Resep Seblak Bandung Super Pedas

by - 8:04:00 AM

Assalamualaikum,

Sebagai pecinta kuliner, tentunya sudah tak asing lagi bagi Anda dengan menu-menu makanan khas Bandung bukan. Salah satunya adalah menu makanan yang terbuat dari olahan kerupuk udang yaitu seblak. Makanan yang satu ini tak hanya bisa dijadikan sebagai santapan selingan saja, melainkan juga menu utama untuk konsumsi Anda. Tawaran harganya cukup murah dan bisa dengan mudah Anda temukan di pasaran. Tak harus datang jauh-jauh ke Bandung. Hanya saja menikmati yang khasnya dengan di beberapa penjual tentu akan sangat berbeda.

Resep Seblak Bandung Super Pedas
Photo taken from google 

Sebenarnya menu makanan tersebut tak hanya bisa Anda beli di pasaran, melainkan juga di buat sendiri. Apalagi Anda tentunya sudah tak asing dengan banyaknya menu makanan yang kurang sehat beredar di pasaran. Terkadang kerupuk yang digunakan untuk membuatnya kurang bagus, hingga bahan-bahan yang tak sehat. Khusus untuk konsumsi Anda dengan keluarga tentunya kurang bagus, apalagi jika sering-sering dimakan. Alangkah baiknya bagi Anda untuk membuatnya sendiri.


Membuat seblak di rumah bukanlah hal yang sulit, bahan-bahan semuanya bisa Anda dapatkan di pasaran dengan harga yang relatif murah. Ditambah lagi proses pembuatannya yang tak memakan banyak waktu. Kurang lebih 45 menit Anda sudah bisa merasakan hidangan nikmat khas Kota Kembang yang satu ini. Untuk lebih mudahnya mengenai resep pembuatan makanan tersebut, maka berikut ini yang bisa Anda coba, yaitu:

Bahan-bahan:

  • 50 gram kerupuk udang kecil-kecil, mentah
  • 2 buah sosis, potong tipis-tipis
  • 4 buah bakso sapi, potong menjadi beberapa bagian
  • 1 butir telur ayam
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • Kecap manis secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Minyak untuk menumis
  • Garam secukupnya
  • Bawang goreng sebagai taburan

Bumbu halus:

  • 15 buah cabai rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 2 butir kemiri
  • 1 cm kencur

Cara membuat:

  1. Siapkan panci yang sudah diisi dengan air, kemudian panaskan hingga mendidih, masukkan kerupuk udang yang sudah ada. tunggu hingga teksturnya berubah menjadi lembek. Dengan demikian ia sudah bisa diolah. Buang airnya kemudian tiriskan kerupuk.
  2. Siapkan minyak untuk menggoreng, panaskan dan masukkan telur ke dalamnya, aduk-aduk hingga telur berubah menjadi setengah matang dengan tekstur berbutir.
  3. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, tumis sebentar hingga keluar aromanya cukup nikmat.
  4. Masukkan olahan dari kerupuk yang telah Anda rebus tersebut kedalam wajan, aduk hingga rata. Anda bisa menambahkan sedikit air agar tampak basah.
  5. Masukkan potongan sosis dan juga bakso sapi, aduk-aduk hingga rata.
  6. Masukkan bumbu-bumbu seperti penyedap rasa, garam, kecap manis dan juga potongan daun bawang.
  7. Aduk semuanya hingga terasa agak kering.
  8. Setelah masalah dirasa cukup matang, selanjutnya Anda bisa icip-icip. Apakah ada yang kurang atau tidak, jika tidak maka bisa langsung diangkat.
  9. Sajikan dalam keadaan yang masih hangat. Taburi dengan bawang goreng.
Resep Seblak Bandung Super Pedas

Ada beberapa variasi dalam memasak makanan khas Bandung ini, diantaranya adalah telur bisa dimasukkan ketika makanan ini sudah dimasak, artinya pada tengah bagian, namun juga bisa dibagian awal. Khususnya bagi Anda yang kurang suka dengan aroma amis dari telur, maka bisa memilih alternatif ini. Seblak Bandung tersebut bisa Anda nikmati langsung dalam keadaan yang masih hangat, atau dimakan dengan nasi juga nikmat. Gimana asik bukan menikmati seblak buatan sendiri? Sebenernya saya jarang loh posting resep disini haha, tapi ini special buat yang pengen menikmati seblak Bandung yang khas itu. 



Wassalam,


Tian Lustiana 


You May Also Like

10 komentar

  1. Aku juga suka buat sendiri mba tapi cuman makaroni doank sama telur :) itupun uda enak pisan *yah muji sendiri* bahahaha hidup urang sunda dengan seblakna :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih enak bikin sendiri emang yah

      Delete
  2. ku penasaran ma rasanya. Dari dulu belum pernah coba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bikin di rumah, enak loh dan cocok buat cemilan

      Delete
  3. Sudah coba buat. Nggak seenak beli d warug Mbak Kokom. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dicoba lagi biar rasanya lebih enak dibandingkan warung mba kokom haha

      Delete
  4. Seblak ternyata dari kerupuk yang nggak digoreng. :o

    ReplyDelete
  5. Ragam kuliner sunda memang kasep. :v #eh

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84