Cerita Tian

Inilah Sebabnya Jari Menjadi Keriput Jika Terlalu Lama Dalam Air

4:21:00 PM

Assalamualaikum,

Pernah gak jarinya keriput ketika berlama - lama didalam air? Biasanya pas renang, kalau kelamaan renang jari suka keriput yah. Tapi memang gak lama sih keriputnya, bentaran juga hilang hehe. Eh tapi kenapa ya kok bisa jari doang yang keriput kalau berendam air terlalu lama? bagian lain enggak keriput kan, kenapa ya kira - kira?


Katanya sih jari suka keriput ketika terlalu lama berendam dalam air itu adalah hasil reaksi biokimia.Nah loh langsung loading deh otak saya ketika mendengar ini, apaan sih itu.
Proses osmosi air yang berpindah ikut menarik senyawa dari dalam kulit, dan meninggalkan lapisan kulit jadi kering dan keriput. 

Kulit pada manusia itu kan fungsinya sebagai pelindung bagian dalam tubuh dari kuman dan bakteri juga menjaga supaya cairan tubuh tetap aman berada dalam tubuh kita, tapi tubuh kita ini enggak waterproof yah. Siapa yang bertanggung jawab atas reaksi keriput ini? adalah si epidermis, kulit yang paling luar itu. Epidermis memiliki kandungan sekelompok sel keratinosit, kerangka pembentuk intraseluler dari protein keratin yang mana fungsinya untuk memperkuat kulit dan juga menjaga agar kulit tetap lembab. Kemudian sel ini membelah dibagian bawah epidermis dan mendorong sel yang lebih tinggi semakin lama dan semakin atas. Nah ditengah perjalanan, sekawanan sel ini akan mati, maka sel keratin yang mati lalu menciptakan lapisan epidermis sendiri dan disebut dengan nama stratum korneum. 

Inilah Sebabnya Jari Menjadi Keriput Jika Terlalu Lama Dalam Air

Keratin akan menyerap air ketika tangan direndam. Tapi bagian dalam jari gak akan membengkak. Sel keratin yang mati ini bengkak dan kemudian mulai menguasai sisa permukaan kulit, tapi sel ini sebenernya masih terhubung pada sel di bagian jari dan masih hidup tapi terdesak karena adanya pembengkakan. Hasilnya? lapisan stratum korneum menjadi keriput. Keriput terjadi hanya pada jari saja ini karena epidermis pada bagian ini teksturnya lebih tebal dibandingkan bagian tubuh lainnya. Jadi bisa disimpulkan dong bahwa keriput ini terjadi bukanlah pengaruh air, melainkan kerja sistem saraf. 

Unik kan? udah gitu keriputnya juga gak sampe lima menit sudah kembali normal. Eh bukan hanya kita manusia loh yang mengalami keriput ini, kera yang ekornya panjang juga mengalaminya. Pengeriputan jari pada kera ekor panjang disebutnya teknik adaptasi, jadi kera - kera ini didesain untuk mengenggam benda lebih mantap dalam keadaan kering dan basah. Ini dilakukan untuk membuktikan apakah respon teknik adaptasi ini sama pada manusia atau enggak. Dan sekarang masih diperdebatkan. Hmmm coba ditunggu saja penjelasan selanjutnya yaaa. Jadi penasaran saya juga hehe. 




You Might Also Like

4 komentar

  1. Ternyata posisi protein keratin untuk melembabkan kulit tho, baru tau, pantesan suka ada komposisi keratin di dalam beberapa produk skincare

    ReplyDelete
  2. Aku dulu waktu kecil seneng banget mandi lama-lama. Dan excited kalo tangan keriput. Eh sekarang nurun ke anak-anak. Mandi lama2 biar tangan keriput katanya. Wkwkwkw... Asal keriputnya gak permanen aja, ya. :)))

    ReplyDelete
  3. wah..waktu kecil suka mandi lama-lama di kali..naik2..semua jari keriput..dikira cuma faktor kedinginan..

    ReplyDelete
  4. Oalah, itu toh kenapa tanganku selama ini keriput kalau lama berendem.

    Aku suka heran soalnya, kadang keriput kadang nggk.
    But now i know wkkw

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook