Tentang Bahan Pengawet Pada Makanan

by - 4:13:00 PM

Assalamualaikum,

Duh, kok ngeri ya sekarang banyak banget makanan atau cemilan anak yang memakai bahan pengawet dan tersebar pula dipasaran. Sebenernya sih tujuan dari menambahkan pengawet pada makanan itu supaya makanan tetap fresh alias awet ga cepet busuk. Tapi gimana kalau makanan yang diawetkan itu makanan yang menjadi favorite anak - anak? 



Apalagi neng Marwah tuh suka pengen jajan chiki lah, jajan jus dalam kemasan lah atau jajan makanan lain yang instant. Eh sebenernya bukan neng Marwah aja sih, ibunya juga sama doyannya ngemil makanan instant makanya nih badan lebih cepat melar deh, huhu. 

Kan, bahan pengawet pada makanan terutama pada makanan anak itu dampaknya buruk loh, apalagi untuk kesehatan anak. Makanan yang mengandung pengawet itu kan kandungan nutrisinya sudah berkurang atau malahan gak ada nutrisinya. Bukan hanya itu, bahan pengawet juga kalau penggunaannya tanpa kendali alias ga ada takarannya yang ada memicu kanker dan penyakit lainnya, serem kan ya? 




Tapi ada juga loh bahan pengawet yang memang sudah legalkan alias boleh digunakan asalkan dengan takaran yang sesuai oleh BPOM(Badan Pengawas Obat dan Makanan) diantaranya adalah benzoat, propionat, nitrit, nitrat, sorbat dan sulfit. Bahan pengawet yang populer atau yang memang banyak digunakan itu adalah natrium benzoat (sodium benzoat) yang digunakan untuk menghambat bahkan menekan tumbuhnya mikroorganisme pada makanan, natrium benzoat ini biasanya digunakan atau ditambahkan pada minuman ringan, jus buah kemasan, sirup dan bumbu - bumbu. 

Meski memang sudah disebutkan oleh BPOM itu aman ya tetap saja natrium benzoat ini kalau dikonsumsi sering dan dalam waktu yang lama juga bisa memiliki dampak yang bahaya bagi kesehatan anak. Duh apakah anak jadinya harus diberikan tambahan vitamin ya agar tubuhnya mampu menangkal bahaya dari bahan pengawet ini? 

Natrium benzoat ini jika ada reaksi sama vitamin C bisa membentuk senyawa baru loh yang namanya senyawa benzene dan sifatnya karsinogenik. Karsinogenik itu adalah zat yang menyebabkan timbulnya kanker. Nah begitu juga kalau makanan yang mengandung natrium benzoat ini dipanaskan, proses panas ini bakalan membantu konversi benzoat berubah jadi benzena lebih cepat dari seharusnya.

Terus jika natrium benzoat ini sering dipakai pada minuman ringan yang sangat disukai anak yah. Nah perpaduan nya dengan pewarna makanan bisa menyebabkan anak menjadi ADHD (Attention Deficit-Hyperactivity Disorder) atau anak akan menjadi lebih hiperaktif. Duh jangan sampai deh ada nama bayi atau nama anak kita yang sakit gara - gara bahan pengawet ini ya, naudzubillah! 

Maka dari itu kita sebagai orang tualah yang harus ekstra banget memilah dan memilih makanan atau minuman bahkan jajanan anak, karena sulit banget menghindari makanan yang mengandung pengawet. Jalan satu - satunya ya masak sendiri, aman kan? Sehat pula! 

Masak sendiri, selain sehat juga hemat. Jadi ibu masih bisa menyisihkan uang belanja deh, kan jauh banget tuh harga beli makanan yang sudah jadi sama makanan yang belum jadi alias harus diolah, selisihnya kan lumayan buat nabung. 

Saya selalu membekali neng Marwah ketika sekolah, di sekolah neng Marwah tidak pernah jajan karena memang tidak ada kantin jadi bekal dari rumah saja. Karena kan kalau bekal dari rumah masakan ibu lebih sehat dan tentunya bergizi karena tau bahan yang dimasaknya dan enggak instant. Meski kadang ibu lelah masakin bekal pagi - pagi buta tapi demi kesehatan anak mah semua lelah pun hilang asalkan makanan habis tiada tersisa, betul kan ibu - ibu?

Semoga anak - anak kita sehat selalu ya dan juga semua teman - teman diberikan kesehatan supaya bisa terus memasak makanan lezat nan sehat untuk anak - anak, aamiin. 



Cheers

Wassalam,


Tian Lustiana 








You May Also Like

31 komentar

  1. Jadi anak ADHD itu karena kebanyakan dua zat itu ya Teh? Aku mau cari info lagi ah, soalnyaa ada temenku anaknya ADHD dari umur masih kecil banget. Jadi setiap malam ibu bapaknya bergadang nemenin anaknya sampai capek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahan pengawet merupakan salah satu pemicu teh Win,

      Delete
  2. Replies
    1. Bekal Marwah masih diposting di happytummyhappymommy teh Mita hehe

      Delete
  3. Duh Teh kadang kerepotan Ortu bikin mudah ngasih yang instan-instan ya, tantangan ortu millenial

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ortu millenial sekarang didukung juga dengan adanya junk food ya jadi gampang tinggal beli - beli yang instant

      Delete
  4. Saya juga tiap hr masak buat bekel anak2, tp klo lg males, terpaksa bekel nya roti aja deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kalau males Marwahnya disuruh catering aja hihi

      Delete
  5. Harus super hati-hati ya sekarang..

    ReplyDelete
  6. Aku juga dulu kecil suka dibekelin masakan Ibu.
    Tapi aku jadi ngalamin penasaran sensasi jajan di sekolah, teh. Karena lingkunganku semua pada bawa uang jajan.

    Sediih banget rasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa anak2 yg suka dibekelin emang penasaran pengen jajan. Hehe alhamdulillah di sekolah marwah sih ga ada yg boleh bekal uang jajan

      Delete
  7. ini sebenarnya PR berat untuk saya, soalnya saya suka jajan tapi nggak pengen nanti anak hobi jajan yang nggak sehat. Uh sebelum ke anak kayaknya emaknya harus berubah dulu. thanks for sharing mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dimulai dari ibunya dulu yang harus berubah ya huhu saya pun doyan jajan

      Delete
  8. dua kali operasi tumor payudara itu bukan tanpa penyebab lho teh. Kata dokter salah satu penyebab tumorku datang adalah pengawet makanan hikssss.. tapi kumaha yaaaa.. yang bikin awet itu emang enak #Lha hahaha.. TFS mak <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semua makanan hampir diawetkan semua ya, hmmm duh bismillah aja kali yaa teh Ayu biar kita semua sehat, aamiin

      Delete
  9. Waduuh, tertampar banget, masih suka ngasih jajajanan berpengawet sama anak-anak, hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekarang agak susah kali ya teh untuk tidak konsumsi makanan dengan pengawet, paling tidak harus dikurangi saja

      Delete
  10. Duh, setiap hari kasih makanan berpengawet sama anak-anak, pengen masak sering ga keburu

    ReplyDelete
  11. Ya ampun ngeri juga ya bahan-bahan pengawet yang ada di dalam makanan dan minuman. Anak-anak yang sering kena dampaknya, mereka gampang sekali tergiur dengan tampilan kemasan yang menggoda banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. tampilan eye catching gitu selalu menarik perhatian anak yah

      Delete
  12. udah mah bangun pagi buta, nyiapin makanan juga harus ekstra hati2 - superb for all women lah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ibadah kang demi anak dan suami, eaaa

      Delete
  13. Kekey di sekolahnya katering, tp anger jajan hiks! Tp udh diwanti2, jgn yg warna mencolok, yg gada merk, yg bikinnya jorok dsb....

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga ngewanti - wanti gitu sama marwah

      Delete
  14. Jadi PR buat kita ibu-ibu. Vito alhamdulillah ga suka jajan yang aneh-aneh. Di sekolah ada catering, sekarang ada kantin sehat dan untungnya yang bikin orang tua murid, jadi insyaAllah aman. Serem banget banyak makanan ga sehat yang beredar, jajanan dengan kandungan pengawet yang membahayakan. Betul ini bisa memicu berbagai penyakit. Semoga anak-anak kita selalu sehat ya, Teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah ya kaalau anak ga suka jajan yang aneh - aneh hehe

      Delete
  15. Aduh mana aku suka banget makan chiki huhu

    ReplyDelete
  16. Udah tau berbahaya sih teh, tapi susah buat beneran berhenti beli cemilan yang gini hahaha

    ReplyDelete
  17. Sering susah nih milih makanan dengan pengawet ini. Jadinya, kudu telitiiii banget..

    ReplyDelete
  18. Betul Teh, mendingan berlelah ria masak dari pagi buta, demi buat bekal makanan anak-anak ke sekolah. Daripada anak-anak jajan makanan yang banyak mengandung bahan pengawet.

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84