Begini Caranya Agar Materi Cepat Masuk Ke Otak

by - 2:11:00 PM

Assalamualaikum,

Menjadi seorang ibu, bekerja, ngeblog, usaha dan juga menjadi seorang mahasiswi adalah hal yang kadang membuat saya stress berat, namun saya harus mensyukuri karena ini adalah pilihan hidup saya. Kuliah lagi juga pilihan saya, dan atas dukungan mamah, bapak, suami, anak dan semua keluarga. Kadang banyak yang bilang juga "ih uyuhan kaotakan." tapi alhamdulillah kemampuan saya menyerap materi dari dosen masih oke, bisa dilihat dari nilai saya yang selalu memuaskan, alhamdulillah.

Begini Caranya Agar Materi Cepat Masuk Ke Otak

Emang bisa ya???

Bisa dong, saya pun yakin semua wanita yang seperti saya bisa kok tetap menyerap materi dengan baik meskipun banyak hal yang harus dilakukan. Dan inilah cara saya agar kinerja otak saya tetap baik dalam menyerap materi yang disampaikan dosen.

Refresh Otak dan pikiran, begini yah kalau otaknya fresh maka percayalah semua materi dan pelajaran yang masuk akan dicerna secara baik. Otak yang jenuh tidak akan bekerja dengan baik dalam menangkap materi, yang ada ngantuk. Sebelum belajar, biasanya saya berwudhu dulu sih dan berdoa, karena terbiasa dari kecil seperti ini jadi alhamdulillah materi bisa tertangkap otak dan dicerna dengan baik. 

Secara bertahap. Dari dulu saya tidak pernah menghapal dengan sistem SKS (sistem kebut semalam), yang ada saya malahan jadi pusing dan ga bisa konsentrasi. Untuk saya, kalua belajar sekaligus itu bisa cepet lupa berbeda dengan jika saya belajar perlahan dan secara bertahap, nempel diotaknya lebih lama :D, haha.

Mengerti materi. Buat saya, belajar itu bukan sekedar hapal dan bisa menjawab soal, untuk saya belajar itu paham dan mengerti. jadi saya selalu berusaha memahami dan mengerti setiap materi bukan dengan menghapalnya.

Buat catatan dan rangkuman. Meskipun saya punya buku atau modulnya, saya selalu merangkum lagi materi yang sudah diberikan. Saya buatkan kesimpulannya, dengan begitu saya akan mudah memahami dan mengerti materinya.

Waktu untuk belajar. Memilih waktu yang tepat untuk belajar akan membantu dan mendukung proses belajar juga loh.

Konsisten. Penting nih, sedeiakan waktu belajar dengan konsisten. Dengan membuat time table, biasanya saya belajar bersama Marwah. Belajar bareng seru juga loh.


Wassalam,

Tian lustiana 










You May Also Like

10 komentar

  1. Di point yang ke-3 kalau sama sekali tidak mengerti materi apa yang dibahas tetap saja tidak akan masuk ke otak ya mbak hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihih iya, harus bener - bener ngerti dan paham dulu

      Delete
  2. Otak yang fresh dan fokus membuat kita lebih mudah menyerap informasi yang masuk. Boro-boro kuliah atau kerjaan,pikiran yang suntuk bikin kita jadiloading lama dan ga nyambung saat ngobrol sama orang lain hihihi. Membagi waktu buat banyak hal kayak Tian perlu energi maksimal plus hati dan pikiran yang tenang. AKu mah udah males kuliah lagi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya betul. semangat atuhlah menyerap ilmu kan tidak hanya di bangku kuliah saja, teh Efi mah lebih dr kuliah lagi pan? banyak ilmu blogger keren

      Delete
  3. Pas banget nih mbak, saya juga mulai kurang fokus, otak harus segera di fresh in :-)

    ReplyDelete
  4. Buat catatan itu penting hihi...
    apalagi bila makin banyak urusan

    ReplyDelete
  5. kayaknya pilihan kuliah juga jadi masukan Mbak Tian, kalau ambil yg gak sesuai passion jadinya juga kurang bersemangat. Eh itu saya dulu dink Mbak :D makanya sama kayak Teh Efi, udah males ambil kuliah lagi hehe

    ReplyDelete
  6. Keren euy, Tian, kamu rajin pisaaaaa. Jadi kabita pengen kuliah lagi.

    ReplyDelete
  7. Asyik ya Marwah bisa diajak belajar bareng. Kalau belajar bareng Rayyaan sekarang mah bye bye dah hihihi

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D