Tentang Hashtag

by - 4:51:00 PM

Assalamualaikum, 

"Hashtagnya apa?"
Itu pertanyaan yang kerap kali saya dengar ketika sedang ada livegram atau livetweet. Hestek / hashtag atau biasanya disebut juga dengan tagar karena emang diawali dengan menggunakan tanda pagar # yang sangat femes di sosial media terutama twitter dan instagram.


Setiap posting instagram biasanya saya selipkan hashtag segambreng, pokoknya hashtag yang sedang happening aja deh biar postingan saya banyak yang love, haha.
Dasar kamuh pengejar love and like, huh. Eh tapi saya jadinya kecanduan loh menggunakan hashtag, kayaknya kalau caption instagram saya gak pake hashtag itu kok rasanya hambar, bak sayur tanpa msg #eh. 


Well, sebenernya kenapa sih harus menggunakan hashtag? Buat apa? Dan apa keuntungannya? Atau hanya demi trending topic semata? 

Sebenernya hashtag itu mulai diakui keberadaannya kapan sih? Segitu pentingnya ya sehingga hampir semua postingan di IG atau twitter pasti deh pada pake hashtag, sok aja liat kalau gak percaya. Nih coba search hashtag #BloggerBDG #Bperempuan #KEB #EmakBlogger #BloggerBandung #BandungJuara. Dan temukan postingan dari para blogger dan para influencer lainnya. 

Hashtag ini ada sejak jaman seru - seruan di twitter, 2007 apa 2008 gitu yah, pokoknya saat itu lagi ngetrend deh ngetwit pake hashtag, apapun isi twitternya yang penting pake hashtag yang sedang menjadi trending topic, masa bodo mau nyambung atau enggak *keplak*. 

Hashtag bukan hanya digunakan pada IG atau twitter, loh. Namun hashtag juga dipakai sebagai bahasa program software untuk mengelompokkan sesuatu yang sama, ya kalau diblog itu semacam tag kali yah.

Dan, hashtag ini dibuat dengan tujuan memang untuk mengelompokkan atau mengklasifikasikan topic agar gampang untuk mengontrolnya, sesuai kategori itu lah. Berkembang dan semakin maju teknologi maka jika ada acara dari brand tertentu mereka memikirkan hashtag apa sih yang paling keren dan bisa menjadi trending topic. Tergantung sih, tujuan nya dikembalikan pada diri masing - masing, seperti postingan IG saya pasti saya pakai #tianpink #ceritatian , maksudnya adalah untuk memudahkan saya aja jika nanti saya pengen nostalgia melihat postingan lama. 

Dan saya pun sering stalking sama akun IG selebgram, dan lucu - lucu loh mereka menggunakan hashtag nya, coba deh lihat akun Syahrini, dijamin mengakak deh bacanya, lucu - lucu manjah dia. 

Emang hashtag bisa tahan lama??? 

Menurut saya sih, hashtag yang sedang ngetrend dan dipakai sejuta umat pasti bakalan awet, seperti hashtag #Bandung #jakarta atau #Parenting #Blogger #Sosialmedia dan hashtag lainnya yang singkat namun padat, sekarang sih lagi happening hashtag #Relationshipgoals #lovegoals, banyak banget yang pake hashtag itu, buanyaaaak. 

Kalau pake hashtag emang bisa menambah follower??? 

Bisa jadi, bisa enggak. Misalnya nih saya lagi nyari pengguna sosial media yang suka the moffatts, maka saya cari via hashtag #themoffatts maka saya akan banyak menemukan akun yang posting dengan caption dan hashtag tentang the moffatts kan, nah biasanya saya suka follow kalau emang saya mau follow. Jadi back to personal kali yah, mau follow atau enggak. 


Kadang saya suka iseng loh nyari di google dengan keyword : tagar populer instagram, haha dan banyak juga tagar keren nan lucu menggemaskan, silakan deh ikuti keisengan saya cari tagar atau hashtag populer haha. 


Menurut temen - temen gimana? pentingkah menggunakan hashtag pada caption IG atau twitter?

Sharing yuk. 



Wassalam,

Tian Lustiana









You May Also Like

6 komentar

  1. Penting banget! Huahahah :D

    Gak tau lah Mbak, keknya gak asik aja kalok aplot foto di IG gak pakek hestek. Wkwkwk.

    Kalok di Twitter aku gak tau. Gak punya sik ._.

    ReplyDelete
  2. Aku dulu jarang pake hestek namun seiring waktu baru tau fungsinya spt mba Tian ulas hahahah...

    ReplyDelete
  3. Aku pakek hestek terutama untuk postingan iklan hahaha. Biar banyak yang nge-track. Gak enak kan sama klien yang udah bayar, tapi pas ngeliat iklannya di IG kita malah sedikit yang love.

    ReplyDelete
  4. lumayan buat bikin tulisan kalau event hahaha jadi enak ngebacanya

    ReplyDelete
  5. kayanya kalo ga pake hestek jadi kurang kekinian mba Tian.. haha

    ReplyDelete
  6. Kadang pake kadang enggak XD paling di IG aktivitas anak2..
    Suka malesss. Ke depan bakal rajin nih hoho

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D