Fetching data...

Kamis, 30 April 2020

Dapur Pink, Bikin Semangat Memasak

Bismillah,

Semenjak dapurnya cantik, saya jadi rajin masak. Haha. Tapi ini beneran deh. Semenjak pindah ke rumah baru, alhamdulillah semangat masak saya menggebu. Bukan hanya masak, saya yang males cuci piring dan beberes dapur jadi lebih rajin, beneran. Mungkinkah ini pengaruh dapur yang memang ditata sesuai dengan keinginan saya (pinky), apa memang sudah waktunya saya rajin? Wallahualam.


Di rumah lama, dapurnya besar dan bikin saya males beberes. Ya, rumah lama lebih besar dibandingkan rumah sekarang, nyatanya lebih betah dan asik tinggal di rumah yang lebih kecil yah, saya beberes jadi lebih tenang dan gak capek juga.

Back to dapur deh, saya lagi ingin ceritain Dapur Pink baru saya, hehe. Jadi dapur yang ini memang lebih kecil, ya karena tanah dan bangunan rumah pun lebih kecil dibandingkan rumah lama. Desain dapurnya pun saya yang tentukan, mau simpan kompor dan wastafel sebelah mana itu semua saya yang tentukan. Jadi saya bilang ini dapur saya, haha. My pink kitchen.


Buat saya, desain dapur kecil itu ada keunggulan sendiri loh, diantaranya adalah :

Saya paham setiap jengkal dapur , jadinya banyak mikir pas mau beli barang
Ya lah masa ga paham, dapurnya kecil. haha. Jadi dinding dapur saya buat pastel, tadinya mau warna pink cerah gitu keramiknya, tapi terlalu mencolok. Udah sempit, mencolok pula jadi kurang asik. Jadilah saya pakai keramik dengan warna pastel saja biar lebih adem. Jadi nanti hiasan - hiasan dinding yang akan saya pasang menjadi lebih cantik.

Dapur kecil bikin saya jadi lebih peka naro barang dan ga sembarang beli barang. Mikir dulu kalau mau beli barang, jangan sampai barang - barang nya menuhin dapur. Jadi saya beneran harus memanfaatkan dengan sebaik mungkin lahan kosong di dapur, kan jadinya kurang enak dipandang kalau dapurnya sempit plus penataan barangnya "pabalatak" alias gak rapi.



Beberes dan bersih - bersih menjadi lebih gampang 
Jangan remehkan masalah bebersih dapur, rempong cyin. Mulai dari lap kompor, lap dinding kompor sehabis masak, beresin bumbu abis masak. Cuciin piring dan peralatan masak, riweh weh lah. Nah kan kalau dapurnya minimalis alias kecil mah jadi gampang beberes dan bebersihnya juga gaes, lebih gampang ditata juga jadinya terlihat bersih selalu dan rapi. Meskipun dapurnya sederhana dan kecil kalau rapi dan bersih kan jadi cuco meyong buat difoto, ye kan?


Dapur cantik setiap saat
Karena abis masak langsung lap dan cuci - cuci, jadi dapur pink saya tuh cantik setiap waktu. Jadi ada aturannya, siapapun yang habis pakai harus membersihkannya lagi, langsung ga pake nanti. Cucian gak boleh numpuk di wastafel / bak cuci. Dan lap dinding plus kompor wajib setiap habis pake. Suami dan neng Marwah juga harus melakukan hal yang sama, ga ada pengecualian. Alhamdulillah, neng Marwah dan suami mau bekerja sama untuk mewujudkan dapur ibu cantik setiap saat.



Desain dapur kecil lebih hemat, loh. 
Pastilah, soalnya mau beli perintilan apapun mikir dulu, jangan sampe menuhin dan bikin dapur tambah sempit, hihi. Jadi kalau lihat perlengkapan atau perkakas dapur yang lucu suka mikir dulu, kalau misalnya ga menuhin dapur ya beli kalau bikin dapur tambah sempit ga jadi beli, haha.


Itulah gengs, dapur kecil idaman dan impian saya yang lebih mengutamankan fungsi dapur yang maksimal, buat masak. Alhamdulillah dapurnya membawa berkah, saya jadi rajin masak dan dari dapur pink inilah alhamdulillah sudah mendatangkan rezeki , saya jadi open order tuna mentai rice, macaroni schotel, nasi bakar, barakallah. Kadang rezeki dari Allah subhanahu wa ta'ala itu ajaib, bisa datang kapan dan dimana saja, alhamdulillah. 





Kalau temen - temen lebih seneng dapur besar apa kecil n? Sharing yuk!





With Love,




Selasa, 28 April 2020

Tindakan Preventif Atasi Virus Korona / Covid - 19

Bismillah, 

Pandemic masih aja belum berakhir, hiks. Sejak Desember 2019 lalu, wabah ini masih terjadi, tingkat penyebarannya pun semakin ganas yah, cepat sekali. Subhanallah, bikin merinding memang kalau dipikirin. Tapi katanya jangan dipikirin juga, soalnya nanti ngaruh sama imunitas. Lah gimana yah kalau gak dipikirin, apalagi saya masih belum work From home jadi masih kerja, dan merasa deg - deg an aja tiap mau kerja, huhuh. Mau bersikap santuy juga ga bisa, soalnya Virus Korona ini kan katanya belum ada vaksin / obatnya, meskipun sebagai ummat muslim kita percaya bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya, begitu kata Allah. 


Ada beberapa hal nih gengs yang harus kita pahami terkait virus ini, upaya apa saja yang harus kita lakukan buat mengurangi risiko penularan penyakit ini, tindakan preventif apa saja yang bisa kita lakukan? 

Adakah cara efektif yang bisa kita lakukan buat memotong atau memangkas rantai virus ini? Insya allah ada, PSBB dari pemerintah juga merupakan salah satu tindakan preventif yang dilakukan, asalkan harus patuh saja ya , ya jika kita semua patuh dan mau bekerja sama, insya allah semua ini akan segera berakhir, sudah kangen kumpul - kumpul kan? Sama, saya pun sudah kangen berkumpul huhuh. Apalagi kan ini Ramadan, sebentar lagi Idul Fitri, pasti ingin bertemu sama sanak saudara kan? Ya makanya yuk bersama - sama kita potong rantai virus ini, yuk! 


Cuci tangan dengan benar 
Mencuci tangan adalah salah satu cara mencegah virus Korona. Mulai sekarang pembiasaan cuci tangan memang harus dilakukan, sederhana sih namun ampuh banget ini untuk mengurangi risiko penularan infeksi virus. 


Kenapa? 

Soalnya, tangan itu banyak sekali ditinggalin sama berbagai macam bakteri dan virus, apalagi jika kita sudah dari keramaian. Patogen yang tersebar bisa saja nempel di tangan dan ini menjadi risiko menularkan virus. Bukan hanya itu, kita tuh sebenernya lebih rentan terpapar penyakit yang berasal dari sentuhan tangan loh daripada paparan barang atau percikan cairan, soalnya tangan kan suka megang mata, hidung dan mulut tanpa sadar, kebayang kan kalau kita males cuci tangan? Kebayang ga sih tangan yang kotor megangin mulut, mata dan hidung? Padahal kan mata, hidung dan mulut itu adalah pintu paling utama yang bisa dimasukin virus atau bakteri. Makanya betapa penting mencuci tangan dengan benar, gunakan air mengalir dan sabun. 


Makan, makanan yang matang  terutama daging dan telur
Daging dan telur harus dimasak sampai matang, kenapa? Padahal kan enak ya steak yang belum matang atau telur mata sapi yang setengah matang. Ya kan? 


Virus Korona /  Covid- 19  ini tuh penyakit zoonoti yang menggunakan hewan / binatang sebagai vektor dan kemudian menjangkit manusia ketika mengkonsumsi daging hewan mentah atau tidak matang. Makanya, untuk sekarang perhatikan tingkat kematangan daging dan telur sebelum dikonsumsi supaya terhindar dari infeksi Covid-19.


Hindari kontak langsung dengan orang sakit, jika kurang enak badan istirahatlah! 
Hindari atau kurangi kontak langsung dengan orang sakit, apalagi kalau indikasi orang itu batuk, demam dan bersih. Jangan sampai terkenal droplet atau percikan cairan pasien yang sedang batuk atau bersin - bersin. jadi jika memang sedang tidak enak badan, mendingan stay at home saja dan istirahat. 


Jangan lupakan etika batuk dan selalu gunakan masker 
Pliss deh buat yang batuk, pahami dong etika batuk ditempat umum atau pas banyak orang itu giimana. Suka gemes deh kalau ada orang batuk seenaknya saja tanpa nutup mulutnya, gemes ingin nyubit pake gunting jadinya deh. huhuh. 

Pakai masker memang awalnya untuk yang sedang sakit, namun dalam masa pandemi ini yang sehat pun perlu menggunakan masker, gunakan saja masker kain. Ini efektif buat menghindari droplet langsung dari orang yang bersin atau batuk. 

Jangan sering - sering mengusap mata, memegang hidung dan mulut dengan tangan ya, kalau bisa jangan deh. Tahan saja keinginan itu. 


Jaga daya tahan tubuh 
Menjaga daya tahan tubuh penting yah, soalnya jika sistem kekebalan tubuh rendah virus bakalan lebih mudah masuk dan menyerang tubuh, apapun nama virusnya bukan hanya Covid -19 ini. 

Menjaga daya tahan tubuh ini simple sih , cukup olahraga dengan rutin. Olahraga ringan namun harus rutin, makan makanan bergizi, sayuran dan buah konsumsi tiap hari, asupan vitamin dan mineral, vitamin C dan juga vitamin D. 


Update informasi kesehatan
Jangan gampang percaya sama informasi hoax yang dishare, apalagi tentang pandemi ini. Update infomasi kesehatan ditempat yang terpercaya. Saya sih download aplikasi HaloDoc, aplikasi andalan saya buat update informasi seputar kesehatan. 


Di HaloDoc pun saya bisa berkonsultasi loh, iya berkonsultasi langsung dengan dokter. HaloDoc ini adalah aplikasi kesehatan yang sangat saya rekomendasikan kepada temen - temen nih, soalnya banyak banget informasi kesehatan dan juga solusinya jadi ga usah kemana informasi hoax lagi. Informasi yang ada di haloDoc ini update dan valid. 



Bukan hanya itu, HaloDoc juga memiliki layanan baru loh, adalah pengiriman obat dari rumah sakit yang sangat membantu kita yang sibuk dan gak bisa keluar rumah, ya kan? Nantinya tuh resep obat yang sudah dipesan bakalan diantarkan langsung ke rumah. Layanan konsultasi online dengan dokternya pun terpercaya dan menjadi andalan kalau lagi ga enak badan, apalagi masa Pandemi gini, parno kan ke Rumah Sakit? Makanya buruan download aja HaloDoc dan manfaatkan layanan konsultasi online dengan dokternya langsung. Bahkan buat janji untuk test Covid pun bisa loh di HaloDoc, asik kan? 




Semoga kita semua sehat dan dihindarkan dari virus Korona dan virus lainnya yah, aamiin. Stay health everyone!! 




With Love, 


















Sabtu, 25 April 2020

REVIEW : Pengalaman Menggunakan Nacific Triple Cica Natural Mucin Digunakan di Kulit Berminyak & Berjerawat

Bismillah, 

REVIEW : Nacific Triple Cica Natural Mucin Digunakan di Kulit Berminyak & Berjerawat . Kalau nonton drama korea, saya suka takjub sama kulit para eonni dan ahjumma yang bening berkilauan seakan tanpa pori. Kayaknya lalat mendarat disana pasti tisoledat da, alias tergelincir saking mulusnya kulit mereka. Para oppa dan ahjussi nya juga, kulit mereka sehat dan terawat banget yah, ga ada yang kucel atau jerawatan, kayaknya. Duh, andaikan saya bisa memiliki kulit sehat bak eonni Korea itu.  


Makanya, setiap lihat atau baca - baca review skincare Korea saya tuh suka mupeng dan ingin nyobain. Yah, siapa tau kan cocok disaya dan kulit saya bisa glowing in the dark kayak para aktris dan aktor Korea, ye kan? 

Sampe saya penasaran nih sama produk skincare dari Brand Nacific, udah pada kenal dong sama brand ngehits ini?  Yaps, betul sekali Nacific ini terkenal sama Fresh Herb Origin nya itu, namun produk skincare yang bikin saya penasaran dan ingin nyobain tuh bukan itu, tapi yang series Triple Cica Natural Mucin

Nacific Triple Cica Natural Mucin 

Kandungan Cica & Mucin menjadi satu. Huwow banget kan? Centella Asiatica atau lebih dikenal dengan nama pendek Cica ini adalah daun pegagan yang manfaatnya tuh buanyak banget gengs, salah satu manfaatnya tuh adalah bisa mempercepat proses pemulihan jerawat, mampu meningkatkan produksi kolagen dan juga jago nya dalam urusan menghidrasi kulit. Untuk kulit oily kayak saya nih, butuh banget skincare yang mengandung cica ini. Gunanya supaya menghidrasi kulit dan juga mengatasi masalah jerawat yang bandel senengnya nongol dikulit. Makanya skincare ini menjadi pilihan saya. 

Mucin nya itu adalah  lendir yang kadar proteinnya tinggi yang diproduksi jaringan permukaan sel pada hewan. Mucin ini tuh biasanya ditemukan dihampir semua hewan loh. Fungsinya sebagai pelumas dan penting sekali untuk menangkal infeksi bakteri dan juga jamur. 

Mucin yang digunakan untuk skincare tuh adalah mucin yang berasal dari siput, skincare yang mengandung ini tuh selalu menjadi favorite loh. Dan ternyata mucin juga bisa banget didapatkan dari tanaman, Mucin yang diekstrak dari siput juga bisa diperoleh dari tanaman ubi kuning  dan manfaatnya setara atau sama saja. 

Jadi kebayang kan gimana dahsyatnya Nacific Triple Cica Natural Mucin ini ? Perpaduan cica dan mucin yang spektakuler. Makanya saya langsung penasaran ingin mencobanya langsung. 

Nacific Triple Cica Natural Mucin ini tuh terdiri dari : 
  1. Facial wash
  2. Toner 
  3. Serum  
Toner dan serumnya itu mengandung 500ribu ppm wild Tam root extract dan juga mengandung 300ribu ppm triple cica. Kalau facial washnya itu memiliki kandungan 170ribu ppm wild yam root extract dan juga 20ribu ppm triple cica extract. 


Pengalaman Menggunakan Nacific Triple Cica Natural Mucin Digunakan di Kulit Berminyak & Berjerawat 


Mupeng banget kan jadinya ingin nyobain Nacific Triple Cica Natural Mucin  ini, untung saja ada kemasan trial kit nya, jadi semisalnya nanti saya gak cocok yang gak rugi - rugi banget, karena memang ini khusus trial alias nyobain, jadi harganya ga semahal yang kemasan asli. Kemasan trial kit ini tuh lengkap, ada facial wash kemasan 20ml, toner 30ml dan juga serum 10ml. Lumayan lah buat nge tes cocok apa tidak suatu produk. 





NACIFIC TRIPLE CICA NATURAL MUCIN FOAM CLEANSER 
Foam cleanser ini tuh warnanya merah, agak nge pink gitu. Untuk wanginya sih biasa aja menurut saya gak terlalu strong, tapi tercium wanginya. Ketika saya gunakan, foamnya lumayan banyak. So, gak usah tuang banyak - banyak soalnya begitu dikasi air bakalan nge foam. Setelah mencobanya, kulit saya biasa aja, ga merasa ketarik namun kesat dan kerasa bersih. Perasaan sih lebih lembut dan kenyal gitu setelah saya rutin memakainya. kalau dalam sekali pakai sih belum nampak banget. 


NACIFIC TRIPLE CICA NATURAL MUCIN TONER 
Setelah membersihkan kulit wajah dengan menggunakan Nacific Triple Cica Natural Mucin Foam Cleanser, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan Nacific Triple Cica Natural Mucin Toner . Nacific Triple Cica Natural Mucin Toner  ini tuh ternyata memiliki fungsi ganda loh, yaitu mampu memperbaiki kerutan pada kulit wajah dan juga mampu mencerahkan.

Kandungan dari Nacific Triple Cica Natural Mucin Toner   ini apa saja, Tian?

Ada kandungan energi pink glow nih yang disebutkan sebagai melting moisture , yang mana bisa menyegarkan sampai kelapisan dalam kulit loh, dan memang kerasa. Begitu apply this toner saya ngerasa segar - segar gimana gitu. Nyess banget ke kulit wajah. 
 Nacific Triple Cica Natural Mucin Toner  punya kandungan ubi jalar. 
 Mengandung sebanyak 500.000ppm nutrisi mucin
 Ada kandungan fructan, bahan yang dipatenkan.
 Ada kandungan ekstrak levan yang memiliki fungsi untuk elastisitas kulit.
 Memiliki kandungan pantenol yang gunanya untuk menenangkan kulit dari iritasi
 Kandungan hyaluronic acid nya mampu menjaga kelembapan kulit yang kering.


Nacific Triple Cica Natural Mucin Toner ini tuh warnanya merah, cairan merah yang gak kental namun juga ga cair. So, begitu aku tuang ke tangan teksturnya tuh terlihat cair namun pas apply ke kulit wajah Nacific Triple Cica Natural Mucin Toner ini tuh langsung meresap dan gak lengket sama sekali. Untuk aromanya sih saya ga nyium aroma apapun, mungkin karena bebas dari pewangi dan pewarna, jadi natural saja.




NACIFIC TRIPLE CICA NATURAL MUCIN SERUM 

Nacific Triple Cica Natural Mucin Serum juga punya manfaat / fungsi ganda loh, yakni sebagai pencerah dan mampu memperbaiki kerutan pada kulit wajah. Asik yah? Terus mampu melembapkan juga, menenangkan kulit yang sensitif juga.

Kandungan ajaibnya apa saja?

VITA 12 yang merupakan 12 jenis vitamin
 Kandungan ekstrak akar ubi jalar.
 500.000ppm nutrisi mucin
 Triple cica yang dikhususkan untuk perawatan kerusakan
 Fructan, bahan yang dipatenkan
 Ekstrak laven yang bisa menjaga elastisitas kulit
 pantenol buat kulit yang tenang dan iritasi
 Hyaluronic acid yang bisa membuat kulit kering menjadi lembap.


Setelah pemakaian rangkaian ini selama kurang lebih 3 minggu gimana nih apakah cocok untuk kulit saya yang sensitif dan berminyak? 


Alhamdulillah cocok. 

Jadi saya rutin menggunakannya selama 3 - 4 minggu ini. Yang paling terasa itu adalah ketika saya bangun tidur, biasanya minyak pada kulit saya tuh banyak, namun sekarang engga. Ya, berminyak sewajarnya saja. Dari ketiga rangkaian skincare ini tuh saya cocok sama semuanya, alhamdulillah. Nah saya kan beli yang trial kit yah, dan ini cukup digunakan selama 4 minggu, secara rutin dipakai. Kalau buat saya yang paling cepet habis itu yang serumnya hehe, toner sama facial foam masih ada sedikit.



Berapa harganya? 

Untuk yang Nacific Triple Cica Natural Mucin Kit Trial ini tuh dibanderol seharga 220ribuan saja sudah ada 3 produk, lumayan lah yah buat awal nyobain. Kalau untuk real size nya tuh yang toner juga 220ribuan dan untuk serum nya tuh 330ribuan. Lumayan sih harganya, tapi menurut saya worthed banget itu karena hasilnya oke banget. 

Temen - temen bisa langsung beli di Shopee di online shop nya : 

kbeautylx.id (+62-878-4404-6485) 
Instagram :  @kbeautyluxury.id 
Twitter :  @kbeautylx 

Cus langsung saja hubungi yah, soalnya suka banyak diskon loh. Dan yang paling penting PRODUK YANG MEREKA JUAL ORIGINAL.




With love,








.



Jumat, 24 April 2020

Pentingnya Penerapan Social Distancing Demi Mencegah COVID-19

Bismillah, 

Pentingnya Penerapan Social Distancing Demi Mencegah COVID-19 . Bandung sudah mulai memasuki hari ke - 2 PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) nih. Upaya ini dilakukan pemerintah guna menangani dan memotong rantai penyebaran si Covid - 19 yang semakin hari semakin meluas. Makanya, anjuran ini diterapkan.


Sebelum memulai melakukan penerapan social distancing ini, menurut saya sih harusnya kenalan dulu dan pahami dulu harus ngapain saja nih selama social distancing ini. Kadang yang saya lihat banyak yang salah paham dan salah kaprah, hingga akhirnya ga peduli, hhuhuh. 

Apa sih Social Distancing itu? 

Social Distancing adalah salah satu langkah pencegahan dan juga pengendalian penyebaran Covid-19, menyarankan atau menganjurkan orang - orang yang sehat untuk tidak mengunjungi ke keramaian dan melakukan kontak langsung dengan orang lain, jadi berkerumun lah gitu yah.

Penerapan Social Distancing ini tuh, jangan berjabat tangan dengan orang lain, wajib banget jaga jarak seenggaknya 1 meter ketika berinteraksi dengan orang lain. 

Apa saja tuh contoh penerapan social distancing? 
  1. Beberapa perusahaan banyak yang sudah menerapkan sistem WFH atau Work From Home.
  2. Untuk sekolah, semua sudah ditetapkan learn from home juga. 
  3. Menunda segala bentuk pertemuan atau acara - acara yang akan dihadiri oleh banyak orang. Disarankan melakukannya secara virtual atau online saja, memanfaatkan aplikasi. 
  4. Tidak mengunjungi orang sakit.
  5. Tidak ke tempat keramaian, mall dan pusat perbelanjaan pun beberapa sudah ditutup. 
  6. Dan lainnya, yang penting jaga jarak dan selalu menggunakan masker. 

Nah, sekarang kita obrolin persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan Social Distancing. 

Ada beberapa hal yang harus temen - temen siapkan nih sebelum menjalankan social distancing atau pembatasan sosial, yaitu :

Planning kegiatan yang akan dilakukan
Buat yang masih punya tanggung jawab melakukan kegiatan diluar rumah, belum WFH (kayak saya, hiks) bersabarlah. Gapapa kok asalkan jangan mengunjungi tempat yang ramai dan harus paham etika nya saja. Kalau mau belanja pun silakan, asalkan beneran harus jaga jarak sama orang lain dan menggunakan masker, sarung tangan dan jaket. Ketika pulang ke rumah harus langsung bebersih dan cuci tangan plus ganti baju.

Penuhi kebutuhan sehari - hari, sewajarnya
Persiapkan kebutuhan sehari - hari namun sewajarnya, jangan panic buying ya gaes. Tenang saja selama social distancing ini toko sembako atau mini market masih buka kok, jadi kebutuhan sehari - hari insya allah akan terpenuhi. Ketika beli makanan, pilihlah makanan yang asupan nutrisinya baik buat kesehatan, gizinya seimbang. Konsumi multivitamin untuk menjaga dan memperkuat daya tahan tubuh. Sayuran dan buah - buahan jangan lupa yah.

Akses internet, jangan lupakan
Zaman now, akses internet jangan sampai terlupakan. Gabut gaes ga ada koneksi internet. Nah selama PSBB ini andalan menghilangkan kebosanan dan kerinduan adalah akses internet, ye kan? Jadi pilihlah akses internet yang berkualitas yess biar tetep bisa produktif dan update juga. Terus biar bisa meeting online sama kawan dan kerabat, jadi rasa rindu masih bisa terobati meskipun tidak bertemu langsung, bukankah sekarang teknologi itu semakin canggih? Jadi manfaatkanlah.

Berselancar online sekarang tuh menyenangkan sekali loh, misalnya kita bisa jalan - jalan ke museum secara virtual tanpa harus mendatangi museum langsung. Yang penting koneksi internet stabil, betul?

Nih ada beberapa museum virtual yang bisa temen - temen kunjungi, lumayan kan bisa ngajakin anak  - anak juga biar mereka ga pada bosen.
2. Museum Kepresidenan : http://bit.ly/VirtualMKBK
4. Museum Sribaduga : http://gg.gg/Tiket-Sribaduga
5. National Museum of Natural History : https://naturalhistory2.si.edu/vt3/NMNH/z_tour-022.html

Jangan pernah putus berdoa yah, semoga pandemic ini segera berakhir, aamiin. Selamat menjalankan ibadah puasa untuk semua umat Islam , semoga keberkahan dihadirkan untuk kita semua, aamiin.



With Love,
Tian Lustiana 

Kamis, 23 April 2020

Cara Asik Belajar Bahasa Inggris

Bismillah,

Cara Asik Belajar Bahasa Inggris . Ya, belajar bahasa Inggris itu harus asik. Kalau ga asik alias bikin bosan mana bisa suka dan paham. Saya sejak dulu menerapkan hal itu sama diri sendiri. Kebetulan, sejak SMP saya tuh paling suka sama pelajaran Bahasa Inggris. Berawal dari kecintaan saya sama boyband ngehits pada zamannya The Moffatts. Jadi dulu tuh saking suka nya sama The Moffatts, sampai - sampai semua lagu mereka saya artikan. Sejak itulah saya bertekad ingin bisa bahasa Inggris dan jadi seneng banget sama pelajaran bahasa Inggris. Padahal, beberapa temen saya bilang bahasa Inggris itu bikin bosan dan sangat ga bisa dipahami. 



Jadi pada postingan kali ini saya bakalan berbagi beberapa tips nih yang bisa diterapkan supaya asik belajar bahasa Inggris. Sampai sekarang pun saya masih sangat ingin belajar dan belajar bahasa Inggris, never ending learning. Ya kan gaes? 

Sukai dulu 
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah "love it" . Ya harus suka dulu alias harus cinta dulu sama bahasa Inggris baru bisa dekat. Bukan cuman pada bahasa Inggris sih, pada materi apapun atau apapun yang akan dikerjakan yang penting dan utama adalah harus suka dulu. Setelah suka nantinya bakalan kepo dan terus ingin belajar, belajar dan belajar. 
Ketika sudah suka maka akan terus ada keinginan untuk belajar karena ingin tau terus kan. Karena sesungguhnya belajar bahasa Inggris itu sangat menyenangkan.

To have another language is to possess a second soul."

Dengerin musik
Awal saya belajar bahasa Inggris ya dari lagu - lagu nya The Moffatts, masih ingat banget awal saya dengerin tuh lagu yang i'll be there for you , itu saya tulis dibuku dan saya artikan perkata sambil lihat kamus, haha. Perjuangan banget dong. 

BACA : 4 Lagu The Moffatts Yang Ngehits 

Buat temen - temen juga boleh banget nyobain, dengerin musik atau lagu favorite. Memanfaatkan kemampuan pendengaran atau auditory ini lumayan bisa ngasah juga loh. Kadang saya tuh hanya dengerin musik atau lagu bahasa asing terus saya tulis deh liriknya dengan bahasa inggris juga, jadi apa saja yang saya denger ya ditulis aja mau bener atau salah, yang penting saya tulis dulu saja. Dan menurut saya ini ini mujarab banget, jadinya saya bisa konsentrasi juga sih. Ya paling enggak juga jadi nambah vocabulary. Makin banyak vocab yang dimiliki maka akan semakin mudah juga sih belajar bahasa Inggrisnya. 

Improve vocab 
Terus saja tingkatkan vocabnya. Saya tuh paling seneng nulis vocab baru di notebook, terus saya inget - inget gitu. Kadang kalau lagi nonton drama korea saya pakai text English aja, bukan sotoy tapi ya buat mengasah kemampuan saya juga. Jadinya banyak vocab baru yang saya dapatkan. 

You can never understand one language until you understand at least two.


Jangan takut salah, pede aja keleus! 
Hampir semua guru yang mengajarkan bahasa Inggris, beliau selalu bilang " Tian, jangan pernah takut salah, bicara bahasa Inggris harus pede!" . Makanya saya suka pede - pede aja ngomong, padahal salah. Haha. Eh tapi kan kalau salah nanti dibenerin juga, ye kan? Jadinya tau kalau itu salah dan dibenerin pula. 

Belajar bahasa Inggris itu memang gitu, jangan takut salah. Soalnya kan kalau ingin cepet mahir emang harus berani ngomong. Bahasa Inggris tuh harus banyak latihan. Latihan bicara, latihan nulis, latihan mendengarkan dan baca juga. Pokoknya practice makes perfect, ye kan guys? Iya dong. 

Karena kepedean saya juga nih, saya alhamdulillah mendapatkan kesempatan mendapatkan pelatihan nih dari Komunitas ISB. Ya saya pede aja daftar, padahal english saya ga bagus tapi memberanikan diri ingin ikutaan writing academy nya. Ya saya ingin banget bisa menulis blog dalam bahasa Inggris, sebenernya sekarang saya udah punya sih blog bahasa Inggris tapi bahasanya masih ambyar, haha. Nah lewat Writing Academy ini saya tuh berharap bisa lebih baik lagi nulis blog dalam bahasa Inggris. 

Thanks a bunch buat Komunitas ISB dan TBI Pondok Indah yang sudah memberikan kesempatan terbaik ini. 



Pengalaman Kursus Online Bahasa Inggris (Academic Writing) di TBI (The British Institute) Pondok Indah 

Finally, saya bisa mengikuti online class nya TBI nih. I'm so happy! Tujuan saya ikutan Writing Academy itu ya seperti yang saya jelaskan diawal tadi, saya ingin mahir menulis blog dalam bahasa Inggris. Pokoknya saya tuh ingin upgrade ilmu bahasa Inggris aja, biar lebih mahir. 

 


Kelas pun dimulai. Kami menggunakan fasilitas Zoom dan Google Class Room sebagai media belajarnya. 

Baca : Pengalaman menggunakan Google ClassRoom 

Duh jujur diawal saya deg - deg an. Soalnya temen - temen blogger lainnya pada keren - keren bahasa Inggrisnya, mereka cas cis cus ngomong bahasa Inggris bareng Ms. Lesley (tutor kami). Namun lama - lama saya pun memanas, haha dan memberanikan diri deh. Kepedean muncul seketika karena ingin bisa juga. 
Minjem fotonya Kacamatahani 
Program yang kami pelajari ini tuh Academic Writing, jadi program ini tuh bisa diikuti oleh siapa saya yang ingin belajar. Misalnya buat para blogger, novelist , content writer, cerpenis dan lainnya yang memang ingin upgrade skill menulis dalam bahasa Inggrisnya. Selama mengikuti Short class kemarin, seneng banget. Banyak ilmu yang saya dapatkan. Diantaranya adalah list of different ways to tittle article , misalnya gimana menerapkan "how to" dan indentify and solve problem . Make a controversial statement . Terus belajar use short tittles dan many more. Setelahnya saya pun diberikan tugas menyelesaikan sebuah tulisan tentang " Have you studied abroad". Jadi kami diberikan tugas buat menulis pengalaman (fiksi) belajar di Luar negeri. 
Dalam suatu artikel bahasa Inggris itu harus termasuk :  A tittleauthor name & date , introduction , a body and a conclusion


CODER = Collect your idea, Organize your idea , make a Draft , Edit your draft ,  Revise & Review your work again. 

Kami pun diajarkan tentang stronger adjectives dan lainnya. Seneng deh pokoknya. Thanks Ms Lesley and Ms Tamara for teaching us. 

Kenapa harus belajar bahasa Inggris di TBI (The British Institute) ? 
Udah pada kenal dong sama TBI. Sejak dahulu kala, TBI adalah salah satu tempat kursus bergengsi yang terdepan dan udah famous alias punya nama di Indonesia, sejak tahun 1984 tanggal 18 Februari. Tenaga pelajarnya pun sudah punya kualifikasi dengan standar internasional, bahkan dibekali sertifikat oleh the University of Cambridge English, keren bukan? Dan yang paling keren tuh, TBI selalu upgrade metodologi pembelajarannya, alias update terus. 

Yuk, untuk temen - temen yang masih semangat dan ingin belajar bahasa Inggris langsung saja daftar ke TBI. Jangan ragu dan bimbang. TBI juga punya banyak program pembelajaran lainnya selain Writing Academy, diantaranya : 

✔️ Global English
✔️ Conversation
✔️ Academic English ( Kelas untuk persiapan IELTS & TOEFL)
✔️ Profesional English (Bussiness Communication, Writing & Presentation)
✔️ Teacher Training (Kelas yang diperuntukkan yang ingin menjadi guru bahasa Inggris) 
✔️ Young Learners ( Kelas untuk anak - anak & juga remaja) 

Belajar bahasa Inggris di TBI ini jadwal kelasnya variatif, disesuaikan dengan kebutuhan. Dari hari senin - sabtu pukul 09.00 sampai pukul 21.00. Untuk urusan tutor alias gurunya dijamin menyenangkan dan profesional banget. Ada juga loh teacher asing dan lokal. 

Lokasinya dimana saja? 
  • Jakarta ( Pondok Indah, Kuningan, Kelapa Gading )
  • Bali 
  • Cibubur ( Kota Wisata , Cibubur)
  • Depok (Margonda)
  • Tangerang ( BSD, Gading Serpong)
  • Bandung (Riau, Dago, Festival City Link, Jatinangor) 
  • Malang 
Temen - temen juga bisa langsung tanya - tanya dulu saja ke customer service nya : 
Phone : 0895 4119 50535  /  021 7510020 
Email : marketing@tbi.co.id
Website : www.tbi.co.id 
Instagram : @my.tbi 

Sebelum ikutan kelasnya, temen - temen nanti harus ikutan placement test. Ini tuh fungsinya buat melihat level sebelum memulai kelas. Jadi kan disesuaikan dengan kemampuan kita juga. Dimanakah nantinya akan belajar, apakah di level starter, elementary, pre - intermediate , upper - intermediate ataukah advance . Saya sih pas ikutan kemarin masuk ke pre-intermediate , lumayan lah yess. 

Itulah gengs cerita pengalaman saya mengikuti short class writing academy di TBI Pondok Indah. i was totally happy! 

Terimakasih Komunitas ISB dan TBI Pondok Indah 



With love,

Tianlustiana

Senin, 20 April 2020

Beli Kelas Dengan Kartu Prakerja di Skill Academy

Bismillah,

Beli Kelas Dengan Kartu Prakerja di Skill Academy . Kenapa Harus Beli Kelas di Skill Academy dengan Kartu Prakerja? Kenapa coba? Yuhu, buat temen - temen nih yang sudah mendaftar dan lolos mendapatkan Kartu Prakerja nih, saya saranin langsung deh beli kelas di Skill Academy. Kenapa? Soalnya banyak banget keuntungan yang bisa temen - temen dapatkan loh.


Baik, pada postingan kali ini saya bakalan jelaskan keuntungan apa saja yang bakalan temen - temen dapatkan jika beli kelas di Skill Academy dengan menggunakan Kartu Prakerja. Oiya buat temen - temen yang masih bingung tentang apa sih Kartu Prakerja itu, silakan baca tulisan saya disini : Apa Sih Program Kartu Prakerja itu? 

Beli Kelas Dengan Kartu Prakerja di Skill Academy 


Skill Academy 

Udah pada kenal dong dengan Skill Academy? Ya, Skill Academy adalah platform online buat meningkatkan skill atau keterampilan apa saja untuk mereka yang ingin upgrade kemampuannya, baik itu para mahasiswa, profesional dan juga umum. Jadi nih gengs, jika ikutan kelas atau kursus di Skill Academy ini beneran bisa memperkaya diri dengan banyak ilmu loh, apalagi nih di Skill Academy ini tuh bisa secara gratis pakai kredit Kartu Prakerja. Apalagi untuk temen - temen yang pada saat ini penghasilannya terkena dampak Covid - 19.

Ya, menurut saya semakin tinggi nih persaingan di era globalisasi ini maka setiap orang tuh wajib banget buat terus upgrade skill atau keterampilannya demi menambah kualitas diri, setuju gak?

Tapi kadang kan mau kursus tuh kendalanya di waktu, apalagi kalau udah kerja ya agak susah bagi waktunya. Nah kalau sekarang sih ga usah ragu lagi, soalnya upgrade skill di Skill Academy memang sudah menjadi solusi nih untuk meningkatkan skill, tanpa harus bingung bagi waktu.Soalnya nih gengs kalau kursus atau belajar di Skill Academy nih tuh bisa kapan dan dimana saja. Misalnya kayak saya yang beberapa hari lalu tuh ingin upgrade skill TOEFL, bisa kan sepulang kerja terus belajar deh. Jadi memang didesain memudahkan banget nih Skill Academy, makanya saya sangat rekomendasikan buat temen - temen mendingan beli kelas aja langsung di Skill Academy dengan menggunakan Kartu Prakerjanya.

Ada kelas apa saja sih Tian di Skill Academy itu?

Banyak loh gengs, di SKill Academy tuh kelas - kelas nya banyak dan bisa disesuaikan dengan kelas yang memang beneran kita butuhkan. Dari kelas bisnis sampai kelas hobi juga ada. Asik dan lengkap kan?

Materi yang disampaikan langsung oleh ahli pada bidangnya loh jadi memang beneran expert. Kursus online di Skill Academy ini tuh beneran bisa bikin kita upgrade skill dimana dan kapan saja seperti yang sudah saya jelaskan.

Gimana nih cara beli kelas dengan menggunakan Kartu Prakerja di Skill Academy?

Caranya gampang banget kok, baik akan saya jelaskan ya caranya. 

➤ Temen - temen dipastikan harus sudah mendaftar ya ke www.prakerja.go.id dan sudah dinyatakan lolos seleksi juga baru deh bisa melakukan dan mengikuti pelatuhan di platform yang dituju.
➤ Nah setelah oke nih, langsung deh ke www.skillacademy.com/prakerja dan kemudian pilih kelas yang temen - temen butuhkan. Kalau mau lebih hemat sih mendingan ambil kelas yang paket, selain hemat juga ada donasi senilai 10% dari nilai pelatihan.
➤ Kemudian temen - temen bisa langsung pilih Prakerja sebagai metode pembayarannya dengan memasukkan Nomor Kartu Prakerja nya .  Jangan lupa untuk baca syarat dan ketentuannya yang secara detail sebelum klik verifikasi akun.
➤ Nanti akan dikirimkan tuh nomor OTP ke nomor telepon yang pernah temen - temen daftarkan diawal pendaftaran akun Prakerja. Masukin deh nomor OTP nya kemudian langsung check out.
➤ Selesai deh, langsung bisa lihat kelas dan mulai mengikuti.


Kenapa harus beli kelas di Skill Academy?

➥ Karena dengan beli kelas di Skill Academy, akan langsung menambah skill baru . Apalagi kan ikut pelatihan di Skill Academy tuh bisa secara gratis dengan menggunakan kredit yang diberikan.
➥ Kredit yang diberikan gak tanggung - tanggung loh, yakni senilai satujuta rupiah.
➥ Insentif totalnya tuh senilai 2,4 juta per orangnya dari pemerintah jika mengikuti pelatihan sampai dengan selesai.
➥ Dan ada tambahan lagi senilai 150ribu jika temen - temen mengisi survey kebekerjaan.
➥ Kelas yang ada di Skill Academy ini tuh bisa banget buat menambah skill kan? Nah otomatis tuh bisa ngebantu banget menambah penghasilan juga atau mencari pekerjaan yang baru, ye kan gengs? Secara kan skill kita bertambah tuh.
➥ Kelas yang ada di Skill Academy nih langsung diberikan materinya oleh orang - orang yang sudah ahli pada bidangnya. Dan setiap materi yang disampaikan itu sangat mudah sekali diterima dan dipahami, kelasnya pun gitu, mudah dilaksanakan.
➥ Ada bonusnya pula loh, yaitu ada free langganan ruang belajar dari RuangGuru selama tigabulan untuk anak, lumayan kan?
➥ Ada juga tambahan senilai 10% dari Skill Academy jika temen - temen beli pelatihan Kombo atau  Paket Prakerja.

Pengalaman mengikuti kursus Online di Skill Academy 


Jadi saya juga ambil kelas / kursus online di Skill academy nih gengs, tujuan saya ya buat upgrade ilmu saja, biar ilmu nambah. Kan bawa ilmu banyak itu gak berat, betul?


Berdasarkan pengalaman saya sendiri nih, belajar di Skill Academy ini sama sekali engga bikin saya bosan, kenapa? Soalnya video yang singkat, padat dan jelas plus dengan sistem micro - learning ini semuanya ada animasinya, jadi beneran gak bosan. Durasi per video nya pun gak panjang, kurang dari 10 menit.


Ini bikin saya lebih paham sama materinya dibandingkan harus nonton video yang panjang - panjang. Jadi dalam kelas yagn saya ambil tuh ada beberapa Video, mulai dari pengenalan pada materi, tentang perbedaan, jenis dan lainnya yang disampaikan secara detail. Sampai materi - materi lainnya yang juga disampaikan secara detail dan runut, jadi beneran sangat mudah saya pahami. Setelah selesai mengikuti semua materinya, nanti bakalan ada exam. Asik kan? Jadi semua materi yang sudah kita serap tuh beneran gak masuk otak, haha. Nah di exam inilah penentuannya.



Untuk exam ini memang dibutuhkan pada beberapa kelas, ada pre - Exam dan Exam. Tujuannya buat nguji kompetensi dan pemahaman kita selama belajar.

Ada juga rangkuman materinya yang lengkap, isinya tuh seputar ringkasan materi kursus yang didesain secara visual menarik dan penjelasan yagn singkat, nah infographis nya ini bisa kita download dan disimpan deh, jadi nanti jika butuh bisa dikaji ulang.



Kemudian nih, setelah selesai bakalan diberikan digital sertifikat juga loh jika temen - temen sudah menyelesaikan semua rangkaian materi dan sudah mengerjakan exam nya juga. Jenis sertifikatnya tuh ada dua jenis, yaitu sertifikat penyelesaian rangkaian materi yang sudah diselesaikan dan juga sertifikat penilaian atau post - test. Sertifikat ini nantinya bisa dimanfaatkan buat referensi atau sesuai kebutuhan, alhamdulillah yah. Jadi pas belajar harus beneran sungguh - sungguh biar post - test nya bagus.

Penasaran kan ingin kursus online juga di Skill Academy? 

Kuy buruan, sekarang lagi ada flash sale juga loh. Jadi biaya kursusnya menjadi lebih murah.

Makanya langsung aja deh ke https://skillacademy.com/prakerja ya dan pilih kursus yang sesuai dengan kebutuhan temen - temen. Selamat meng - upgrade - ilmu gengs!



With Love,

















Apa Sih Program Kartu Prakerja Itu?

Bismillah, 

Apa sih program kartu prakerja itu? Beberapa waktu lalu sampai hari ini, di timeline sosial media saya tuh sedang ramai sekali menghibahkan Program Kartu Prakerja. Temen - temen juga ikutan ghibah in program ini gak?


Jadi apa tuh Kartu Prakerja itu? 

Kartu Prakerja itu adalah bantuan biaya pelatihan yang diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia yang ingin upgrade atau memiliki keterampilan guna menambah penghasilan atau mencari pekerjaan / pekerjaan baru. 
Wah menurut saya ini cocok banget nih untuk para lulusan baru yang ingin mendapatkan pekerjaan. Dan cocok juga nih buat kawan - kawan yang terkena dampak Covid - 19 nih buat upgrade skill keterampilan dan mencoba mencari pekerjaan baru yang lebih baik lagi.


Untuk tahun 2020 ini, untuk yang akan menerima Kartu Prakerja ini tuh dibatasi hanya untuk duajuta penerima saja loh, jadi memang harus gercep yah gengs. Program Kartu Prakerja ini tuh sudah diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Bapak Airlangga Hartato pada bulan Maret tanggal 20 tahun 2020. Pak Menteri juga menggandeng Ruang Guru, Pintaria, Pijarmahir, MauBelajarApa, Tokopedia, Bukalapak dan Sekolahmu loh untuk upgrade skill nya, wah banyak ya gandengannya.

Pendaftarannya tuh sudah dibuka sejak 11 April 2020 lalu, namun para peserta yang sudah daftar baru bisa melakukan pelatihannya di platform pilihannya itu pada tanggal 17 April 2020. Jadi mungkin biar ada persiapan  ya. 

Jadi jelas dong ya kalau tujuan dari Program Kartu Prakerja ini tuh untuk upgrade skill masyarakat Indonesia supaya memberikan nilai untuk dirinya sendiri , jadi lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan skill. Sesungguhnya bekerja dengan skill yang selalu diupgrade itu akan lebih baik loh, betul gak gengs? 

Program kartu Prakerja ini buat siapa aja sih? 

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi yess, bahwa ini tuh untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun ingin upgrade skill. Bukan cuman yang lagi nyari kerjaan aja, namun juga untuk buruh, karyawan dan pegawai juga dipersilakan untuk mendaftar loh. Jadi program ini tuh untuk semua warga Indonesia yang sudah berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang sekolah atau kuliah silakan mendaftar. Program ini tuh keren loh, karena apa? Karena gak kenal usia. Yuhu, belajar , berlatih dan upgrade skill itu tak kenal usia, tua muda mari belajar. Lifelong learning alias never ending learning, ye kan? 

Tapi tetep sih kalau prioritas nyari kerjaan sih buat yang para usia muda, tapi buat belajar dan upgrade skill buat siapa saja yang mau. 

Tujuan dari Program Kartu Prakerja ini apa? 

Gak mungkin ga ada tujuan, betul?

◆Program Kartu Prakerja ini tuh tujuannya untuk membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan juga perusahaan. 
◆ Untuk mengurangi biaya - biaya mencari informasi mengenai pelatihan. 
◆ Program ini juga mampu mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch.
◆ Menjadi komplemen dari pendidikan formal.
◆ Program ini tuh akan sangat membantu para pekerja yang penghasilannya berkurang atau bahkan untuk mereka yang kehilangan pekerjaan, pada saat ini karena wabah Corona ini yah. Semoga mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik dan penghasilan yang lebih pula. Aamiin. 

Jadi jelas juga ya tujuannya. 

Pelatihan Prakerja di Skill Academy 

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa Ruang Guru turut menjadi bagian sebagai platform pelatihan untuk Program Kartu Prakerja ini, nah Skill Academy yang merupakan bagian dari Ruang Guru ini adalah tempat pelatihan Prakerja yang sangat direkomendasikan loh. 

Jadi buat temen - temen yang sudah mendaftar ke website www.prakerja.go.id dan sudah dinyatakan lolos nih seleksinya , maka langsung saja kunjungi website : https://skillacademy.com/prakerja kemudian langsung deh pilih kelas yang diinginkan dan yang sesuai dengan kebutuhan yah. Saran saya sih temen - temen pilih kelas paket, kenapa? karena selain lebih hemat juga ada donasi senilai 10% dari nilai pelatihan. 

Setelah temen - temen memilih nih kelas yang paling sesuai, jangan lupa buat pilih Prakerja sebagai metode pembayarannya yah dengan cara memasukkan nomor kartu Prakerja nya. Kemudian klik deh tombol verifikasi akun. Jangan lupa juga untuk selalu membiasakan baca syarat & ketentuan yang berlaku, jika sudah oke dan setuju langsung deh klik lanjutkan. Jika lancar jaya, nantinya akan ada kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor telepon yang sudah terdaftar sebelumnya, nah masukin deh kode OTP nya, klik check oyt dan selesai deh. Kelas yang temen - temen beli akan langsung bisa diakses dengan cara klik lihat kelas. Langsung deh bisa belajar, semudah itu kan? 

Kenapa saya sarankan untuk memberli Pelatihaan Prakerja di Skill Academy? Soalnya ada banyak keuntungan yang bisa temen-temen dapatkan loh, diantaranya adalah : 


⚫ Kelas yang ada di Skill Academy itu bisa membantu temen - temen mendapatkan penghasilan tambahan, bisa bantu mendapatkan pekerjaan baru dan insya allah temen - temen akan semakin hebat loh soalnya kan punya skill atau keterampilan baru. 
⚫  Kelas - kelas yang ada di Skill Academy ini tuh diajarkan oleh orang - orang yang expert alias ahli pada bidangnya dan berbahasa Indonesia, jadi jangan takut kalau misalnya nih kayak saya yang sedang upgrade skill buat gain Toefl saya ikutan kelasnya dan alhamdulillah masih bahasa Indonesia, jadi lebih paham juga sih. 
⚫  Di Skil Academy ini, kelasnya memang sangat mudah dipahami dan dilaksanakan, ga bikin pusing. 
⚫  Ada bonus gratis paket langgana  ruang belajar di Ruangguru selama tiga bulan untuk anak, kan lumayan yaa, saya ibunya bisa belajar eh anaknya juga bisa belajar. 
⚫  Selain itu semua ada juga tambahan 10% dari Skill Academy kalau temen - temen beli paket pelatihan kombo / Paket Prakerja.

Nah, gimana nih menurut temen - temen? Asik kan upgrade skill di Skill Academy? Buat temen - temen yang diberikan kesempatan emas ini, gunakan sebaik - baiknya yah. Semoga segera mendapatkan pekerjaan yah dan skill atau kemampuannya semakin baik, aamiin.





With love,


Tian lustiana