Penyebab Sering Ngantuk

by - 4:00:00 AM

Assalamualaikum,

Temen - temen pernah gak sih masih pagi udah ngantuk lagi? padahal udah tidur cukup. Apa cuma saya aja gitu yang suka ngantuk dipagi hari wkwkwk. Kesel deh kalau udah gitu, ganggu banget. Apalagi kalau pas di kantor,kerjaan banyak eh malah ngantuk. 

Penyebab Sering Ngantuk

Biasanya ngantuk kalau begadang semalaman kan? Nah ini semalaman saya tidur pulas, tidur pun cukup. Makanya aneh kan udah tidur cukup masih aja ngantuk, huh menyebalkan. 

Ternyata oh ternyata ada penyebabnya loh kenapa saya pernah  mengalami hal ini. 

Kurang aktivitas fisik 

Kurang bergerak. Hmmm emang iya sih saya kurang gerak banget, kerjaan saya dari rumah naik motor ke kantor, duduk manis di kantor.

Penyebab Sering Ngantuk

Kurang banget deh aktivitas fisik. Kurang fisik bakalan membuat peredaran darah enggak lancar dan inilah yang membuat tubuh terasa lelah, lemas dan mengantuk. Jadi saya harus berolahraga, garis bawahi deh OLAHRAGA. 

Beban Pikiran 

Kalau ini sih pasti wkkwk. Kalau lagi banyak pikiran, meskipun tidur lelap dan pulas masih aja kepikiran. 

Penyebab Sering Ngantuk

Dan ini menjadikan kita tidur ga pulas karena dikepala terlalu banyak beban pikiran. 

Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh ini adalah salah satu pencetus datangnya rasa kantuk yang berlebihan. 

Penyebab Sering Ngantuk

Jadi kalau kekurangan cairan selain kurang fokus juga metabolisme tubuh menjadi kurang optimal, kecepatan jantung juga menjadi lambat mengirimkan oksigen, karena kan 85 persen otak manusia itu terdiri dari air. Jadi kalau gak fokus mungkin anda butuh Aqua. 

Kebanyakan makan 

Hihi, saya jadi malu. Kalau lagi lapar kadang suka kalap makan ini dan itu. Memang apapun yang berlebihan itu enggak baik. Makan berlebihan maka asupan makanan ke dalam tubuh juga kebanyakan, dan inilah yang menyebabkan ngantuk. 

Penyebab Sering Ngantuk

Ini dikarenakan untuk mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh kan berlebih, maka tubuh membutuhkan insulin yang jumlahnya besar juga. Tapi pankreas enggak bisa memenuhinya, maka yang terjadi adalah tubuh pun lelah karena bebannya terlalu banyak, akhirnya rasa kantuklah yang timbul. Kalau makanan masuk berlebihan, maka akan semakin berkurang loh kapasitas oksigen yang masuk ke tubuh. Tubuh akan merasa ngantuk kalau kurang oksigen. 

Jadi begitulah kenapa saya kadang suka merasa ngantuk padahal tidur udah cukup. Mulai sekarang saya mau olahraga ah, hihih itupun kalau enggak malas. 


Wassalam,


Tian Lustiana



You May Also Like

5 komentar

  1. Tambah satu lagi mbak, gak mandi pagi juga bikin ngantuk. HHhaa...

    ReplyDelete
  2. hujan, bisa bikin ngantuk mbak :) , heheh

    ReplyDelete
  3. Jleb banget. Memang benar sih. Semua kembali pada diri kita sendiri, ya? Apalagi kaya aku, termasuk yang banyak makan tapi kurang aktivitas fisik. :'D

    ReplyDelete
  4. banayk pikiran , aku kl algi banyak pikiran jadi amunay tidur , kayaknay masalah hilang

    ReplyDelete
  5. emang benar sih. Semua kembali pada diri kita sendiri, bisa ditanyakan kepada diri sendiri...

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D