Cerita Tian

Jangan Mempersulit, Mudahkanlah

4:47:00 PM

Assalamualaikum, 

Sebagai mahluk sosial yang hidup berdampingan dengan banyak orang. Dengan banyak bertemu manusia lain, saya menjadi tambah menyadari perihal kepribadian manusia yang berbeda - beda, ada yang senang membuat nyaman diri dan sekitarnya namun tak jarang ada juga manusia yang senangnya membuat orang lain tidak nyaman, senang nya mempersulit dan senangnya menjatuhkan manusia lainnya. Apalagi dalam dunia kerja, yang harusnya saling mendukung dan bekerja sama ini malah saling menjatuhkan dan saling memberikan ketidaknyamanan.

Jangan Mempersulit, Mudahkanlah

Padahal kan seharusnya dalam kehidupan sosial itu saling menolong, saling menyantuni dan saling memberikan kenyamanan satu sama lain. Haruslah saling memberikan kemudahan dan janganlah memberikan kesulitan. Rasulullah Saw juga bersabda bahwa siapa yang mempermudah urusan orang lain maka ia akan diberikan kemudahan oleh Allah Swt nanti di hari kiamat, namun perlu diingatkan bahwa memberikan kemudahannya dalam urusan yang baik - baik.


Ya, namanya juga manusia yang kadang khilaf dan memang manusia lah sifatnya suka mencari pembenaran atas kesalahan yang diperbuat dan menyalahkan orang lain. Dan kadang suka mempersulit urusan orang lain dengan berbagai alasan, dan alasannya agar bisa disebut lebih berkuasa dan merasa diri wah dan keren, ya pokoknya ingin membuat orang sengsara, naudzubillah semoga kita bukan dari golongan manusia seperti itu. Perkara mempersulit urusan orang lain itu dengan tidak langsung mempersulit urusan sendiri loh. Manusia yang suka mempersulit urusan manusia laiin biasanya memiliki mental feodal yang mana dia memposisikan dirinya itu berada diatas orang lain, dan dengan tujuan khusus lainnya.

Mempersulit urusan orang lain bukan hal yang remeh loh, dampaknya besar pada lingkungan sosial dan pergaulan. Hilang deh rasa percaya antara manusia satu dan manusia lainnya. Manusia memang sudah ditakdirkan hidup dalam kotak masing - masing, ada batasan yang tak nampak jika kita mempersulit urusan manusia lain, emosi yang selalu menguap, senyuman yang hilang dan rasa benci yang menyelimuti dada. Akhirnya malah ada perang dingin. Hanya ada dendam dan kebencian yang tersembunyi dalam jiwa, kedamaian hanya angan dan ujungnya? putuslah tali silaturahmi. Naudzubillah.

Padahal, manusia itu mahluk sosial yang tidak mampu hidup sendirian, yakin membutuhkan bantuan orang lain. Meski kaya dan memiliki pangkat dan jabatan, tetap membutuhkan manusia lain.

Maka janganlah mempersulit urusan manusia lain. Sesuai dengan hadist :

Barangsiapa yang memudahkan urusan orang yang mengalami kesulitan, niscaya Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat (HR. Muslim).




Semoga kita semua tidak menjadi manusia yang suka mempersulit urusan orang lain, aamiin. 



Wassalam,
Bandung sore yang mendung


Tian Lustiana 




You Might Also Like

7 komentar

  1. Aamiin semoga kita selalu intropeksi diri y mba agar memudahkan org lain :)

    ReplyDelete
  2. Jadi mari kita membantu sesama yaaa, biar segala urusan kita juga di mudahkan oleh Allah

    ReplyDelete
  3. Aku selalu yakin kalau kita mempermudah urusan orang lain, nanti Allah bakalan mempermudah urusan kita
    Aku sebel banget, kalau ngantor, pekerjaan dipersulit, kudu super perfect, dan paling suebelll kalau enggak dianggap, kok kayak enggak dihargai gitu yaaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, semoga kita semua dimudahkan dalam segala urusan, aamiin

      Delete
  4. Betul Mbak, setuju sekali. Buat apa sih mempersulit ? Dengan memberi kemudahan dalam hal apapun, asalkan bukan untuk bermaksiat kepada Allah & Rasulnya, pasti balasannya juga akan dipermudah Allah. Salam kenal aja dari tukang jualan...makasih

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook