Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

April 09, 2020

Bismillah, 

KURMA, sudah pada akrab bukan? Buah manis nan nikmat ini adalah salah satu favorite saya dan wajib saya konsumsi setiap hari. Ya, alhamdulillah saya selalu stock nih kurma, favorite saya kurma sukari. Rasanya manis dan legit sekali. Entah, pas udah kenal sama Kurma Sukari, begitu menikmati kurma lain kok berasa beda, hehe lebih enak sukari, padahal dulu semua kurma rasanya sama buat saya. 

Kurma, adalah jenis buah yang tumbuhnya sepanjang tahun, ga ada musimnya. Meskipun di Indonesia tuh biasa pada bilang kalau Ramadan baru musim, padahal engga gitu. Kapan saja bisa menikmati kurma kok, sepanjang tahun.




Kurma tuh kandungan nutrisi dan gizinya banyak banget. Kandungan paling utama adalah karbo sederhana terutama gula, seperti sukrosa dan juga fruktosa. Ya sekitar 70% kandungan kurma itu karbohidrat. Selain itu, kurma juga mengandung : serat, protein, kalium, magnesium, tembaga, mangan, zat besi, vitamin B6. BUkan itu saja, vitamin K, folat dan antioksidan pun kayak karotein, fenolik, avanoid dan anthocyanin ada dalam kurma, betapa besar ya manfaat dari kurma itu.

Manfaat kurma untuk kesehatan 

Kurma, bisa menjaga kesehatan pencernaan. Kurma itu sumber serat makanan yang paling baik. Sudah pada paham kan gengs, jika makanan yang kaya akan serat tidak larut bisa membantu memadatkan feses dan juga membantu melancarkan pencernaan. Jadi jika rutin konsumsi makanan yang mengandung serat maka insya allah akan terhindar dari masalah diare atau sembelit. 


Kandungan fenolik yang tinggi dalam kurma ini bisa membersihkan usus, sehingga bisa menurunkan risiko kena kanker usus. 

Kurma, bisa mencegah risiko terkena diabetes. Kurma tuh rasanya memang manis, namun lebih manis bualan palsu, wkwkw. Namun tenang saja, kurma meskipun manis ga akan meningkatkan risiko terkena diabetes kok. Karena kandungan serat dalam kurma ini justru bisa mengurangi risiko diabetes. Serat tak larut yang dicerna akan lebih lambat dalam perut, ini membantu tubuh lebih baik dalam mengontrol kadar gula darah. 



Kurma, mampu mengingkatkan kesehatan tulang. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga dan juga magnesium yang mana sangat dibutuhkan tulang. Nah semua gizinya itu mampu mencegah osteoporosis dan mampu meningkatkan kesehatan tulang. 

Kurma, mampu mencegah anemia. Saya tuh kadang suka cepet capek, ternyata saya ada anemia. Anemia atau kekurangan zat besi memang menyebalkan, suka cepet pusing pula. Nah, semenjak saya rutin konsumsi kurma alhamdulillah sudah tidak lagi cepat lelah, dan tekanan darah saya normal. Soalnya kan kurma juga mengandung zat besi dan sangat baik dijadikan sumber makanan buat mencegah anemia. 


Kurma, si penangkal radikal bebas. Kurma tuh tinggi banget antioksidan nya loh. Makanya oke banget untuk mengurangi efek radikal bebas. Antioksidan nya bekerja melindungi sel & juga jaringan tubuh dari stress dan peradangan kronis yang memicu berbagai macam penyakit. 

Kandungan flavonoid , karotenoid dan juga asam fenolik nya itu termasuk jenis antioksidan yang bisa membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker. 


Dan masih banyak lagi loh manfaat dari kurma ini, temen  - temen bisa langsung nih mendengarkan penjelasan dair Ustadz Khalid Basalamah, semoga bermanfaat yah. 

With love,












S

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut