hoax tentang COVID-19 ini, bikin panik saja. Bahkan, pemerintah menerapkan aturan pun pada dilanggar, ya itulah karena simpang siur informasi, karena banyak informasi keliru dan ditelan mentah - mentah. Sampai - sampai WHO juga menyatakan bahwa memang banyak sekali penyebaran informasi palsu dan bikin masalah ini menjadi lebih serius. 

Biar gak menambah kepanikan nih, ada beberapa hal yang harus diketahui :  

COVID - 19 ini menyebar, jika melalui kontak langsung 
NOted ya gengs, bahwa COVID-19 ini tuh menyebarnya melalui kontak langsung. Mulai dari droplet air liur ketika bersin atau ketika batuk dari orang yang terinfeksi. Atau droplet itu mengenai gagang pintu, dompet atau benda lainnya. Jadi, memang harus banget jaga jarak seenggak se meter lah dari orang yang batuk atau bersin atau flu. 


 Dilihat dari gejala 
Jika dilihat dari gejala nya, ada 3 gejala yang umum dari COVID-19 ini, adalah : 
  • Demam
  • Batuk
  • Sulit bernapas 
Infeksi virusnya yang bikin sulit bernapas. Jika dibiarkan akan makin serius dan fatal. Dan perlu diingat nih, orang - orang yang rentan terkena virus ini tuh adalah mereka yang sudah lansia atau mereka yang sebelumnya memiliki penyakit serius sehingga mungkin daya tahan tubuhnya kurang baik. 

 Pencegahan 
Yang utama adalah menjaga kebersihan, setuju dong? Tapi jangan sampai berlebihan. Cuci tangan sudah cukup, asalkan benar cuci tangannya. Cuci tangan kurang lebih selama 20 detik menggunakan sabun dan air bersih. Pemakaian handsanitizer juga bisa dilakukan jika sedang berada diluar ruangan dan tidak menemukan air buat cuci tangan, bisa jadi alternatif. Kalau di rumah sih jangan pakai takutnya abis pakai handsanitizer nyalain kompor, meleduk deh. Ada kan kejadian gitu? amit - amit. 


Selain cuci tangan, jangan lupa untuk selalu menggunakan #masker . Gunakan #MaskerKain saja sudah cukup melindungi, insya allah. Bolehlah kalau butuh masker kain mampir ke MarwahStyle 

 Sudah ada obatnya belum sih? 
Menurut beritanya sih belum ada obatnya, tapi kan kita umat beragama yah. Kalau Allah Subhanahuwataala memberikan kesembuhan, insya allah sembuh. Betul? Yang utama kita harus selalu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh kita sendiri. Dan lingkungan juga harus bersih. 


Itulah, beberapa hal yang harus diketahui seputar COVID-19. Jangan lupa untuk selalu berdoa, minta sama Allah supaya ini semua segera berakhir yaaa. aamiin. 

Semoga kita semua sehat selalu yah. 




With Love,
Day 1 , 20 April 2020 










You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Total Tayangan Halaman

Pengikut