Tabayyun, Menganalisa Masalah Dan Memecahkan Masalah

by - 2:02:00 PM

Assalamualaikum,

Sebelumnya saya pernah nulis tentang KETIKA GOSIP MEMAKAN KETENANGAN JIWA

Tabayyun, Menganalisa Masalah Dan Memecahkan Masalah

Dan salah satu yang harus dilakukan ketika ada yang menggosipkan atau memberikan pernyataan kurang baik tentang kita adalah dengan melakukan tabayyun, seperti Firman Allah SWT dalam surat An Nisa ayat 94 : 


"Hai Orang - orang beriman, apabila kamu pergi di Jalan Allah, maka lakukanlah tabayyun" 

Temen - temen juga sering kali ya nonton berita tv yang belakangan ini banyak banget prasangka negatif antara kelompok satu dengan kelompok lain. Ada yang saling menuduh, saling menghujat, saling menghakimi dan saling mengklaim kelompoknya yang paling benar. Padahal kan kelompok - kelompok itu pun ga ngerti apaan sih yang diributin, dimana letak perkaranya saja mereka masih bingung tapi dengan mudahnya tersulut omongan atau isu negatif yang beredar. Tidak tabayyun alias ga mau tau sebenernya yang terjadi itu apa, kebenarannya itu bagaimana mereka tak mau tau. 

Padahal jelas ya dalam surat An Nisa tentang tabayyun, perintah melakukan tabayyun atau perintah untuk mendalami masalah sebelum menjudge. Itu tuh menurut saya semacam peringatan bahwa sebagai umat islam janganlah kita melakukan tindakan yang menimbulkan dosa serta rasa sesal atas suatu keputusan yang merugikan pihak lain. 



Oke, kalau diselami lebih dalam lagi, tabayyun itu adalah kita melakukan sebuah penelitian, kegiatan yang ada usahanya, usaha mendalami atau mungkin memecahkan permasalahan. 

untuk lebih kerennya bisa menggunakan metlit atau metodologi penelitian loh, diantaranya : 

  • Rasional, berpikir harus dengan cara yang rasional atau masuk akal.
  • Empiris, yang akan dikaji atau diteliti haruslah realitas atau bener - bener kenyataan yang terjadi, jangan mengada - ngada.
  • Obyektif, harus sesuai dengan objeknya.
  • Benar dan bisa diuji, sama halnya dengan melakukan skripsi dong, harus benar teorinya terus harus dilakukan melalui proses analisa dan harus sanggup diuji oleh siapa saja kebenarannya.
  • Bebas, ketika melakukan analisa fakta, kita harus dalam keadaan bebas dari semua tekanan dan tidak berada dalam pengaruh pihak lain. 
Tabayyun, Menganalisa Masalah Dan Memecahkan Masalah

Melakukan tabayyun atau penelitian ini ada juga model riset secara islami nya : 

  1. Riset Bayani, yang dilakukan untuk mengenali gejala alam dengan gerak dan gerik serta prosesnya. 
  2. Riset Istiqra'i, penelitian yang tujuannya mencari kejelasan kebudayaan dan kehidupan sosial. 
  3. Riset Jadali, riset untuk mencari hakekat atau kebenaran yang berdasarkan pada cara berpikir yang rasional.
  4. Riset burhani, gunanya untuk tujuan eksperimen. 
  5. Riset irfani, riset yang dilakukan secara spesifik dan menjelajahi hakekat ajaran agama islam dan menghasilkan ilmu tasawuf. 

Sama kan dengan menyusun skripsi, yakni dari step pengamatan terhadap masalah yang nyata kemudian diadakan pengumpulan data, lakukan analisa dan terakhir menarik kesimpulan. 
Tabayyun alhamdulillah berhasil jika fakta sudah terungkap dan akurasinya sudah dijamin. 

Jadi mulai sekarang biasakan tabayyun yaa gengs kalau mendengar pernyataan atau apapun yang belum jelas kebenarannya. 




Cheers,
Wassalam



Tian Lustiana 




You May Also Like

6 komentar

  1. biasakan tabayyun yaa gengs kalau mendengar pernyataan atau apapun yang belum jelas kebenarannya ---> Ini nih yg susah, org2 kdg klo dgr dr pihak sebelah aja udah langsung percaya, uhuk!

    Etapi setuju sm postingan ini, semoga kita semua diberikan energi positif yah abis baca postingan ini :D

    ReplyDelete
  2. Duh apalagi zaman sekarang, udah digital bangett. Sedihnya adalah orang2 cenderung suka berita buruk, Tian. Padahl kata bu Dirjen Kominfo, berita hoax itu cuma 'pegang' 10% postingan loh. Tapi ya itu, makin viral krn banyak yg ga tabayyun....

    ReplyDelete
  3. Setuju mba.. Udh terlalu banyak hoax yg beredar sekarang ini.. :( .. Orang2 ga pengen susah dgn menyaring terlebih dahulu, pokoknya asal main share.. Ntah apa yg diincer.. Kok ya kayaknya seneng bgt kalo keadaan chaos krn hoax yg disebar.. Kdg pun cm baca judul doang yg sensasional, tnpa tau isi.. Parah banget...

    ReplyDelete
  4. Nah itu, banyak yang belum tabayyun. Pokoknya langsung ngejudge aja

    ReplyDelete
  5. Zaman sekarang banyak orang yang pengen kasih berita dulu. Begitulah, akhirnya banyak beredar berita hoax yang menyesatkan.

    Semoga kita mampu memilih berita yang bener, nggak mudah terpancing isu sensasional. Kudu tabayyun ya.

    ReplyDelete
  6. Tabayyun wajib mba.. dan jaman sekarang tidak susah utk cek dan ricek

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84