Tentang Pikiran Negatif

by - 11:46:00 AM

Assalamualaikum,

Teman - teman sudah paham betul ya bahwa kelebihan kita sebagai manusia adalah dibekali kemampuan untuk berpikir dengan menggunakan akal, yang tentu kemampuan ini enggak dimiliki mahluk lain, iya kan? 


Pikiran manusia itu bisa saja menghasilkan pemikiran yang positif dan bisa juga menghasilkan pemikiran yang negatif. Gak bisa dipungkiri bahwa pikiran negatif atau positif ini dipengaruhi banyak hal, salah satunya adalah kesehatan jiwa dan hati kita. Saya percaya sekali bahwa dengan jiwa atau hati yang sehat, maka pikiran yang dihasilkan pun akan positif dan juga optimis. Dan saya pun percaya bahwa dengan berpikiran positif ini hidup akan terasa bahagia. 

Gimana kalau pikiran negatif mulu? lah itu yang bikin cemas berlebihan, sedih berkepanjangan dan juga akan ada ketakutan. Itu saja? Enggak, pemikiran yang negatif bisa mendatangkan rasa curiga, menuduh, menghujat bahkan menghakimi seseorang tanpa ada bukti apapun, yang ada negative thinking aja sama siapapun juga. Orang yang suka berpikiran negatif harus banyak minum aqua biar fokus pada pemikiran positif deh, kalau perlu suruh minum Aqua edisi Stars Wars , haha. Iya kan kalau kita fokus maka pikiran pun akan jernih. 
Dan sekarang Aqua itu kemasannya keren – keren, nah sekarang Aqua lagi ada kemasan yang edisi Stars Wars, penasaran kan?



Dan saya pernah loh membaca artikel tentang pikiran negative ditinjau dari sisi psikologis dan banyak dikaitkan dengan gangguan kejiawaan loh, namanya Obsessive compulsive disorder atau disingkat OCD . OCD ini adalah gangguan kecemasan yang diganggu oleh pikiran sendiri dan menghasilkan kegelisahan, rasa khawatir, rasa takut dan yang pada akhirnya perilaku itu berulang secara terus menerus. Serem ya? 


Itu dari sisi psikologis ya. Sekarang coba kita tinjau dari sisi agama. Pikiran negatif itu terjadi karena hati yang kotor, terjadi karena iman yang lemah. Hati selalu ga ikhlas, selalu saja merasa kurang, gak pernah bersyukur. Duh jadi betapa buruknya memiliki pikiran yang selalu negatif yah? 

Pikiran negatif yang sangat mengganggu itu pikiran yang kayak gimana sih??? 

  • Selalu men-generalisir dengan sangat berlebihan, alias lebay. Apapun masalah selalu dibesarkan, masalah kecil diperluas. 
  • Selalu melihat semua masalah sebagai hal yang negatif.
  • Terlalu cepat dalam mengambil keputusan.
  • Cepat menyerah.
  • Pikirannya hiperbola.
  • Penalarannya emosional.
  • Memaksakan kondisi dimana harus sesuai dengan harapannya.
  • Selalu memberikan label negatif.
  • Selalu menyalahkan pada orang lain.

Dan masih banyak lagi macam pikiran negatif. Terus gimana dong? Gimana agar pikiran negatif itu enggak menguasai hidup kita? Lebih dekatkan diri pada Allah Swt, mintalah agar hati dijernihkan dan pikiran diberikan pemikiran yang positif. 


Wassalam,

Tian Lustiana 



You May Also Like

17 komentar

  1. betul mba fikiran negatif buat kita malah ga nyaman :)

    ReplyDelete
  2. Susah-susah gampang mempertahankan pikiran positif dan menjauhi pikiran negatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, susah - susah gampang yah

      Delete
  3. hmm, masih banyak istigfar kalau saya , mbak :(. susah tanpa istigfar kalau mau melawan pikiran negatif

    ReplyDelete
  4. malah jadi kadang minder klo sering negatif think

    ReplyDelete
    Replies
    1. menyengsarakan diri sendiri ya

      Delete
  5. Trik nafas yang dalam dan katakan, aaaaaaaaah.....
    :)

    ReplyDelete
  6. Dan pikiran negatif dampaknya luas banget ya teh, kerasa banget jadi uring-uringan terus pengennya. Ga bahagia dll.
    Semoga bisa jauh-jauh dari pikiran negatif ya teh kita semuanya

    ReplyDelete
  7. Sangat bermanfaat, semua itu tergantung dengan pengunaanya.

    ReplyDelete
  8. Terlalu banyak berpikir yang negatif memang menguras banyak energi ya, Teh. Pikiran dan perasaan pasti gak akan tenang. Lebih baik selalu positive thingking dan lebih banyak bersyukur ya...

    ReplyDelete
  9. Iya ya, kalau dalam Islam kan harus khusnudzon. Kata Allah, Aku bagaimana prasangka hambaku.. jadi harus positif berpikirnya :D

    ReplyDelete
  10. iya mbak kita harus berfikiran positif terus, karena berfikir negatif dapat menyebabkan gangguan pada batin.

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84