Hal yang harus diperhatikan saat pemasangan AC

by - 8:05:00 AM

Assalamualaikum,

Bandung sekarang panas, beda banget sama Bandung tempo doeloe yang sejuk dan dingin. Oleh karena itulah, rasanya saya butuh pasang AC deh di rumah, biar tidak kepanasan. Pegel juga kalau gerah ngipasin diri sendiri. 

Nah, kemarin saya sudah ngobrol - ngobrol bareng suami, katanya sih sebelum membeli dan juga memasang AC di rumah ada beberapa hal yang mesti diperhatikan terlebih dulu, biar tidak menyesal dikemudian hari. Plus biar AC nantinya berfungsi secara maksimal dan juga efisien sesuai dengan kebutuhan kami di rumah. 

Apa saja sih hal yang harus dipertimbangkan serta diperhatikan sebelum membeli AC?


Tentang Ruangan, Ukuran dan Fungsinya 

Perlu diketahui bahwa penggunaan ruang ini sangat memberikan pengaruh kepada suhu ruangan. Misalnya saya mau pasang AC di kamar tidur, nah harus saya perhatikan juga penggunaannya apakah dalam ruangan itu nanti akan banyak orang atau tidak, kan manusia yang ada dalam ruangan mengeluarkan kalori yah, jadi penting nih diperhatikan. Semakin banyak orang yang nanti akan ada dalam ruangan, maka semakin besar juga daya AC yang akan dibutuhkan.

Bukan hanya itu, perhatikan juga ukuran ruangan. Berapa banyak sih BTU atau kecepatan pendinginan AC nya, oiya BTU adalah British Thermal Unit. BTU ini adalah kecepatan pendinginan yang akan menyebar pada ruangan dengan ukuran standar, dan semakin besar ruangan yang akan digunakan, tentu akan semakin besar pula dong BTU yang nanti akan dibutuhkan, ya gak?


Tentang Beban Pendinginan dan Jendela 

Perlu diperhatikan juga nih, beban pendingin kan asalnya dari dalam ruangan, yang disebut juga internal heat gain. Gini nih contohnya, misalnya kalau nanti dalam suatu ruangan, bukan hanya harus diperhatikan berapa orang yang akan berada disana, namun juga masalah lampu juga harus diperhatikan loh. Kan lampu itu mengeluarkan panas yah jadi AC nya harus dengan daya yang lebih tinggi. Perlu diperhatikan juga apakah banyak jendela sekitar ruangan atau tidak, usahakan untuk menggunakan kaca film yang mampu menahan sinar ultraviolet. Kenapa? agar mampu mengurangi beban pendinginan. 

Tentang Penempatan AC

Hmmm, perlu dipikirkan juga nih mau disimpan dimana AC nya, apalagi untuk AC Split kan harus memikirkan penempatannya, mau di dalam ruangan ataukah di luar ruangan. Untuk pemasangan dalam ruangan harus memperhatikan air flow nya dan juga blower AC. Dari penentuan air flow ini nantinya juga menentukan udara yang dikeluarkan, udara akan lebih merata dan juga menyebar sejuknya.


Selain itu, perhatikan juga letak barang, jangan sampai AC disimpan di belakang lemari, hehe kan terhalang tuh AC nya.

AC Seperti apa sih yang harus saya beli??? 

Sekarang waktunya mencari AC deh, saya diberitahukan oleh salah seorang teman tentang merk AC yang dia pakai, AC Gree. AC Gree ini adalah salah satu AC yang yang sangat memenuhi standar kualitas AC. Desain serta sistemnya pun bekerja secara maksimal, makanya memenuhi standar. Dan AC Gree ini sistem kerjanya maksimal, dengan kombinasi pengoperasian frekuensi 1Hz dan juga smart controlnya mampu membuat AC dengan daya rendah, hmm keren yah. 

Dan katanya AC GREE ini lagi booming banget di Indonesia. Karena sudah berhasil masuk ke dalam beberapa program acara di stasiun TV swasta loh, keren kan?



Kadang suka sebel ya kalau nyalain AC ada suara bising yang ganggu banget, nah AC Gree ini nyaman, karena suara serta getarannya halus, membuat tidur nyenyak deh. AC Gree juga dinginnya disimulasikan dengan perubahan alam, so suhu nya pun sesuai dengan yang diharapkan.

Jangan khawatir, AC Gree aman bagi kesehatan juga karena menciptakan udara yang sehat dengan 3D filter, ion plasma plus ada fungsi pembersih yang otomatis, oke bukan hanya keren secara tampilannya ya namun teknologinya pun patut diacungi jempol. AC Gree ini didesain dengan teknologi anti korosi, handal dan juga aman. Untuk 1 Unit AC Gree hanya dibutuhkan lebih dari 100 tahap proses produksi, dan itu ditangani langsung oleh profesional, keren.



Itu saja kelebihannya?


Ets tunggu dulu, ada lagi nih kelebihan dari AC Gree yang membuat AC Gree menjadi AC idaman, yakni promo SERATUS DELAPAN PULUH Hari Ganti Baru.

Iya bener, 180 Hari Ganti Baru. Jadi gini, 180 Hari Ganti Baru ini adalah tambahan garansi yang diberikan secara khusus, yang mana terhitung dimulai saat tanggal instalasi AC, jika AC Gree yang dibeli itu rusak unitnya maka akan digantikan dengan unit AC yang baru. Promo penggantian AC Gree ini berlaku untuk pembelian mulai tanggal 20 September sampai dengan 20 Desember 2016, dan berlaku untuk pembelian tipe AC wall mounted dan floor standing.






Sekarang saya sudah fix deh mau pasang AC di rumah. Pasangnya pakai AC Gree ini aja, karena AC Gree ini sudah banyak digunakan hampir di seluruh dunia loh, pabriknya saja menyebar hingga ke Brazil dan Pakistan. Tuh kan sudah ternama? Oke fix saya sudah jatuh hati pada AC Gree ini. 



Wassalam,

Tian Lustiana 




You May Also Like

21 komentar

  1. ooo baru tau saya kalau ada poin-poin penting dalam memasang AC, terimakasih atas sharingnya :)

    ReplyDelete
  2. 180Hari bisa ganti baru tergiur aku mba

    ReplyDelete
  3. 180Hari bisa ganti baru tergiur aku mba

    ReplyDelete
  4. Masih setia sama kipas angin XD

    ReplyDelete
  5. AC nya kok bikin saya jatuh cinta, ya?

    ReplyDelete
  6. Kalau di rumah sih nggak perlu AC, karena ventilasi nya besar banget. Awal pindah masuk angin mulu hehehe.. Tapi sebenernya kalau pas gerah, ya gerah banget terutama yang lantai 2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya asik yah kalau ventilasinya besar

      Delete
  7. Aku termasuk orang yang sering merasa gerah kepanasan.. mungkin kebiasaan pake AC atau kipas angin.. Tapi kalo pake AC yg gak terlalu dingin..cukup disetel yang sedang aja dinginnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau terlalu dingin juga malah ga enak yah, jadi enaknya sih sejuk

      Delete
  8. Wah banyak ilmu baru soal pemasangan ac nih

    sayangnya engga suka ac, kalau angin cendela sih oke oke punya mantap, whahaha

    ReplyDelete
  9. Mba Tian, aku pernah pake AC yang teryata ruangan masih tetap panas. Teryata kapasitasnya kurang gede karna ruangan yang aku pakai lebih besar :(
    AC juga harus sering2 dibersihkan ya agar sirkulasinya berjalan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kadang kapasitas ruangan dan AC kalau gak sesuai aturan malah ga sejuk atau dingin ya, jadinya panas

      Delete
  10. Harga nya mba?? aku skip ngebaca nya yaaaaa??
    Aku ganti mulu AC nih, per 3 tahun pasti AC nya hangus dan ganti baru lagi kadang kezeeeel..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung kunjungi gerainya hehe, yang pasti harga bersahabat

      Delete
  11. Wah Mbak Tia aku baru denger tuh sama produk AC Gree ini, sepertinya gak kalah bagus juga kualitasnya sama produk-produk AC yang sudah pasaran hehe.

    Tapi kendalanya cuma satu, saya alergi dingin jadi sekarang buat "ngademin" rumah lagi banyak-banyakin nanem tanaman biar lebih adem dan rindang. :D

    ReplyDelete
  12. mantap juga ya ada garansi ganti baru selama 180 hari

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D