Tips Renovasi Rumah Agar Tidak Melebihi Anggaran Part 1

November 29, 2019

Bismillah, 

Tips renovasi rumah agar tidak melebihi anggaran. Seriusan, Tian mau bahas ini? Hehe, yes kebetulan nih saya sedang renovasi kecil - kecil an dan anggarannya lumayan, haha. Pangkas sana , pangkas sini tetep saja biayanya mahal, zaman now memang ga ada yang murah yah gaes. Rumah kecil aja biayanya wadiwaw apalagi rumah luas bak istana raja, widih pastinya biaya anggarannya selangit deh. 


Tapi, besar atau kecil, luas atau sempit itu sih tergantung kita yang tinggal di rumahnya, kalau disyukuri rumah kecil kayak rumah saya ini alhamdulillah berasa luas, meski kadang balik situ lagi balik situ lagi, hehe. Tapi yang penting mah selalu bersyukur, ye kan gengs? 

Kebanyakan nih kalau pas renovasi itu suka bablas melebihi dari anggaran, tapi da memang suka begitu, hehe. Padahal sih ga bablas juga bisa asalkan diawal kita bener - bener komitemen menyiapkan daftar anggaran. Meskipun renovasi kecil - kecil an, kayak renovasi toilet aja anggarannya harus ditentukan dengan jelas. Kalau renovasi yang saya lakukan kali ini ini sih besar - besar an, jadi renovasi rumah bekas jadi baru, gitu kali yah hehe.


Jadilah saya harus membuat estimasi biaya renovasinya dan harus menyiapkan juga RAB (Rencana Anggaran Biaya) nya dulu biar ga pusing ditengah jalan. Nah Membuat RAB ini ada urutannya juga ga asal rinci biaya doang loh gaes. Dimulai dari desain, detail material yang akan digunakan, rencana pekerjaan, standar bangunannya dan juga rincian lainnya. Jangan lupa juga nih daftar gaji atau upah tenaga yang akan membantu proses renovasi nanti. Nah, hasilnya itu semua bisa dijadikan acuan jumlah keseluruhan harga plus biaya. 

Dan inilah beberapa tips sederhana yang insya allah bisa diterapkan ketika renovasi rumah supaya tidak melebihi anggaran, diantaranya adalah : 

Beli bahan material bekas
Awalnya saya pas denger ide ini agak ngernyitkan dahi, lah emang bisa kita beli bahan material bekas. Ternyata bisa. Tapi tetap kualitasnya cari yang bagus ya, jangan asal. Pintu , jendela, kusen juga ada loh yang bekas. Kalau di Bandung sih banyak di sepanjang jalan Soekarno Hatta yang arah ke Leuwi Panjang banyak, kualitas bagus harga murah, seneng deh. 

Ngomongin masalah bahan material yang bekas, ada dua kategori nih gengs, ada material reuse dan ada yang recyle.

Material reuse adalah bahan atau material yang masih bisa dipakai kembali. Contohnya pintu, kusen pintu, jendela, genteng dan lainnya. 

Material recycle adalah bahan - bahan atau material yang bisa didaur ulang, misalnya batu bata atau keramik. 

Jadi pilih saja material mana yang dibutuhkan. Kalau saya pribadi lebih yang ke material reuse sih kalau mau beli bekas. 

Beli material yang lagi diskon
Kebetulan nih rumah saya deket dengan RKM, super market bahan bangunan yang kebetulan lagi diskon loh, asik kan? 

Hemat banget loh misalnya belanja material di toko yang sedang diskon, misalnya beli keramik lantai aja di toko lain bisa 75ribuan yang bisa sebox nya, kemarin di RKM hanya 53rb saja, lumayan kan bahwa dihitung2 lagi karena belinya banyak jadi jatuhnya 47rb an, ah senangnya kalau dapat harga diskon gini. 


Belanja kalau pas lagi diskon memang menyenangkan, apalagi kalau harganya tuh bener - bener murah. Jadi selisihnya bisa kita alokasikan ke pembelian bahan lainnya, bener kan? 

Kayaknya sekian dulu deh tips sederhananya, masih ada sih beberapa yang lainnya insya allah saya bakalan share di postingan selanjutnya, soalnya renovasi rumahnya belum selesai hehe, ini awal - awal dulu aja apa yang perlu dipersiapkan untuk renovasi rumah. Semoga bermanfaat yah temen - temen.



With Love,







You Might Also Like

2 Comments

  1. Nice post! pembahasan yang sangat mudah dicerna dan dipahami..

    BalasHapus
  2. Tipsnya recommended banget untuk para pasangan muda yang baru punya rumah huehehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Instagram

Follower

Total Tayangan Halaman

Blogger Perempuan