Beberapa Fungsi Dan Manfaat Kartu Pra Kerja Yang Harus Diketahui

Desember 12, 2019


Bismillah, 
Pada saat kampanyenya ketika pemilihan presiden 2019 lalu Presiden Petahana saat itu mengenalkan program jika dia terpilih lagi. Program yang dia keluarkan dalam bentuk kartu sakti untuk membantu warga Indonesia mendapat penghidupan yang lebih layak. Kartu sakti baru ini diberi nama Kartu Pra kerja. Tentunya terdapat beberapa fungsi dan manfaat kartu prakerja. Melalui kartu ini, para lulusan sekolah bisa mendapatkan program pelatihan keterampilan atau vocational training. Pemegang kartu juga akan mendapatkan dana insentif selama program pelatihan tersebut.  



Adanya kartu prakerja bukan berarti sekadar menggaji pengangguran. Memang diperuntukan bagi yang belum bekerja, tapi fungsinya sebagai penunjang selama proses membentuk keahlian diri sebelum terjun ke dunia kerja. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan, adanya kartu prakerja bukan berarti sekadar menggaji pengangguran.

Disaat Kampanyenya memang Program Kartu Pra Kerja ini menuai banyak komentar negatif dari netizen Indonesia. Bagaimana tidak, mereka mengartikan para penggaguran akan digaji oleh negara, serta gaji yang ditawarkan setara dengan UMR hingga hoax hoax diluaran sana yang menyebutkan nominal “gaji” bagi para pengangguran yang di bagi bagi menurut jenjang lulusan Pendidikan.

Banyak issue yang mengatakan kartu pra kerja ini nantinya akan membebani APBN namun Presiden Jokowi telah membantah jika ada anggapan yang mengatakan kartu-kartu yang dijanjikannya akan membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara bahkan menambah hutang negara."Merugikan gimana? gini lho, kartu pra kerja ini jadi nanti lulusan SMP, SMA, SMK, atau Universitas yang pegang kartu ini akan di-training, trainingnya itu bisa BUMN, bisa swasta bisa juga Kementerian pemerintah, tapi dalam jumlah yang banyak," jelasnya.


Nantinya Kartu prakerja ini bisa digunakan diluar maupun dalam negri. Jadi bagi para pemegang kartu pra kerja akan mendapatkan insentif dari negara jika setelah training namun tidak kunjung mendapat pekerjaan. Namun tidak semata mata akan di beri insentif seumur hidup tentunya ada jangka waktu tertentu seseorang pemegang kartu pra kerja akan mendapatkan insentif dari negara.

Fungsi Kartu pra kerja tadi diantara bisa digunakan untuk kursus gratis
Kartu pra kerja nantinya diproyeksikan untuk masyarakat secara umum bisa mendapatkan pembekalan ilmu atau skill tertentu. Studi kasusnya seperti di Finlandia yang memberikan kursus gratis bagi masyarakatnya yang mau belajar coding, yang membuat Finlandia menjadi salah satu penghasil ahli IT berkat dukungan pemerintahnya. Nantinya yang bisa mendapatkan kursus bukanlah orang yang tadinya sudah menekuni bidang tersebut, melainkan semua masyarakat yang berkeinginan untuk menekuni bidang tersebut bisa juga melakukan kursus secara gratis.

Begitu lulus dari kursus yang paling penting para pemilik kartu prakerja tadi memiliki sertifikat sebagai bekal untuk melamar pekerjaan tergantung ke ahlian dan level yang di capai dalam kursus. Dan tentunya karena kursus maka tidak akan menjadi yang professional dalam bidangnya, melainkan menguasai basic basic dalam bidang yang dia pelajari selama kursus

Setelah dinyatakan lulus atau mengerti apa yang dia pelajari selama kursus, mereka yang mengikuti kursus bisa mulai mencari pekerjaan berdasarkan bidang yang dia tekuni. Namun selama pencairan kerja tersebut pemerintah nantinya akan memberi “Uang saku” untuk hidup mandiri bagi para pemegang kartu Pra kerja. Tentunya besaran nominalnya tidak sebesar informasi hoax yang beredar. Setidaknya cukup untuk mandiri hidup sendiri tanpa ketergantungan orang tua. Namun bukan berarti selamanya akan di subsidi oleh pemerintah. Pemerintah hanya memberikan beberapa waktu agar uang yang di berikan oleh pemerintah tadi bermanfaat, semisal untuk melakukan wawancara diluar kota hingga sekedar print cv dan ongkos transportasi untuk menghadiri job fair. Tentunya itu akan menjadikan semangat untuk para pengangguran dalam mencari pekerjaan. Dan bertujuan untuk mengurangi jumalh pengangguran di kemudian hari. https://www.cekaja.com/info/kartu-pra-kerja-siap-di-rilis-anggarannya-sampai-rp10-triliun/


With love,

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut