Cara Memproteksi Smartphone Dari Virus

by - 2:51:00 PM

Assalamualaikum, 

Hallo, kali ini lagi pengen ngomongin virus ah, bukan virus korea tapi haha. Bukan pula virus cinta dan juga bukan virus komputer yang memang sudah diketahui bahwa penting ya menjaga atau melindungi komputer dari virus, kali ini saya tuh ingin bercerita tentang perlindungan untuk smartphone. Biasanya saya cuman ngerti melindungi smartphone itu cukup pake capdase tahan banting yang saya beli di MatahariMall.com sama anti gores smartphone aja untuk melindungi layarnya. Ternyata ada perlindungan lainnya yang penting.


Smartphone kan udah canggih yah, udah kayak mini notebook atau mini lappy buat saya dan mungkin buat semua usernya. Bukan hanya untuk menelepon atau berchatting ria namun banyak dokumen penting dan foto narsis yang tersimpan disana kan? Kebayang kalau tiba - tiba smartphone kesayangan kena virus dan menghilangkan semua data yang tersimpan, bayangkan deh betapa merana nya saya ini, sedih dan galau deh jadinya.
Jika smartphone terinfeksi virus bukan hanya merusak data tapi bisa saja langsung melenyapkan itu semua, seperti saya yang selalu menyimpan nomor rekening, password dan note penting lainnya di smartphone, begitu kena virus ya wassalam deh. Nah untuk melindunginya mending pake anti virus deh. 

Ya, memasang anti virus pada smartphone adalah langkah paling mudah. App store juga udah banyak yang menyediakan anti virus gratisan yang mampu memproteksi smartphone kita. Itu saja? enggak dong, memasang PIN atau password dalam smartphone juga termasuk langkah penting untuk memproteksi smartphone kita, saya sih pake sidik jari untuk memproteksi smartphone, cuman ya itu kalau lagi makan pake tangan dan ada chat ya sudah selesaikan dulu makannya haha, daripada smartphonenya kena rendang nasi padang.

Gambar diambil dari MatahariMall.com

Hal yang dilakukan selanjutnya adalah wajib menghindari halaman web yang mencurigakan, biasanya virus suka dengan begitu saja terinstall tanpa permisi, nyebelin banget kan? Saya pernah menerima email yang berisi link, lah saya kira itu penting langsung saja saya klik eh ternyata itu virus, ampun dijeeee. Proteksi smartphone dengan mendownload atau install aplikasi dari sumber yang legal dan terpercaya, jangan tertarik dengan aplikasi yang menggiurkan namun resikonya tinggi. 

Memang sih, smartphone sudah dibekali kemampuan kinerja yang tinggi, tapi kan gapapa kalau kita lebih berhati - hati, jangan sampai virus mudah menyerang. Bukan itu saja, enskripsi data pada memori smartphone juga efektif, saya sih enskripsi dokumen, kontak dan file penting lainnya. Oiya jangan terlalu percaya pada wifi karena kalau koneksi wifinya tidak aman itu bakalan menjadi jalan utama virus mendistribusikan dirinya sendiri pada smartphone kita. 

Kalau teman - teman gimana cara melindungi smartphonenya??? Apa cukup hanya dengan anti gores smartphone ?? 


Wassalam, 


Tian Lustiana




You May Also Like

4 komentar

  1. jadi kita jangan sembarang klik link atau konten yang tidak jelas ya mba.. karena bisa saja link atau konten tersebut adalah virus yang membuat kinerja smartphone jadi lambat

    ReplyDelete
  2. Makasih sharringnya ya Mba.. benar Mba kudu memproteksi smartphone agar gak virusan ya..

    ReplyDelete
  3. sama, aku juga pake antivirus, biasanya habis didownload langsung di scanning otomatis sama antivirnya

    ReplyDelete
  4. Wah, kalau saya nggak pernah pakai antivirus, bawaan aja apa adanya dari hape, maklum gaptek, hehe

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D