Agar Siklus Menstruasi Lancar

by - 4:34:00 PM

Assalamualaikum,

Beberapa bulan kemarin itu saya mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, entah apa sebabnya. Yang pasti saya cukup stress dengan gangguan menstruasi ini, dan ketika saya langsung ke dokter katanya saya kelelahan, ya saya lelah. Karena saya lelah makanya hormon menjadi terganggu. 



Dokter tidak memberikan obat namun ia memberikan tips agar siklus menstruasi saya kembali normal. 


Istirahat yang cukup,

Memang, sejak bulan januari lalu saya sangat kurang beristirahat makanya siklus menstruasi saya tidak lancar. Istirahat yang cukup bisa menjaga tubuh untuk tetap seimbang dan siklus menstruasi pun akan kembali normal. Oke dok berarti saya harus banyak istirahat :). 


Olah raga pra menstruasi,

Saya hanya tersenyum ketika dokter nanya, " suka olahraga?" hihihi padahal olahraga ini menyehatkan ya, namun saya suka malas. Kata dokter, olahraga yang tepat untuk saya adalah yoga, dan yoga ini juga disinyalir bisa melancarkan haid. Selain yoga, saya juga dianjurkan untuk sering jalan kaki, hmmm noted ya dok. 


Menggunakan underware dengan bahan yang nyaman, 

Saya pun dianjurkan untuk menggunakan underware dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan yang tidak kekecilan, hihihi jadi jangan pake underware yang ketat. 

Makanan,

Dokter juga menganjurkan saya untuk banyak memakan sayuran hijau, karena sayuran hijau kaya zat besi dan vitamin B. Sayuran hijau pun bisa menghitung serat yang dapat membantu masalah pencernaan dan itu berkaitan dengan siklus menstruasi. kacang - kacangan juga baik untuk dijadikan cemilan dan bisa memperlancar menstruasi.

Sejauh ini, siklus menstruasi saya yang tidak lancar dan tidak teratur ini tidak bermasalah serius. Saya hanya kurang istirahat dan kelelahan. Kalau siklus menstruasinya masih seperti ini, saya akan diperiksa lebih lanjut. Ah semoga saja tips dari dokter ini bisa membuat siklus menstruasi saya kembali lancar :). 

aamiin,


Wassalam,

Tian Lustiana 






You May Also Like

7 komentar

  1. Makasih banyak infonya mba :D kalau baca ini jadi ngerti kenapa selama ini ga lancar..
    Hihihi

    ReplyDelete
  2. Kalau stress termasuk faktor pemicu juga nggak sih Mbak Tian?

    ReplyDelete
  3. Aku akhir-akhir ini kurang menjaga kesehatan dan sekarang lagi flu juga, aku suka takut deh kalau jadwal mens nggak teratur gitu mbak. Thanks ya untuk sharenya :)

    ReplyDelete
  4. Thanks for sharing kak. Kayanya aku harus mulai jaga pola makan.
    Btw salam kenal ya, aku dari Sociolla Blogger :)

    www.elainecandra.com

    ReplyDelete
  5. harus kasih tahu sama istri nih, siklus mentruasinya suka ga teratur

    ReplyDelete
  6. Mbak, kok samaa.. aku jg bulan ini mensnya ga teratur.
    makasih banget tipsnya ya mbak

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D