kecantikan

Begini Cara Keramas Yang Benar

2:51:00 PM

Asssalamualaikum, 

Memiliki rambut indah tanpa rontok adalah idaman semua wanita, juga pria. Untuk mendapatkan rambut indah, salah satu cara merawatnya adalah dengan cuci rambut atau keramas. Dengan keramas, kotoran dan minyak yang nyangkut pada kulit kepala bakalan hilang dan bersih, tapi tak jarang loh diantara kita ini yang sering melakukan kesalahan saat keramas, bukannya rambut sehat yang didapatkan namun malah jadi rontok dan berminyak. Yang akhirnya malah jadi ketombean deh, hiks.  


Kalau keramas ga bener juga bisa jadi tempat berkembang jamur loh di kulit kepala, dan inilah cikal bakal rambut rontok. Dulu pas saya jadi PR di salah satu salon kenamaan di Bandung, saya sering mendapatkan klien dengan masalah tinea capitis ya itulah semacam jamur yang berkembang di kulit kepala dan menyebabkan kerontokan parah. Salah satu penyebabnya ya salah keramas. Meski keramas bisa membersihkan kulit kepala, namun jika keseringan keramas pun bisa merusak kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum, sebum ini fungsinya menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala. 

Setiap orang itu membutuhkan waktu yang berbeda untuk mencuci rambut, ada yang 2 hari sudah berminyak dan bahkan ada loh yang empat hari masih bersih dan oke. Yang penting itu kebersihan kulit kepala dan rambutnya bukan berapa banyak kamu sering keramas. 

Kesalahan apa saja sih yang sering dilakukan??? Nih saya kasi ilmunya yah, gini - gini juga saya pernah jadi PR disebuah salon ternama dan beautician di sebuah rumah cantik hihihi. Jadi buka rahasia deh. 

  • Ketika keramas, basahi rambut sampai merata. Jangan sampai rambut kekurangan ai saat akan mengaplikasikan shampoo. karena kalau kekurangan air efektivitas shampo bakal berkurang, jadi biar efektif kinerja shampoo nya perhatikan saat air menyiram rambut dan kulit kepala. 
  • Busa shampoo membantu menghisap kotoran pada rambut dan juga menghisap sel kulit mati biar luruh bersamaan dengan busa. Jadi jangan hemat kalau pake shampoo, pakein aja secukupnya dan berikan air dikit sebelum digosokkan ke kepala agar busanya agak banyak. 
  • Jangan terlalu kuat menggosok setiap helai rambut, karena bakalan merusak helai rambutnya. Pijat lembut saja dengan ujung jari. 
  • Kalau keadaan rambut kotor dan berminyak sekali, aplikasikan shampo sebanyak dua kali untuk hasil yang maksimal. Jadi setelah bilasan pertama, berikan shampo dan gosok kembali, kemudian bilas hingga bersih. 
  • Bilas busa shampo hingga bersih. Jangan sampai busa shampo masih tertinggal pada rambut dan kulit kepala, hal ini akan membuat kulit kepala menjadi ketombean. 

Jadi, perhatikan kembali apakah keramas anda sudah benar??? Tapi emang paling enak kalau keramasnya di salon sih, pijatannya suka bikin relax dan pengen tidur, haha. 




Wassalam,

You Might Also Like

7 komentar

  1. Jadi bila rambut kerasa kotornya bisa menyamponya diulang lagi ya, Mbak. Makasih banyak ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  2. kalo diliat dr tips tipsnya sih kayanya keramasku udah bener selama ini hehe
    terus aku sukanya pake sampo banyak2 biar busanya banyak juga :D

    ReplyDelete
  3. ternyata harus diperhatikan benar ya saat mencuci rambut :)

    ReplyDelete
  4. Harus dipraktekin nih nanti pas keramas. :D

    ReplyDelete
  5. Betul, jadi tehnik keramas yang seperti ini yang harus di biasakan biar rambut tidak timbul masalah seperti kerontokan, kering dan sebagainya. Makasih tipsnya mba bermanfaat sekali

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook