Rabu, 12 Oktober 2016

Body Butter VS Body Lotion

Assalamualaikum

Ngomong - ngomong temen - temen pada suka pake body butter atau body lotion? Ya, keduanya sama - sama melembabkan kok. 

Sama - sama melembabkan, lalu apa perbedaannya? 

Oke, saya jelaskan ya sesuai dengan yang saya ketahui. Mulai dari body butter dulu ya. Body butter memiliki tekstur lebih berat, lebih lembab dan juga lebih kental jika dibandingkan dengan body lotion. Body butter juga tidak mengandung air, karena terbentuk dari minyak essensial dan butter. Kan kalau pelembab lain mengandung bahan pelumas seperti butter, shea butter dan minyak alami seperti minyak kelapa, zaitun atau jojoba, memang mereka itu bakalan melindungi kulit namun mereka itu akan membuat penghalang diantara permukaan kulit dan usnur luar, nah karena ada yang menghalangi itu maka seakan membuat segel lembab dan juga melindungi kulit dari kotoran. 


Manfaat dari body butter : 


  • Akan menghidrasi kulit. Body butter kan membentuk sistem penghalang yang nantinya akan menyegel kelembaban nih, jadi kulit bakal terhidrasi dari cuaca apapun. Kalau lotion tuh suka mengering karena lotion mendorong pembuangan air dikulit, kalau tekstur dari body butter ini kan kental serta memiliki nutrisi jadi cocok banget buat yang kulitnya sangat - sangat kering. 
  • Melembutkan. Pas kulit lagi kering coba deh oleskan body butter, langsung lembut loh kulitnya. Karena body butter kan banyak mengandung minyak essensial dan butter jadi bakalan mampu melembutkan kulit yang kering. Rajin memakai body butter dimalam hari akan membuat kulit semakin lembut. 
  • Melindungi kulit. Tugas body butter itu ganda loh, selain melembabkan juga memiliki peran sebagai pelindung kulit. Melindungi kulit dari racun dan juga harus menjaga kelembaban kulit. 
  • Mencegah kapalan. Body butter bisa mencegah kapalan loh, coba deh rajin memakai body butter sehabis mandi ditelapak kaki kemudian pijat perlahan dan jangan lupa pakai kaos kaki.  
Sekarang, saatnya penjelasan mengenai body lotion. jadi body lotion itu masuk ke kelas lotion karena teksturnya lebih ringan dan kandungan minyaknya lebih rendah dibandingkan body butter. Lotion lebih banyak kandungan airnya jika dibandingkan dengan body butter, dan ada lotion yang mengandung 70% air. Sekarang langsung saja ke manfaat dari body lotion ya. 
  • Mengikat kelembaban. Lotion memang biasa digunakan sehari - hari dan mampu mengikat kelembaban kulit. 
  • Menunda penuaan. Lotion juga berfungsi untuk melawan penuaan pada kulit, ada anti agingnya yang bisa meningkatkan elastisitas kulit yang kendur seiring dengan pertambahan usia, Jadi kulit lebih elastis dan kencang. 
  • Relaksasi. Lotion juga mampu membuat tubuh menjadi relax, karena kan banyak ya lotion yang mengandung aromaterapi yang memang bagus untuk emosional dan mental. Apalagi aroma lavender yang bisa menenangkan dan membuat nyaman. 
  • Memperbaiki kulit kering. Lotion bisa memperbaiki kulit kering, tapi tidak berfungsi jika hanya digunakan sesekali saja, karena jika lupa pakai lotion maka kulit akan kembali menjadi kering. Jadi memakai lotion harus setiap hari agar kulitnya tetap lembut dan lembab. 

Bagaimana? jadinya lebih suka pakai body butter ataukah body lotion??


Wassalam,

Tian Lustiana 

28 komentar

  1. Sekarang lagi pake body lotion sebelumnya bertahan body butter hehehe salah satunya yang mba jelasin menunda penuaan maklum umurnya tambah terus dan terus :D #menolak tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya disesuaikan dengan kebutuhan ya mbak

      Hapus
  2. Body butter, Mbaaaak.. :D

    Kulit ku parah keringnya sejak tinggal di Jakarta. Gak tau kenapa. Body lotion atau body cream gak pernah cukup. Jadinya harus pakek body butter. Lumayan kulitnya jadi gak bersisik lagi.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. body butter emang lebih capcus melembabkan ya

      Hapus
  3. aku termasuk orang yang sangat jarang pake body lotion.. apalagi body butter.. belum pernah, mamaakk..

    hehe... kucel banget yaa berarti :D

    BalasHapus
  4. aku suka body lotion lebih harum dan meresap cuma emang kudu pinter2 ga yang bikin peliket *duh apa itu bahasa indonesianya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang body lotion lebih wangi dan cepet meresap beda dengan body butter yang lebih moist

      Hapus
  5. Aku lebih suka body lotion. Kalau body butter kok berminyak banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya body butter cocok buat kulit yang kering banget karena emang mengandung essensial oilnya banyak

      Hapus
  6. Belum pernah coba body butter kebetulan kulitku lumayan kering mbak. Makasi infonya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang cocok buat kulit yang super kering ya kalau body butter, kembali kasi Riska

      Hapus
  7. aku pake 2-2 nya tapi di kesempatan beda :D.. kalo sehari2 cukup body lotion krn kulitku jg sbnrnya normal mba.. aku baru pakai body butter saat sdg traveling ke negara2 yg sdg winter, krn disitu kulit butuh bgt yg namanya body butter supaya ga kering krn cuaca dingin yg bisa sampe minus..

    BalasHapus
  8. wah amalh abru athu aku, makasih sharingnya

    BalasHapus
  9. Semenjak hamil kulitku jd rada kering mak jd skr pake body butter lebih moist soalnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi lembab dan lembut ya kalau pakai body butter

      Hapus
  10. Aku pakai dua-duanya.
    Kalau pagi/siang pakai body lotion, kalau malam, terutama saat mau tidur pakai body butter :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang enak pas mau tidur kasi body butter. Lembut banget pas bangun

      Hapus
  11. Body butter ini suka lengket jadi aku lebih suka body lotion aja yang langsung menyerap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lengket karena kandungan essential oilnya banyak

      Hapus
  12. Aku lebih suka body butter sih, karena cocok buat kulitku yang cennderung kering. Eh tapi kenapa kalau beli malah seringnya beli yang lotion, ya? Hehehe. Kalau body butter aku suka keluarannya Wardah, wanginya sukaaa.

    BalasHapus
  13. Ooo... baru tahu body butter nggak ada minyaknya XD Sekarang cuma punya body lotion sih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru body butter mengandung banyak minyak hehe

      Hapus
  14. Makasih Mbak Tian, menjawab pertanyaanku selama ini soalnya sering ditanya ibu-ibu kompleks beda body butter dan body lotion itu apa. Baik noted, ntar kalau lupa lagi balik lagi di sini.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon