Bisnis Sewa Rumah Yang Aman? Ini Tips nya

by - 10:53:00 AM

Assalamualaikum, 


Bisnis properti saat ini mulai menunjukkan kemajuan yang signifikan, hal ini didukung dengan kebutuhan rumah yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Banyak penduduk Indonesia yang masih membutuhkan tempat tinggal dan belum bisa memenuhi kebutuhan primer ini. Karenanya, mereka pun mencari tempat tinggal sementara seperti rumah disewakan atau rumah dikontrakkan, kos-kosan dan sebagainya.

Bisnis Sewa Rumah Yang Aman? Ini Tips nya


Jika Anda tertarik dengan bisnis sewa rumah namun masih ragu untuk memulainya, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan agar nilai investasi Anda tetap optimal. Berikut tips berbisnis sewa rumah yang aman dan bisa memberikan hasil maksimal.

  1. Cari kawasan atau daerah industri
Kawasan industri selalu tumbuh seiring kemajuan suatu daerah. Tidak hanya ditandai dengan banyaknya pabrik, kawasan industri juga akan menumbuhkan pusat-pusat perekonomian baru, pemukiman baru dan beberapa area bisnis. Anda bisa mulai membidik kawasan ini untuk berbisnis properti dengan sasaran para karyawan pabrik, perkantoran dan pusat perbelanjaan.
Umumnya mereka berasal dari luar daerah tersebut dan tentu saja membutuhkan tempat tinggal sementara. Rumah disewakan atau rumah dikontrakkan dan kos-kosan akan menjadi hal yang paling dicari mereka.

  1. Bandingkan harga tanah
Kunci dalam investasi sewa rumah adalah cari harga tanah yang rendah. Bandingkan harga tanah yang satu dengan yang lain dalam wilayah yang telah Anda tetapkan. Cari yang paling rendah, karena semakin kecil modal yang Anda keluarkan, semakin besar pula kemungkinan modal untuk kembali.

Bisnis Sewa Rumah Yang Aman? Ini Tips nya
  1. Prediksikan masa depan
Penting bagi Anda untuk memprediksikan perkembangan kawasan tersebut beberapa tahun ke depan. Apakah pembangunan akan semakin meningkat atau justru berhenti. Anda bisa memperkirakan dengan melihat tingkat kegiatan ekonomi, pembangunan infrastruktur dan beberapa rencana pembangunan dari pemerintah sendiri.

  1. Tentukan lokasi yang strategis
Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencari dan menentukan lokasi yang strategis. Lokasi rumah disewakan yang dekat dengan fasilitas umum dan nyaman umumnya banyak diminati oleh calon penyewa.

  1. Perjanjian sewa rumah
Setelah Anda mendirikan rumah untuk disewakan di tempat yang telah Anda tentukan, langkah berikut adalah membuat perjanjian sewa rumah. Anda harus membicarakan banyak hal dengan penyewa rumah dalam sebuah perjanjian agar menjadi komitmen bersama seperti biaya yang timbul dalam pengelolaan rumah, biaya yang timbul bila ada kerusakan dan sebagainya.

  1. Miliki salinan identitas penyewa
Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, Anda wajib meminta salinan identitas penyewa untuk arsip Anda. Hal ini dimaksudkan agar Anda tahu siapa saja penyewa rumah dan bisa menghubungi mereka sewaktu-waktu.

  1. Perhatikan keamanan dan kenyamanan penyewa
Untuk keamanan dan kenyamanan, setiap kali ada penyewa baru sebaiknya Anda mengganti kunci rumah dengan yang baru. Selain itu, Anda bisa sedikit melakukan renovasi pada rumah agar penyewa baru merasa betah dan nyaman.




Itulah beberapa tips berbisnis sewa rumah yang aman dan bisa memberikan hasil maksimal. Meski bisnis rumah disewakan terlihat mudah, namun Anda tetap harus memperhatikan banyak hal agar hasilnya tidak mengecewakan. Semoga bermanfaat!




Wassalam,

Tian Lustiana

You May Also Like

2 komentar

  1. Asyik ya kalau punya banyak asset di bidang property bisa disewain..jadi pasif income deh hehe..

    ReplyDelete
  2. bisnis kaya gini enak ya, gak perlu repot cape heheheh

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84