Ini Manfaat Dari Nangka Yang Belum Banyak Diketahui

by - 7:00:00 AM

Assalamualaikum, 

Ada yang suka buah nangka atau JackFruit? Atau suka sama sodaranya nangka alias cempedak dan sukun? Hehe eh beneran mereka sodaraan gitu? Coba nanti tanyain aja sama nangkanya, apa bener sodaran sama cempedak atau sukun, haha. 

Buah nangka mau mentah atau mateng tetep enak diolahnya yah, juara banget emang nih nangka. Tekstur buah nangka yang agak kenyal dan memiliki rasa manis, pernah ada temen yang bilang nangka ini sama dengan durian, duh beda kali. Nangka sama durian memang sama - sama berduri sih tapi lebih tajam durinya durian deh. Harga nangka juga lebih murah dibandingkan durian. 

Kalau nangka yang mateng rasanya enak, manis dan juga wanginya semerbak. Saya paling suka dicemil atau di satuin sama peuyeum dijadiin kolak, beuh mantabs. Namanya setup peuyeum, adalah olahan peuyeum dan nangka dengan santan dan gula putih, rasanya enak apalagi kalau dingin, tambah enak. Dan jangan lupa memberikan daun pandan supaya wanginya lebih jreng. Ini sebenernya menu buka puasa yang paling enak, mama suka membuatnya. Tapi sekarang kok saya jadi kebayang pengen makan setup peuyeum buatan mama yah. 

kalau nangka mudanya enak dijadikan nasi gudeg.Makan nasi gudeg emang paling nikmat apalagi kalau ditambah sambal, beuh bisa nambah berulang - ulang deh. Apalagi kalau nasi gudeg jawa, top markotop. Temen - temen pada suka makan nasi gudeg gak? 
Photo courtesy: Media Indonesia

Dan nangka yang bisa manfaatkan dalam keadaan matang atau muda ini ternyata memiliki segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan. Nangka itu ada kandungan vitamin, kalsium, potasium, zat besi bahkan magnesium loh. Dan manfaat lainnya untuk kesehatan adalah : 

Untuk perut dan usus 

Nangka itu baik banget untuk pencernaan dan bisa mengatasi gangguan pencernaan juga, karena serat tinggi pada buah nangka mampu mencegah sembelit dan juga membantu buang air besar supaya lebih lancar dan juga teratur. Serat yang ada pada nangka juga melindungi lendir usus besar dan menjauhkan bahan kimia karsinogenik dari usus besar. Jadi kalau sembelit mendingan konsumsi nangka aja deh daripada banyak konsumsi obat - obatan, iya kan?


Untuk sistem imunitas 

Nangka juga memiliki vitamin C yang baik untuk kesehatan. Antioksidannya juga mampu mencegah pilek dan infeksi, plus membantu fungsi kekebalan tubuh dan mendukung fungsi sel darah putih. Antioksidannya juga mampu membuat kulit lebih halus dan sehat. 


Melindungi dari kanker

Selain kandungan vitamin C dan antioksidannya, nangka juga memiliki fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin yang mampu melawan kanker. Nah fitonutrien ini mampu memusnahkan radikal bebas dari tubuh dan memperlambat degenerasi sel yang menimbulkan penyakit degeneratif. Jadi cukup mampu melindungi tubuh kita dari serangan kanker, aamiin semoga kita semua sehat yah. 


Kesehatan mata

Nangka juga mengandung vitamin A yang memiliki manfaat untuk kesehatan mata / penglihatan. Jadi harus rajin nyemil nangka nih biar matanya sehat, wah asik dong. 

Dan masih banyak manfaat lain untuk kesehatan seperti mampu meningkatkan energi karena kandungan fruktosa dan sukrosa pada nangka akan membuat energi meningkat seketika. 

Zat besi yang ada pada nangka mampu mencegah anemia, mangannya mampu memperkuat tulang. Magnesiumnya mampu melakukan penyerapan kalium dan bekerja bersama kalsium untuk membantu tulang agar tetap kuat. 

Banyak kan manfaat dari nangka, ada yang tau apalagi manfaat nangka untuk kesehatan atau kecantikan? Sharing yuk, gengs! 



Cheers
Wassalam,

TIAN LUSTIANA 

FYI: Photo by pexels 

You May Also Like

4 komentar

  1. Hi Teh, I love Jack Fruit too, enak juga kalo di es cingcau ada nangka nya, kalo mamfaat saya baru tahu sekarang, tfs ya

    ReplyDelete
  2. Kalo nangka yang udah jadi Gudeg, I love it... hehehe....

    ReplyDelete
  3. sha juga suka nangka mateeng, enaak :D

    ReplyDelete
  4. Aku suka banget sama nangka, apalagi kalau manis banget. Wah, nice share mbak, jadi tahu manfaat nangka itu apaan saja

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84