Cara Jitu Agar Keuangan Terkendali di Bulan Ramadhan

by - 4:30:00 PM

Assalamualaikum, 


Alhamdulillah ya beberapa minggu lagi kita akan berada dalam bulan penuh berkah, bulan Ramadhan. Ah gak nyangka masih diberikan kesempatan untuk bisa menunaikan 

Bulan Ramadhan, emang kita berpuasa sebulan penuh namun kenapa ya kok pengeluaran makin membengkak? ayo ada yang tau kenapa? Bingung kan?


Oke, saya pukul rata aja deh bahwa semua setuju jika pada bulan Ramadhan, pengeluaran mengalami gejolak. PAdahal penghasilan berlebihan ya? kan ada THR, tapi kenapa pas lebaran berlalu malah pusing ga ada uang. 

Pada bulan Ramadhan, selain pengeluaran rutin bulanan ada yang bertambah deh kayaknya yakni pengeluaran makanan yang akan lebih besar dari bulan - bulan sebelumnya. Untuk sahur aja biasanya diusahain yang enak dan lezat, pokoknya makanan yang menggugah selera. Buka puasa juga makanannya pasti diada - adain kan dengan menu makanan yang bervariasi.

Terus, faktor keinginan juga kayaknya menjadi sponsor utama pengeluaran yang membengkak. Apalagi pas beli baju lebaran, sepatu lebaran dan lainnya lagi. Padahal baju - baju masih bagus. Yang mudik juga memerlukan dana lebih dong, untuk berbagi dengan saudara, iya kan? Besar pasak daripada tiang lah intinya, setuju gak? 
Siapa yang salah?
Apanya yang salah?

Susah deng kalau mau cari yang salah, mendingan pengelolaan keuangannya aja yang dikendalikan. Gimana? Nih saya ada tips yang bikin pengeluaran di bulan puasa tetap terkendali.

Rencanakan Pengeluaran Untuk 30 Hari Ke depan

Semua anggaran dimasukkan, mau anggaran buka bersama dan anggaran lainnya yang akan dikeluarkan selama bulan puasa. Karena biasanya pengeluaran pada bulan puasa itu bisa ngabisin hampir dari setengah gaji bulanan.

Pake gaji aja 

Untuk pengeluaran bulanan selama bulan puasa pakai saja dari gaji bulanan. Nah untuk mudik atau biaya lebaran pakai dari uang THR aja, sisanya tabungkan. Kalau ada sih, kalau ga ada ya sudah tabah saja.

Jangan kalap

Hindari belanja yang diiming - imingi dengan diskon gede - gede an karena sesungguhnya itu adalah jebakan betmen yang akan menguras kantong, percayalah.

Jangan berlebihan

Iya ini yang paling penting, jangan berlebihan lah ga baik. Makan sahur seadanya saja yang penting bergizi dan ada niat puasa. Buka puasa juga seadanya saja, yang penting sehat. Lebih enak buka bersama gratisan kali ya, wkwkwkw.


Selamat datang Ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa. Yeay pengen cepet - cepet puasa deh jadinya. Kalau temen - temen punya tips gak supaya keuangan selama bulan puasa tetap terkendali? Sharing yuk




Wassalam,

Tian Lustiana






You May Also Like

29 komentar

  1. soal jangan teriming-iming diskon itu lhoooo hihihi
    sekarang aja belom lebaran dimana-mana 50% off, kan kzl jadi pengen shopping!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha iya jadinya suka pengen shoppping yaaa

      Delete
  2. makasih banyak sharingnya mbak, mulai dari sekarang aku bakal memanajemen uang....anak manajemen wajib baca ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali sudah berkunjung ke blog saya.

      Delete
  3. Tips asik nih, makasih teh Tian udah sharing. Secara yaa emang banyak pengeluaran yg g penting2 amat di bipan Ramadhan ini tapi tetep dibeli. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ga penting tapi maksain beli, saya juga suka gitu wakakakak

      Delete
  4. Ramadhan itu harusnya lbh irit tp krn diada ada in jd malah lbh bnyk pengeluaran...:) Gmn lg ank2 plus suami ga bs diajak ngirit..xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya secara logika gitu ya teh, harusnya lebih irit

      Delete
  5. Wah ini nih yang kudu diinget. Aku Ramadan malah sering boros. Belajar ah mulai Ramadan ini. Gal cukup soalnya kalo ngandelin gaji. Pasti deh kudu ngambil tabungan buat nutupin. Payaaaah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha insya allah ramadhan ini berkah ya, bisa hemat juga

      Delete
  6. Ilmu yang luar biasa nih, bagi yang susah ngendalikan uang, wajib baca artikel ini...

    ReplyDelete
  7. Jebakan betmen, betul bgt mba, jgn sampe deh habis ramadhan malah defisit. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha iya semoga Ramadhan ini bisa pada hemat ya biar bisa berkurban pas lebaran haji

      Delete
  8. Kami juga yang termasuk orang jarang banget mengutamakan baju baru saat lebaran. Mungkin itulah enaknya keluarga besar yaa, teh...

    Alhamdulillah,
    rejeki anak-anak adaaa ajjaa...

    Kalo mama sama abinya mah...santai.

    Makanan ini masih sulit di manage.
    Apalagi mulai tahun ini, kaka mulai ada goal ingin ikut shaum.
    Intinya siih...menyediakan menu yang disukai anak. Jadi pada kemakan...gak mubadzir

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh Lendy, menyediakan menu buat anak dan yang disukai anak ya biar kemakan

      Delete
  9. Waaah susah ngereeem biasanya xixixi...

    ReplyDelete
  10. sulit rasanya merencanakan pengeluaran untuk 30hari...
    soalnya uda direncanain cm blanja 200rb eh nyampe kasir habis 500rb...
    *nangis di pojokkan :(*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaaa aku serasa kesindir juga hahah, tapi emang harus direncanakan sih kalau enggak ya bakalan gitu terus

      Delete
  11. Bener banget teh, sehari lalu aku sama suami baru ngomongin soal keuangan ini.
    Kami sepakat bahwa kalau pas lebaran besok, kita biasa aja kayak menu makan sehari-hari. Jangan mentang-mentang puasa segala makanan dimasak/dibeli untuk buka/sahur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya dan suami juga membicarakan hal yang sama, sama Marwah juga udah bilang bahwa nanti buka dan sahur menunya biasa saja yang penting niat, semoga istiqomah

      Delete
  12. Jangan kalapnya itu loh teh susah ya kayanya, pas ramadhan malah pesona diskon bertebaran hihi :D
    tapi mesti berusaha biar keuangan ga menjerit setelah lebaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya diskon banyak menjebak huhu harus pinter emang pas belanja wkwkwkw dan yang penting kendalikan hawa nafsu belanja haha

      Delete
  13. Wah, kl dipikir2 bener juga ya mbak, kita puasa (makan berkurang) lah kok pengeluaran bertambah? haha.. Sekarang kl yg fulltime freelancer ini perlu bgt disiasati ya mb, suami istri lagi, hehe. Ga ada yg kasih gaji dan THR, wkwkwk

    ReplyDelete
  14. Sayang, artikel Anda begitu hebat, saya mendapat banyak imformation yang bermanfaat
    Xx
    Ciuman besar

    ReplyDelete
  15. Diskon itu menipu, harganya yang asli dinaikin kemudian dikasih diskon jadi seakan-akan harganya jadi murah. Padahal harganya nggak berubah :p

    ReplyDelete
  16. Setuju... Jgn berlebihan ya, klo ibadah br boleh hehehe

    ReplyDelete
  17. Biasanya awal puasa keinginan anak-anak gak bisa diatur. Nanti pas pertengahan-akhir puasa baru deh kerasa kalau dompet mulai menipis.

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84