Meski Tidak Kolesterol, Gaya Hidup Sehat Harus Diterapkan

by - 11:28:00 AM

Assalamualaikum, 

Saya masih ingat banget ketika saya merasa memiliki kolesterol, mau makan apa aja was - was. Ya makanya jangan asal menjudge penyakit, bisa jadi gejalanya sama tapi ternyata beda penyakitnya. Awalnya saya suka merasa pegal - pegal disekitar pundak dan leher, pegal dan sampe sakit. Karena saya berdiskusi dengan seseorang yang memiliki riwayat kolesterol tinggi maka saya pun mendiagnosa sendiri bahwa saya mengalami kolesterol tinggi juga, ya gimana yah habisnya gejalanya persis banget. 


Banyak sekali makanan yang saya hindari, pokoknya semua yang mahteh alias gurih - gurih saya hindari padahal doyan banget. Sampai akhirnya saya pun memberanikan diri untuk test darah, demi kepastian apakah sakit yang saya alami. Dan jreng jreng, saya sama sekali tidak mengalami kolesterol tinggi, haha saya hanya kurang olahraga  dan kelebihan berat badan makanya sering pegal - pegal. Saya pun langsung mengucap syukur alhamdulillah karena saya enggak kolesterol. Namun kata dokter gaya hidup saya harus diatur dengan baik, pola hidup sehat sangat disarankan oleh dokter. Nah, ketika saya dan temen - temen nonton konser The moffatts beberapa bulan lalum saya diajakin makan gulai, karena saya merasa tidak kolesterol maka sayapun mengiyakan ajakannya meski saya sebenernya kurang suka sama makanan yang mengandung santan. Namun temen saya ini meyakinkan bahwa gulai tikungan blok M ini adalah gulai enak yang bakalan bikin saya ketagihan. Meski sedang sehat, lebih baik meminimalisasikan makanan dengan santan, itu saran dokter. Bukan enggak boleh sih namun meminimalisasikan saja. Sesekali boleh lah. 

Saya pun akhirnya mencicipi gulai tikungan blok M yang menurut temen saya ini kekinian banget dan sudah ngehits sejak tahun 80 an. Dalam bayangan saya tempat makannya keren karena berada di kawasan blok M, dan ternyata ini kuliner pinggir jalan dong, meski pinggir jalan namun penuh sekali sampai saya dan temen - temen harus waiting list sekitar 20 menitan. Saking penuhnya saya dan temen - temen makannya pun super cepat tanpa mengurangi rasa nikmat gulai tikungan blok M ini. Rasanya ringan meski berkuah santan, tetelan, jeroan dan daging sapinya pun empuk, ada sensasi gurih pedas dan manis yang saya sukai. Setelah makan gulai tikungan blok M ini saya engga merasakan pusing atau apapun loh, karena memang santannya ringan banget dan gak bikin eneg. Penasaran? Cobain aja sendiri.

Lah, kok jadi ngomongin gulai tikungan blok M sih, haha saya kan mau curhat tentang makanan yang disarankan agar pola hidup sehat meski tidak menderia kolesterol. Haha back to topic yaa gengs. 

Jadi, meski saya tidak menderita kolesterol saya diwajibkan untuk menjaga pola makan. Jangan asal makan. Gitu katanya. Kurangin gula juga baik untuk kesehatan, jadi kalau bikin puding baiknya dikurangin gulanya. Banyak konsumsi kacang - kacangan juga bagus. Buah dan sayuran sudah tentu bikin sehat, karena buah dan sayur ini mengandung lemak jenuh yang rendah dan akan membuat saya lebih kenyang. Diwajibkan juga konsumsi makanan yang seratnya tinggi seperti brokoli, apel, ubi dan lainnya. 


Sarapan saya sudah berubah, yang semula pengennya gorengan dan lontong kari sekarang saya sarapan oatmeal saja, meski kadang masih suka dikasi susu kental manis. Atau oatmeal pake irisan buah juga enak loh, kasi irisan pisang, stroberi juga nikmat. Kadang saya tambahkan alpukat juga sih tapi tanpa gula. Namun kok sudah beberapa hari ini saya cheating makan gorengan heheh sedih deh. 

Kata dokter, setiap makanan itu memberikan manfaat tersendiri dan gaya hidup juga ikut mempengaruhi. Jadi meski tidak sakit usahakan menu makanannya diperhatikan, menjaga berat badan agar tetap ideal dan jangan sering begadang. 

Semoga kita semua sehat selalu, 



Cheers
Wassalam,


TIAN LUSTIANA 




You May Also Like

20 komentar

  1. Wah saya belum pernah icip gulainya hehe

    ReplyDelete
  2. saya sarapannya masih suka suka, dduuuh ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang sarapan enaknya suka - suka, saarapan buryam enak

      Delete
  3. Setuju banget menjaga kesehatan, aku pun udah cek kolesterol,alhamdulillah masih normal

    ReplyDelete
  4. duuh, bener banget, harus selalu menjaga kesehatan karena kalau udah sakit repot

    ReplyDelete
  5. Saya belum sanggup sarapan oatmeal :D

    ReplyDelete
  6. Duh hayangna mah oatmeal, tapi masih pada doyan nasgor buat sarapan, hiks. Aamiin doanyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh kadang abi ge suka pengen nasgor

      Delete
  7. Mau sehat itu kayak yang mahal ya, tapi kalo sakit pasti jauh lebih mahal

    ReplyDelete
  8. wah aku pun suka banget sama gultik mba, dan selalu pesen lebih dari satu mangkok krn ngerasa kurang :p

    ReplyDelete
  9. Setuju bahwa setiap makanan membawa manfaat sendiri :)

    ReplyDelete
  10. Saya juga pengen hidup sehat. Kalau bukan kita yang mikirin badan sendiri, siapa lagi ya?

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84