Kamis, 25 Februari 2016

Kenapa Pengunjung Blog Menurun???

Assalamualaikum, 

Adakah yang suka galau jika pengunjung blog turun??? Jujur loh, saya yang termasuk suka sedih kalau melihat traffik pengunjung www.tianlustiana.com atau www.parentian.com ini turun. Itu artinya mungkin artikel atau tulisan saya sudah tidak menarik lagi, hiks. Sedih kan?

Kenapa Pengunjung Blog Menurun???

Daripada sedih yang tak berujung dan terus menatap nanar traffik blog mendingan kita runut saja yuk apa sih sebenarnya yang menyebabkan pengunjung blog itu menurun? 


WAKTU 

Saat share postingan, wajib banget cek ricek waktu. Jangan share akhir pekan atau sedang masa liburan, karena para pengguna internet sedang liburan juga hehe. Kalau mau juga bikin postingan yang sesuai dengan waktu, misalnya saat liburan panjang bikin tips tentang info wisata dan info lainnya yang berkaitan erat. Atau mending ikutan liburan juga, cocok? 

TOPIK 

Buatlah postingan yang sedang hot, yang trending topic. Yang lagi panas - panasnya biasanya suka paling banyak dicari para penikmat internet. Bisa dicek ricek di google trends juga loh, jadi bisa ketahuan apa aja yang sedang ngetrend. 

JADWAL POSTING

Jadwalkan postingan kamu sesuai jam yang cocok. Atau buatkan tema harian, jadi pengunjung bakalan tahu oh hari ini sedang tema ini dan besok tema itu. Dengan begitu blog pun akan lebih terlihat jelas temanya. Misalnya senin bisa tema keluarga, selasa temanya beda lagi dan hari berikutnya. Tentunya sesuaikan dengan waktu dan kesibukan masing - masing.  

POSTINGAN KURANG BERKUALITAS 

Sebenarnya masalah kualitas postingan sih relatif yah, tergantung pembaca. Kalau kata saya keren kata orang enggak kan gimana? Jadi semua punya selera dan penilaian masing - masing. Yang harus dilakukan adalah tulislah postingan yang berkualitas, semampunya sekuat tenaga dan sekuat otak.

Postingan berkualitas itu seperti apa emang???
Konten yang isinya bermanfaat dan memberikan informasi yang baik untuk pembacanya. Biasanya pembaca blog akan betah membaca jika postingannya informatif dengan bahasa yang mudah dimengerti.

PROMOSI

Bukan hanya jualan yang membutuhkan promosi, namun seorang blogger juga butuh promosi. Mempromosikan postingannya. Jika blogger enggan mempromosikan blognya, ya mana bisa pembaca tahu bahwa ada postingan terbaru, iya kan? Ya meski beberapa blogger mengandalkan kata kunci sebagai promosi juga, eh iya gak sih?
Jangan lupa share postingan blog di sosmed pada waktu yang tepat.

Baca : Share postingan diwaktu yang tepat. 

Nah, cek yuk apakah pengunjung blognya mengurang atau malah lagi bertambah??? Oiya kalau pengunjung blog lagi bertambah jangan seneng dulu yah, perkuat pertahanan agar blog selalu ramai pengunjung yah, dan satu lagi jangan lupa untuk selalu bissmillah sebelum menulis, semoga postingan kita ini membawa berkah untuk semuanya, aamiin.

Kalau temen - temen pas blognya mengalami penurunan pengunjung, apa yang dilakukan???


Sekian dulu sharing hari ini, semoga enggak pada bosen ya bertandang ke rumah maya saya ini :).



Wassalam,

Tian Lustiana



35 komentar

  1. Klo aku sedih ketika postingan aku gak ada yang comment mak. Krn jarang cek traffik blog, jd lebih ngeh ke comment yang notifnya masuk via email.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, betul suka sedih kalau ga ada yang komen juga huhuhuh

      Hapus
  2. Kalau saya turunnya pengunjung karena gak ada postingan baru.

    BalasHapus
  3. Biasanya aku BW ke banyak blog Mba agar pengunjung kembali rame.. Dengan kiat seperti itu biasanya mereka akan BW balik ke lapakku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu memang cara paling jitu mbak Rita :), keep bw

      Hapus
  4. Kalo nurun biasanya krn aku ga ngeshare hihi. Jadi emg nyesuain artikelnya. Kalo pantes dishare ya share, kalo sekiranya biasa aja biasanya ga dishare :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihih iya suka lupa share kalau aku heheh

      Hapus
  5. mba, jujurnya aku ga prnh cek statistik blogku :D.. lah ga ngerti ceknya di mana -__-.. tp krn blog ini memang cuma utk nyalurin hobi nulis, dan supaya ga lupa ama semua traveling dan kuliner yg prnh dicoba, jd mungkin aku jg ga terlalu pusing mikirin statistik ya :D.. yg ptg ttp nulis, ttp BW, ttp dapet temen bru dari blog :)

    BalasHapus
  6. Aku seringnya posting pas weekend krn di rmh ngak ada internet hnya mengharapkan internet gratisan di kantor heheheh wahh musti bermodal dikit neh biar blog makin rame :)

    BalasHapus
  7. Makasih Mbak Tiaaann.. aku masih berusaha konsisten nih dari kesibukan. ;)

    BalasHapus
  8. setuju mak, konten, waktu share ama trend topic ngefek ke traffic. Kalo turun biasanya saya lewatin aja mak, xixixi, maklum emak (sok) sibuk, dapet update blog seminggu sekali aja udah lumayan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip :)

      Terimakasih kunjungannya mbak Riawani

      Hapus
  9. Setuju mbak, waktu juga harus diperhatikan kalau mau share postingan. Aku juga mbak, meskipun tulisanku kebanyakan cerita aku berusaha untuk kasih sesutatu yg bermanfaat atau minimal pelajaran buat pembaca blogku. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa, yang penting memberikan manfaat dan hati kita senang, iya gak?

      Thanks RIska

      Hapus
  10. Wah harus dicatet nih biar pengunjung stabil terus atau malah meningkat. Tfs ya mbak :)

    BalasHapus
  11. Waah iya bagus juga kalo terjadwal dan bertema ya, aku selama ini suka2 aja nih.

    BalasHapus
  12. Aduuuuh, tepuk jidat kalau soal jadwal postingan yang hanya jadi rencana saja #miris hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihih jangan tepok jidat tetangga yah :D

      Hapus
  13. Jawab pertanyaan terakhir deh, jemput bola...mana tau yg dikunjungi mau blogwalking balik...
    Atau nulis lengksp akan sesuatu sesuai point di atas, yg penting ada kata kunci yg bikin orang tertarik akan tulisan kita yg kebetulan mang sesuai dg kebutuhannya

    BalasHapus
  14. Tipsnya ngena banget, apalagi soal jadwal share di socmed.
    Soal socmed, memang butuh pengelolaan fanpage blog yang bagus, ya. Fan base yang lumayan bakal menjaga blog untuk tak kekurangan visitor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, fan page ya harus dikelola dengan baik

      Hapus
  15. Menang betul kalau pas weekend itu sedikit yang baca yah. Blogwalking jg bisa meningkatkan kunjungan, walopun terbatas orang2 yg blognya kita kunjungi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, harus semakin semangat blogwalkingnya

      Hapus
  16. baru denger yang namanya google trends. Mohon penjelasannya sih Mak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung masuk aja ke google trends dan nanti disana bisa search yang sedang ngetrends

      Hapus
  17. IMHO Sebenarnya gak apa-apa sih mak menurutku posting pas wiken. Dikuatkan di promote link aja di hari kerja. Kalau postingannya menarik, insya Allah pas wiken juga banyak yang melirik kok.

    BalasHapus
  18. Kalo aku, di tambahin di Path promonya, karena gak ngerti fungsinya Path sebenernya jadinya dipake promo postingan aja, haha. Lumayan satu dua visitor nambah :v

    BalasHapus
  19. Kalau aku paling ngaruh kalau kurang blogwalking.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon