Fetching data...

Jumat, 24 April 2020

Pentingnya Penerapan Social Distancing Demi Mencegah COVID-19

Bismillah, 

Pentingnya Penerapan Social Distancing Demi Mencegah COVID-19 . Bandung sudah mulai memasuki hari ke - 2 PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) nih. Upaya ini dilakukan pemerintah guna menangani dan memotong rantai penyebaran si Covid - 19 yang semakin hari semakin meluas. Makanya, anjuran ini diterapkan.


Sebelum memulai melakukan penerapan social distancing ini, menurut saya sih harusnya kenalan dulu dan pahami dulu harus ngapain saja nih selama social distancing ini. Kadang yang saya lihat banyak yang salah paham dan salah kaprah, hingga akhirnya ga peduli, hhuhuh. 

Apa sih Social Distancing itu? 

Social Distancing adalah salah satu langkah pencegahan dan juga pengendalian penyebaran Covid-19, menyarankan atau menganjurkan orang - orang yang sehat untuk tidak mengunjungi ke keramaian dan melakukan kontak langsung dengan orang lain, jadi berkerumun lah gitu yah.

Penerapan Social Distancing ini tuh, jangan berjabat tangan dengan orang lain, wajib banget jaga jarak seenggaknya 1 meter ketika berinteraksi dengan orang lain. 

Apa saja tuh contoh penerapan social distancing? 
  1. Beberapa perusahaan banyak yang sudah menerapkan sistem WFH atau Work From Home.
  2. Untuk sekolah, semua sudah ditetapkan learn from home juga. 
  3. Menunda segala bentuk pertemuan atau acara - acara yang akan dihadiri oleh banyak orang. Disarankan melakukannya secara virtual atau online saja, memanfaatkan aplikasi. 
  4. Tidak mengunjungi orang sakit.
  5. Tidak ke tempat keramaian, mall dan pusat perbelanjaan pun beberapa sudah ditutup. 
  6. Dan lainnya, yang penting jaga jarak dan selalu menggunakan masker. 

Nah, sekarang kita obrolin persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan Social Distancing. 

Ada beberapa hal yang harus temen - temen siapkan nih sebelum menjalankan social distancing atau pembatasan sosial, yaitu :

Planning kegiatan yang akan dilakukan
Buat yang masih punya tanggung jawab melakukan kegiatan diluar rumah, belum WFH (kayak saya, hiks) bersabarlah. Gapapa kok asalkan jangan mengunjungi tempat yang ramai dan harus paham etika nya saja. Kalau mau belanja pun silakan, asalkan beneran harus jaga jarak sama orang lain dan menggunakan masker, sarung tangan dan jaket. Ketika pulang ke rumah harus langsung bebersih dan cuci tangan plus ganti baju.

Penuhi kebutuhan sehari - hari, sewajarnya
Persiapkan kebutuhan sehari - hari namun sewajarnya, jangan panic buying ya gaes. Tenang saja selama social distancing ini toko sembako atau mini market masih buka kok, jadi kebutuhan sehari - hari insya allah akan terpenuhi. Ketika beli makanan, pilihlah makanan yang asupan nutrisinya baik buat kesehatan, gizinya seimbang. Konsumi multivitamin untuk menjaga dan memperkuat daya tahan tubuh. Sayuran dan buah - buahan jangan lupa yah.

Akses internet, jangan lupakan
Zaman now, akses internet jangan sampai terlupakan. Gabut gaes ga ada koneksi internet. Nah selama PSBB ini andalan menghilangkan kebosanan dan kerinduan adalah akses internet, ye kan? Jadi pilihlah akses internet yang berkualitas yess biar tetep bisa produktif dan update juga. Terus biar bisa meeting online sama kawan dan kerabat, jadi rasa rindu masih bisa terobati meskipun tidak bertemu langsung, bukankah sekarang teknologi itu semakin canggih? Jadi manfaatkanlah.

Berselancar online sekarang tuh menyenangkan sekali loh, misalnya kita bisa jalan - jalan ke museum secara virtual tanpa harus mendatangi museum langsung. Yang penting koneksi internet stabil, betul?

Nih ada beberapa museum virtual yang bisa temen - temen kunjungi, lumayan kan bisa ngajakin anak  - anak juga biar mereka ga pada bosen.
2. Museum Kepresidenan : http://bit.ly/VirtualMKBK
4. Museum Sribaduga : http://gg.gg/Tiket-Sribaduga
5. National Museum of Natural History : https://naturalhistory2.si.edu/vt3/NMNH/z_tour-022.html

Jangan pernah putus berdoa yah, semoga pandemic ini segera berakhir, aamiin. Selamat menjalankan ibadah puasa untuk semua umat Islam , semoga keberkahan dihadirkan untuk kita semua, aamiin.



With Love,
Tian Lustiana 

1 komentar

  1. Thanks for sharing the links. Great experiences join the virtual tours.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon