Banyak Banget Pilihan Les Privat Online, Jangan Bingung Mending Pilih Ini Saja

by - 11:45:00 AM

Assalamualaikum,

Sekarang zamannya online ya gengs. Semuanya bisa diakses dengan online, mulai dari jajan online, taksi online, gojek online sampe belajar pun bisa online. Iya, belajar sekarang bisa online. Jadi, beberapa waktu lalu saya iseng nih nyari bimbingan belajar online, buat saya? bukan, saya mah prepare buat neng Marwah nanti kalau sudah SMP atau SMA haha, masih jauh ya? Ya gapapa kali prepare dari sekarang biar nanti pas waktunya gak pusing lagi, iya kan? 

Saya searching deh, dan menemukan beberapa bimbel online seperti Ruangguru, Zenius dan Quipper. Dari ketiganya saya cek satu persatu, dan saya pun bingung. Ketiganya punya kelebihan dan juga kekurangan masing - masing. Baiklah, saya akan coba jelaskan kekurangan dan kelebihannya satu persatu versi saya yah sebagai user yang akan memilih. 

QUIPPER 

Quipper ini memiliki konsep belajar dengan video yang belum up to date. Videonya itu durasinya lama dan konsepnya pun biasa saja alias simple banget. Videonya itu gak dikasi judul jadi saya bingung videonya sedang jelasin apa. Quipper gak bisa langganan bulanan, harganya pun ya lumayan mahal, aplikasinya pun kurang bagus, gak ada try out, gak punya rangkuman materi, gurunya pun tidak ada yang standby, ada pada beberapa materi cuman slide aja, saya kok jadi males bacanya apalagi kalau baca materi sejarah yah kebayang deh langsung ngantuk karena membosankan.


Setiap materi kan sudah pasti ada masalah dan solusi, solusi yang diberikan Quipper ini agak memaksakan gitu, ya maksa buat ngapalin yang panjang - panjang, dengan kata lain solusinya itu gak simple. Suara tutor atau gurunya agak kenceng, haha saya jadi ngerasa kuping ini pekak deh. Kurikulumnya pun ga jelas, ataukah Quipper punya kurikulum sendiri? Materinya kurang lengkap, gurunya terlalu bertele - tele kalau menjelaskannya, ga to the point gitu.  

Nah menariknya, iklan Quipper ada dimanapun, agennya pun banyak dan suka datang ke sekolah untuk menarik peminatnya. Ada animasi score setelah latihan soal, brandnya dari Inggris dan yang lebih kece nih menggaet artis kekinian, Maudy Ayunda. 

ZENIUS 

Untuk biaya Zenius ini terbilang cukup murah, materinya pun lengkap. Zenius keberadaannya sudah lama, sekitar 10 tahunan jadi lumayan bisa diperhitungkan dong yah sebagai pemain lama. Di Zenius juga latihan soalnya banyak, selain itu ada juga ebook latihan yang bisa dijadikan materi pembelajaran di rumah juga. Dan sesuai dengan kurikulum 2013 untuk saat ini. 



Sayangnya, video Zenius ini bikin bosen, karena hanya tulisan demi tulisan saja, gak ada eye catchingnya gitu jadi bikin bosen nonton videonya. Ga ada aplikasinya juga, websitenya pun tidak up to date, gak bisa diakses lewat smartphone, jadi harus menggunakan pc atau laptop, tidak ada guru yang standby, suaranya kadang jelas dan kadang juga ga jelas, jadi ketika belajar suka bingung lagi ngomongin apa. Latihan soalnya dalam bentuk pdf dan mesti di download.

RUANGGURU 

Untuk harga sedikit diatas Zenius, kadang suka bikin gagal fokus nih font nya yang warna - warni, Ruangguru ini belum begitu banyak yang kenal karena mungkin belum banyak juga sales agentnya jadi marketingnya belum luas. Aplikasinya pun cukup memakan lapak memori smartphone karena besar. 


Ada yang baru ditawarkan oleh Ruangguru. Para pengajar atau tutor di Ruangguru ini standby, ada kelas virtual juga yang bisa jadi ajang sharing guru dan murid. Biaya pun asik loh karena ada cicilannya. Aplikasi belajarnya lengkap, ada konten untuk berbagai jenjang sekolah mulai dari Sekolah Dasar sampai SMA juga ada dan sesuai dengan kurikulum nasional. Dirancang khusus oleh para pengajar terbaik dan berpengalaman. Video, les privat online sampai try out bisa diakses di gadget. Gampang kan? 

Di Ruangguru juga ada group chat yang bikin semangat belajar meningkat karena tutornya selalu standby. Soal pelajarannya pun banyak, dibekali dengan modul belajar pula. Jadi pengguna Ruangguru bisa chat sepuasnya sampai ngerti akan suatu materi, chat group nya ini eksklusif karena hanya 20 orang. Terus ada guru privat yang bisa datang ke rumah, waktunya bisa diatur sesuai keinginan kita loh, asik banget ini Ruangguru. 



Nah, gimana temen - temen menurut temen - temen bimbingan belajar manakah yang bagus untuk dipilih? Kalau saya sih pilih Ruangguru, karena biar nanti neng Marwah bisa belajar sambil nongkrong di cafe juga, belajar lewat tablet juga bisa kan, hehe. Kan kids zaman now harus dibuat enjoy pas belajar. 


 Cheers,
Wassalam

TIAN LUSTIANA





You May Also Like

2 komentar

  1. kak kamu langsung pake ketiga-tiga nya sekaligus? kan mahal jadinya.

    ReplyDelete
  2. Kalo diliat dari penjelasannya emang simpel dan enak Ruangguru kak. Bisa belajar di mana aja asal ada koneksi internet

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84