Selasa, 13 September 2016

Niche Blog

Assalamualaikum, 

"Tian niche blognya apa?"
Pernah ada yang menanyakan tentang niche blog saya, dan saya langsung mengernyitkan dahi kala itu. Belum paham apa sih niche blog itu, hehe. Hingga akhirnya saya pun memahaminya, ya meski terlambat namun lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, benarkan?

Jujur, saya baru kenalan sama yang namanya niche blog itu tahun 2013 an deh, yah awal - awal tahun 2015. Saya blind banget sama dunia blog, yang saya tau cuman nulis dan share, udah itu aja. Jadi masalah - masalah lainnya yang learning by doing aja. 

Niche blog itu adalah bahasan terarah suatu blog, misalnya blog saya yang www.parentian.com itu niche nya parenting, dan selamanya akan membahas parenting. Jadi niche blognya lebih terarah, dan enggak beraneka ragam seperti blog saya yang www.tianlustiana.com. Dan juga blog saya yang www.happytummyhappymommy.web.id itu nichenya jelas, membahas kuliner dan makanan. Jadi jelas dong apa yang disebut niche itu? pahamlah ya. 

Sebenernya blog yang ber-niche itu lebih unik dan lebih bagus lah dibandingkan dengan blog yang isinya random seperti blog saya ini. Kelebihannya apa saja sih? 

  1. Bahasannya hanya satu tema atau satu topik, jadi jika ada yang mencari tentang satu topik maka akan dengan mudah mencarinya. Dan juga ketika mencari ide untuk posting juga ga akan pusing pala berbi, karena kan bahasannya terarah. 
  2. Memudahkan untuk membuat blog otoritas, konsen dan teruslah menulis saja intinya. 
  3. Blog akan mudah sekali untuk dioptimasi. Lebih cepat terindeks mbah Google. 

Ada kelebihan  tentu ada kekurangannya juga, blog yang memiliki niche terarah mungkin dari segi trafik akan kurang cetar membahana beda dengan blog random yang sagala aya. 

Back to personal, mau blognya dikasi niche apa mau random yang penting keep blogging aja. 


Wassalam,


Tian lustiana 

13 komentar

  1. Saya kayaknya masuk blog gado-gado nih, semuanya jadi satu.

    BalasHapus
  2. Kalau saya memilih nggak berniche biar bebas berekspresi hehe

    BalasHapus
  3. Pengen sih bikin yang berniche niche tapi teu katanagaan xixixi.... jadi we palugada :)

    BalasHapus
  4. Keren Tian mah punya dua blog lain. Saya sih cuma satu. Jadinya semua tumplek di situ. Pengen punya banyak sebenernya biar bisa ada niche-nya. Tapi ya gitu, kedulnya sering kumat. Satu aja bisa sampe jamuran kalo lagi kedul. :D

    BalasHapus
  5. Waah, blog teh tian ada 3 geningan. Aku nurutin kalimat terakhir aja ah, random dan keep blogging :)

    BalasHapus
  6. Keren pisan Mba ada 3, aku mah 1 juga uda uyuhan wkwkwk..dan nichenya pun sakahoyong sakainget saka waelah :p

    BalasHapus
  7. Sama teh...saya juga punya 3 blog lain yg ber-niche, tp skrg tinggal satu yg personal, nggak keurus soalnya, hihiii. Salam kenal Teh Tian ^_^

    BalasHapus
  8. Saya dari Purbalingga - Jawa Tengah

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon