Tentang Menjaga Dan Menjalani Persahabatan

by - 11:31:00 AM

Assalamualaikum,

Tentang persahabatan, pertemanan dan hal seputar itu yang terasa mudah dijalani namun ternyata sukar dilakukan. Persahabatan serta pertemanan yang sehat itu memiliki dampak yang cukup besar untuk kebahagiaan hidup seseorang, ini dalam pemikiran saya. Buat saya, seorang sahabat atau teman mampu membuat kita bahagia, memberikan kenyamanan dan sejuta rasa senang. Jika bersama sahabat atau teman sudah merasakan itu, berarti hubungan pertemanan atau persahabatannya sehat. 

Persahabatan gak ujug - ujug datang begitu saja, perlu perjuangan untuk membangun persahabatan bahkan perlu pengorbanan juga. Gampang sih sebenernya nyari temen, tapi susah nyari sahabat, buat saya sih gitu. 

Buat saya persahabatan itu penting. Menemukan seseorang yang pas dengan kita (selain pasangan hidup) ada kepuasan tersendiri. Apalagi persahabatan yang sehat itu menunjang juga pada kondisi psikologis. Semakin bahagia dan harmonis hubungan persahabatan maka akan semakin sehat pula psikologis kita sebagai manusia sosial, merasa gitu gak? saya sih iya, aura persahabatan positif membuat saya lebih positif dalam menjalani hidup. Gak lebay kan saya? 

Sekarang kan bisa bersahabat online??? 

Well, memang dengan majunya teknologi semua akan semakin canggih dan juga mudah. Chit chat bersama sahabat didunia maya juga bisa kan? Buat saya sih, chit chat dengan sahabat itu lebih enak face to face, saya bisa langsung bisa mengetahui apa yang dibicarakan sahabat atau teman bicara saya, saya bisa memahami dari gerak tubuhnya juga. Ketika bertatap muka langsung akan terasa hubungan yang lebih kuat. Dibandingkan dengan hanya chatting saja, iya gak? iyalah yah supaya cepet wkwk. 



Buat saya pribadi, seorang sahabat memberikan arti khusus pada hidup, sahabat adalah mereka yang ada saat saya susah dan senang. Sahabat adalah mereka yang mampu meningkatkan suasana hati saya, bukan mereka yang menurunkan suasana hati meski kadang dalam persahabatan ada naik turunnya juga. Sahabat adalah mereka yang menularkan nilai positif dalam hidup. 

Sahabat adalah mereka yang membantu saya mencapai suatu tujuan, dan dorongan dari mereka adalah semangat. Sahabat adalah mereka yang mampu membuat kita nyaman dan bisa mengurangi rasa stress dan sedih ketika sedang ada masalah. Sahabat adalah mereka yang mendukung disaat masa paling sulit selain pasangan dan keluarga. Sahabat adalah mereka yang membuat harga diri temannya terangkat, bukan mereka yang senang menjatuhkan didepan banyak orang. 

Buat saya saking pentingnya memiliki sahabat, jadi mulai berpikir apa sih yang sebenarnya dicari dari seorang sahabat itu? 


Seorang sahabat adalah mereka yang kita percaya untuk berbagi semua keluh kesah, iya? Sahabat adalah yang ridho mendengarkan dan berbagi cerita. Persaahabatan kerjanya dua arah loh, harus saling mendukung, saling berbagi dan jangan sampai egois dalam menjalani persahabatan, rasa nyaman harus dirasakan bersama bukan perorangan. 

Ketika mencari teman atau sahabat baru, ga usah kasi kualifikasi deh, gak usah kasi kriteria yang berlebihan yang penting dalam suatu persahabatan adalah bagaimana kita menjalani dan apakah kenyamanan dirasakan bersama atau sendiri? Silakan tanya pada diri masing - masing. 

Sekian curhat saya tentang sahabat hari ini, sebenernya masih banyak yang ingin saya tulis tapi nanti deh saya lanjutkan haha kalau lagi mood




Wassalam,

Bandung 19 januari 2017 


TIAN LUSTIANA 


You May Also Like

2 komentar

  1. Enaknya punya sahabat tuh ada tempat berbagi ..suka maupun duka hehe..

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah aku punya sahabat banyak yang bisa diajak ngobrolin apa saja tanpa jaim. Bahagia bener mba kalau ada sahabat :)

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D