Mitos Seputar Menstruasi

by - 4:34:00 PM

Assalamualaikum, 

Pernah denger ga kalau lagi menstruasi ga boleh minum air es? 
Kalau lagi menstruasi ga boleh ini dan ga boleh itu?

Mitoskah? Atau mungkin juga fakta? 

Dan lets check this out apakah mitos seputar menstruasi itu benar adanya. 

Tentang menstruasi dan minuman dingin 

Sesungguhnya minum dingin itu tidak ada pengaruhnya terhadap keseimbangan hormon wanita dan juga tidak ada pengaruhnya dengan siklus menstruasi. Engga juga memperlancar tidak pula menghambat. 


Kalau dilihat dari pernyataan diatas, mitos dong ya yang bilang pas menstruasi ga boleh minum air es atau minuman dingin lainnya, ga bener kan? Siklus menstruasi itu dipengaruhi oleh seimbangnya hormon estrogen dan progesteron dan seimbangnya hormon ini pengaruh besarnya adalah kesehatan fisik serta kesehatan psikologis kita. 

Eh tapi kenapa ya saya kalau sedang menstruasi terus kebanyakan minum es itu darah haid nya suka sedikit dan keluar dikit banget, itu kenapa yah? Bener gitu ga ada kaitannya? Saya masih mencari tahu nih soal ini. ada yang tau kebenarannya? Let me know yaa. 

Baca : Tentang Pendarahan Diluar Siklus Menstruasi


Konsumsi obat saat menstruasi akan menghentikan menstruasi 

Bener gitu? Ah kalau saya konsumsi obat anti nyeri gimana? Kalau saya emang lagi sakit dan harus konsumsi obat gimana? Kalau pas menstruasi sakit kepala gimana?

Obat itu enggak ada kaitannya dengan  menghentikan menstruasi, kata dokter sih gitu. Tapi ada loh temenku yang jika ia sedang menstruasi kemudian konsumsi obat, beneran siklus menstruasinya langsung berhenti loh, jadi saya juga masih bingung masalah ini mitos ataukah fakta. 

Lagi menstruasi ga boleh olahraga 

Katanya sih ini mitos banget. Maenya sih keur mens teu menang olahraga? Saat menstruasi justru disarankan olahraga ringan loh supaya peredaran darah di otot rahim terbantu dan juga mampu mengurangi nyeri saat menstruasi. Olahraga ringan jika dilakukan secara teratur bisa melancarkan menstruasi loh. Kalau untuk olahraga berat sih emang ga disarankan ketika menstruasi karena takutnya malah terjadi pendarahan atau nyeri. 

So its real mitos yah, gengs. 

Ketika menstruasi gak boleh keramas

Ah sumpeh loh? Iya ih aku sering denger ini. Takutnya kan pas keramas rontok, jadi nanti ga ke adusin deh rambut rontoknya. Itu mah kaitannya sama agama ya, silakan tergantung kepercayaan aja. 

Nah secara umum mah, kita wanita ini harus menjaga kebersihan tubuh termasuk rambut ya? Dan katanya sih ga ada kaitannya antara keramas dan menstruasi yang ada hanyalah rambut wangi dan bersih. 

Pola hidup lah yang ada kaitannya dengan keseimbangan hormon dan kesehatan siklus menstruasi. Jadi kalau emang menstruasi gak teratur ya konsultasikan ke dokter untuk mencari penyebabnya dan segera ditangani secara optimal. 

Selain yang saya paparkan diatas ada lagi mitos lain seputar menstruasi? Pasti banyak, sharing yuk gengs. 




Wassalam,

Tian Lustiana

You May Also Like

5 komentar

  1. dan karena kemakan kepercayaan jgn keramas alhasil rambutku lepek seminggu lalu ketombean sejak saat itu fix ra mau keramas ditunda2 meski haid hahaha untung ga kutuan juga πŸ˜‚

    ReplyDelete
  2. banyak mitos ayng sebenarnya salah ya

    ReplyDelete
  3. Kalo menstruasi g boleh potong kuku hehe

    ReplyDelete
  4. kalo menstruasi ga boleh deket2 pasangan, ntar mau, perboden hhaa

    ReplyDelete
  5. banyak hal yang di larang pada saat menstruasi :D

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84