Captcha, Bikin Males Komentar

by - 4:45:00 PM

Assalamualaikum, 

Ada yang pernah jengkel sama captcha? 
Pas nulis captcha, salah.
Nyoba lagi, salah.
Nyoba lagi, salah lagi. 
Oke, close dan batal komen. 

Ya, kalau saya udah maksimal nulis captcha namun gagal terus dan salah terus, dengan berat hati saya gak jadi komen, maafkan. 

Ya, sih pake captcha itu untuk kemanan blog karena as we know ya kalau banyak banget spammer yang doyan nyampah di blog dengan komen alay dan ga banget seperti komen tukang obat, komen dukun dan komen mereka yang katanya punya hutang besar tapi akhirnya bisa bayar dengan bantuan ini dan itu, ya pokoknya komen ngiklan dan nyepam aja deh. Tapi spam kadang bikin stress yang mau komen. 

Meski begitu, masih banyak blogger yang memakai captcha untuk melindungi blognya dari serangan para spammer dan komentator alay, tentu saja mereka memiliki segudang alasan, diantaranya adalah : MENGHINDARI SPAMMER. 


Seperti yang sudah saya sebutin tadi bahwa alasan memasang captcha adalah untuk menghindari spam. katanya sih SEO backlink itu penting banget makanya banyak banget yang sebarin spam ke blog dan komen - komen sambil nyebar link dan kebanyakan dari spam ini adalah bot atau software gitu, jadi kalau pake captcha ya mereka ga bakalan bisa kasi komen karena hanya manusia yang bisa verifikasi huruf atau angka supaya komennya masuk. Jadi biar blog gak jadi sarang penyamun eh spammer. 


Memang sih, tapi kan masih ada cara lain menghadapi spammer ya salah satunya dengan moderasi komen. Saya juga dulu pake captcha kok, tapi setelah beberapa kawan ngeluh kalau mereka kesusahan ketika mau menyematkan komen di blog saya. Hingga pada akhirnya saya memutuskan untuk memoderasi komen yang masuk saja biar memudahkan. 
 
Dengan moderasi komentar menurut saya lebih mudah. Nanti komen yang masuk gak bakal langsung publish, akan masuk ke email kita dulu untuk dimoderasi. Kalau ada tukang obat jualan atau spammer lainnya ikut komen tinggal hapus aja komennya dan publish deh komentar yang berfaedah lainnya. Menurut saya ini gampang banget dan juga aman dari spammer juga. Biasanya kalau sudah ke detect spam nanti kalau spammer komen langsung deh otomatis masuk ke kolom spam, pengalaman saya sih seperti itu, mungkin ada temen - temen yang juga mau sharing tentang ini? Silahkan. 


Menurut temen - temen enakan pakai captcha apa engga kalau komentar diblog? Sharing yuk!!! 



Wassalam,


Tian lustiana





You May Also Like

5 komentar

  1. kupun teh dimoderasi hehehe kalau ga banyak banget yang nebar link geje termasuk yang nawarin pesugihan dong astagfirullah hare gene rek beunghar lainna nyugih nyak teh :p

    ReplyDelete
  2. Itu baru kombinasi angka dan huruf, mbak. Ada yg dengan gambar dan disuruh milih beberapa. Kesal. Fufufu

    ReplyDelete
  3. Iya enakan di moderasi gitu Teh. Aku juga malas komen kalau banyak captcha gitu. Berasa main tebak-tebakan. eh pas salah mulu malah pundung hihihi

    ReplyDelete
  4. hehe iya ya.. Jadi malas komen jadinya

    ReplyDelete
  5. aku tuh baru tau kemarin2 dari grup kalo aku ternyata pake captcha, ahahaha.. ya Allah suer ngga ngerti aku awalnya gimana bisa begitu. Mudah2an sekarang mah aman dari capcay itu yaa

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84