Yang Harus Diperhatikan Ketika Program Hamil Dengan Usia Diatas 35 Tahun

Bismillah, 

Alhamdulillah, akhirnya saya memberanikan diri membuka IUD yang sudah kadaluarsa selama dua tahun. Saya bangga loh sama diri saya sendiri yang berani buka haha setelah berperang dengan rasa takut dan rasa malu. Sungguh malu dan takut begitu besar, sampai akhirnya berhasil saya singkirkan, alhamdulillah. 


Setelah dibuka, saya langsung nanya sama bu bidan " Apa saya masih bisa hamil, bentar lagi usia saya 35 tahun loh!" . Kemudian bu Bidan tertawa , "Ah masih muda jeng, masih bisa hamil kok!". Beliau meyakinkan saya. Kemudian beliau menjelaskan panjang lebar sih hal - hal yang harus diperhatikan jika ingin hamil lagi, apalagi diusia 35 tahun keatas nanti. 



Bertambahnya usia, maka frekuensi ovulasi akan semakin jarang. Ketika seorang perempuan bertambah usia, maka akan mengalami beberapa siklus dimana sel telur tidak dilepaskan. Kualitas & juga kuantitas sel telur akan menurun ketika perempuan berusia sekitar 30 - 40 tahun an. Menurut bu Bidan nih, walaupun jumlah total sel telur emang gak bisa ditambahkan, namun sudah ada penelitian yang menunjukkan bahwa kualitas sel telur yang tersisa masih bisa diperbaiki, banyak suplemen yang bisa menyelesaikannya dan jangan lupa berdoa sama Allah supaya ikhtiarnya ini diberkahi. Suplemennya itu adalah suplemen yang mengandung myo - inositol , asam folat dan melatonin yang katanya sudah terbukti membantu memperbaiki kualitas sel telur dan fungsi ovarium juga. 


Banyak sih alasan yang menjelaskan mengapa perempuan yang usianya diatas 35 tahun itu lebih sulit hamil, diantaranya adalah : 

Karena adanya infeksi atau pernah operasi, yang menyebabkan bekas luka pada jaringan sekitar tuba fallopi atau serviks. 
 Endometriosis (radang yang terkait dengan hormon estradiol/estrogen berupa pertumbuhan jaringan endometrium yang disertai perambatan pembuluh darah, hingga menonjol keluar dari rahim (pertumbuhan ectopic) dan menyebabkan pelvic pain). 
 Fibroids atau kelainan rahim. 
 Penurunan cairan serviks. 
 Ada masalah kesehatan yang kronis seperti punya tekanan darah tinggi atau memiliki penyakit diabetes. 

Kemarin bu Bidan juga cerita bahwa keguguran sering terjadi pada usia perempuan yang usianya 35 tahun keatas itu paling sering disebabkan oleh tingginya kejadian kromosom yang abnormal. 


Lantas apa sih yang wajib diperhatikan nih untuk perempuan yang usia nya diatas 35 tahun, untuk nambah peluang kesuburan? 

Berdoa dulu deh sama Allah, minta selama kehamilan aman dan lancar sampai lahir, aamiin. Atas ijin Allah ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya meskipun usia diatas 35 tahun tetap bisa hamil dengan sehat. Perhatikan beberapa hal ini : 

Sebelum merencanakan kehamilan, datangi dokter atau bidan yang kompeten. Nantinya dokter akan memeriksa kesehatan dan misalnya jika ada kendala kesehatan maka akan langsung ditangani dan diobati. 
 Kalau sudah dinyatakan sehat oleh dokter, insya allah siap hamil tentunya atas izin Allah yah. Perempuan yang sehat secara fisik, mental & emosional lebih cenderung berhasil untuk hamil. 
  Harus bisa memperhatikan tanda - tanda kesuburan sambil mengenali tubuh diri sendiri. Harus rajin mencatat subuh tubuh dan juga cairan serviks. Hal ini akan membantu mengidentifikasi kapan sih waktu terbaik untuk berhubungna dengan suami supaya bisa segera hamil. Tanda kesuburan ini tuh bisa juga memperlihatkan apakah bisa berovluasi secara rutin atau tidak. Download aplikasi menstruasi jika suka lupa kayak saya, hehe. 
  Konsumsi suplemen yang mengandung myo - inositol yang insya allah bisa membantu memperbaiki kualitas sel telur. 


Banyakin doa aja sama Allah ya, siapapun yang sedang merencanakan kehamilan atau program hamil semoga sehat selalu dan lancar sampai persalinannya ya, aamiin. 



With love












38 komentar:

  1. Waduh, jadi ketularan pengin hamidun juga nih :D
    Semogaaaa semuanya lancaarr ya Mak.
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Usia 35 tahun ke atas memang tinggi ya risikonya. Tetapi, insya Allah diberi kesehatan dan keselamatan. Mamah saya juga waktu hamil anak bungsu usianya sudah masuk kepala 4

    BalasHapus
  3. Aku jadi ingat tanteku yang hamil di atas usia 40 tahun lebih setelah 12 tahun menunggu si buah hati mba. Aaiin smoga slalu sehat buat ibu hamil

    BalasHapus
  4. Kalau mau progam lagi, semoga dilancarkan ya Mbak. Mbakku usia segitu, tapi udah malas katanya kalau ada anak lagi. Anaknya udah 2 sih. Nambah usia, energi gak kaya dulu

    BalasHapus
  5. aku terakhir hamil pas 34 tahun. itu juga jalaninnya kayak yg beraaatt banget. sembuhnya jg lebih lama abis lahiran. salut dengan buibu yg bisa hamil di usia 35 dan kepala 4.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yah, energi berkurang ya, memang usia ga bisa boong hehe

      Hapus
  6. Mbaak, aku 31, udah punya 2 anak dan kayaknya udah cukup aja deh. Tapi yang kecil nih, lihat temennya punya adik bayi, dia merengek melulu, "Mama, beliin bayi!" gitu masa... Lihat Mbak Tian yang masih pengen hamil, aku jadi tergugah gitu. Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah seneng yah usia 31 sudah 2 anaknya huhuhu, lucu memang anak - anak suka minta dedek bayi.

      Hapus
  7. Wah Marwah mau siap punya adik nih? Semoga dilancarkan semuanya ya Mbak.

    Aku tertegun nih sama quotenya Mbak Tian, boleh dicopas nggak quotenya? yang ini nih, "Perempuan yang sehat secara fisik, mental & emosional lebih cenderung berhasil untuk hamil."

    Jadi, orang pengen hamil itu harus sehat semuanya. Nggak hanya fisiknya, bahkan emosionalnya juga harus tertata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya allah hehe. Iya memang untuk hamil harus sehat fisik dan emosional juga.

      Hapus
  8. Makin bertambah usia untuk perempuan, makin banyak hal juga ya mbak yang mesti diperhatikan saat mau hamil. Semoga dimudahkan bagi yang tengah berusaha dengan program hamil. ^^

    BalasHapus
  9. Konsumsi suplemen yang mengandung myo - inositol ini sesuatu yang baru nih. Saya dulu taunya vitamin E terus. untung jadi juga yaaa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vitamin D kali hehe, vitamin E bukannya buat kulit yah? Hehe

      Hapus
  10. nah ini dia hahaha maju mundur buat program hamil di usia dan bentuk tubuh yang begini ini hahahhaa... semoga programnya lancar ya mba. Sehat terus pokoknya

    BalasHapus
  11. Semoga lancar ya say, aku juga pengen lagi tapi kok takut haha maju mundur tapi pengen punya bayi..sehat selalu yaa

    BalasHapus
  12. Semoga promilnya berhasil ya, Mbak. Insya Allah, meskipun usia 35 tahun bisa hamil dan tetap sehat. Optimis dan percaya pasti bisa hamil lagi. Ya, bener kata Bu Bidan. Usia 35 mah masih muda.

    Sehat-sehat ya, Mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya 35 masih muda, tapi daku suka merasa tua wkwwkwk

      Hapus
  13. Kakakku dulu hmil usia 38 the mba,, alhamdulillah normal Dan lancar di bawa enjoy kuncinya semoga cepet terwujud keingannany InsyaAllah

    BalasHapus
  14. Wah Teh Tian mau promil ya? Semoga dilancarkan dan dimudahkan semua prosesnya ya, Teh. Sehat selalu.

    BalasHapus
  15. Semoga program hamilnya berhasil ya mba. Aku malah takut pasang iud dong, hehehehe..
    btw bener banget tipsnya kalau mau hamil di atas 35th itu harus rajin konsul, minum suplemen juga.

    Lancar2 ya mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasang IUD ga sakit kok, pas bukanya aja ngilu. Wkwkwk

      Hapus
  16. Semoga program hamilnya lancar dan segera hamil. Aku sudah umur 40 tapi masih program hamil. Bismillah semoga diberi yang terbaik. Baca artikel ini jadi semangat lagi nih Mbak.

    BalasHapus
  17. Baca ini aku jadi ingat saat kehamilan tahun 2006, saat itu usiaku sudah 38 tahun.

    ... namun kandungan hanya berusia 4 minggu, langsung keguguran, karena janin tidak berkembang.

    Mungkin penyebabnya yang di atas itu kali ya?

    Demikian juga saat hamil lagi tahun 2010. Berarti usiaku 42 tahun.

    ... dan keguguran lagi karena janin tidak berkembang

    Itulah kenapa disebut kehamilan dengan resiko tinggi.

    BalasHapus
  18. Hebat Mbak Tian, aku pasang IUD aja takut, apalagi ngelepasnya, duh, ngilu bayanginnya. Btw, kakakku hamil usia 35. Alhamdulillah aman, selamat ibu dan bayinya. Tapi memang langsung disteril sama dokter karena sudah masuk risiko tinggi.

    BalasHapus
  19. Saya sudah lebih dari 35 tahun malah. Maju mundur antara serius program kehamilan atau sedikasihnya. Bingung.

    BalasHapus
  20. Ya mbak no 1 minta ke Allah, karena Dia yang kasi izin utamanya ya :D
    Kedua, persiapkan mental dan fisik, soalnya emang beda sih yang hamil usia 20-an sama 35-an ke atas itu hehe. Saya juga udah 35 tapi kyke stop hehe soalnya tau kemampuan mental kayaknya blm cukup kuat buat nambah lagi #malahcurcol :D

    BalasHapus
  21. Aku pengen hamil...sih.., optimis ketika beberapa temen blogger yg share hamil ketika usia mendekati 40.

    BalasHapus
  22. 35 masih bisa ... malah kadang orang ga nyangka bakal hamil meski udah mendekati 40. Ya namanya rezeki. Perlu perhatikan tips cepat hamil secara alami, salah satunya kenali masa subur ya mba.

    BalasHapus
  23. Aku fikir karena dari segi fisik yg mungkin cepat lelah yang bikin sulitnya promil di usia 35 tapi banyak juga faktor medis terkait rahim ya. Semoga dipermudah ya mba

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Diberdayakan oleh Blogger.