Rabu, 30 Desember 2015

Kuatkan Pondasi Dengan Mengenal Diri Sendiri

Asssalamualaikum, 

Pergantian tahun sebentar lagi, tinggal hitungan hari. Resolusi tahun lalu saja masih belum mampu saya realisasikan dengan sempurna. Membuat resolusi baru? tentu saja, dengan harapan tahun depan bisa lebih bercahaya namun kadang ketika akan membuat resolusi baru serasa ada pertanyaan dalam jiwa "mampu saya realisasikan kah?"

Kuatkan Pondasi Dengan Mengenal Diri Sendiri


Terkadang, saya berpikir dan kerap kali beranggapan bahwa dengan mengenal orang banyak itu mampu memberikan peluang yang sangat luas. Yah, benar sekali, dengan memperluas jaringan pertemanan artinya banyak jalan terbuka untuk kita, untuk saya. Tapi saya pun suka dibuai dengan itu dan melupakan bahwa sebenarnya yang memberikan andil besar untuk kesuksesan dan mimpi saya adalah saya sendiri, yaa diri saya sendiri bukan mereka atau dia. Saking terlena dengan pengaruh orang sekitar, sampai lupa bahwa kelemahan saya pun kerap dilupakan dan tidak dikelola dengan baik , saya sempat menuliskannya pada blog ini juga kok. 

(Silakan search  judul : Agar kelemahan Menjadi Kekuatan) 

Sibuk bergaul, bersosialisasi dan mencari jaringan sebanyak - banyaknya itu membuat saya selalu melihat kelemahan orang lain dan kelemahan pada diri saya sendiri terabaikan, ya karena rumput tetangga akan selalu lebih hijau. Mengenali diri sendiri, itulah yang seharusnya saya lakukan dari dulu, banyak cara yang sebenarnya mampu saya lakukan untuk lebih mengenal siapa saya sendiri, menjadi diri sendiri dalam segi perasaan, tindakan hingga pemikiran. 

Berbicara keuntungan, tentu banyak dong keuntungan yang akan saya rasakan jika mengenali dan menjadi diri sendiri, beda jika memaksakan ingin seperti orang lain, justru akhirnya bakalan kehilangan jati diri. Tentu banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenali diri sendiri, yuk kenali diri sendiri dengan  : 


  • Visualisasi serta indra penglihatan. Mudah nih menggunakan metode visualisasi ini, coba saja perhatikan apa yang sering dilihat dan sering ditemui dalam kehidupan sehari - hari. Rasakan getarannya, mana yang cocok untuk kita, mana yang dirasa nyaman untuk kita lakukan, nah disitulah passion sebenarnya. Menggunakan indra penglihat sebagai media adalah alat yang maha canggih yang mampu mengetahui apa sih yang menjadi keinginan kita itu. 
  • Perasaan. Allah Swt menciptakan manusia perasaan yang tidak akan mampu digantikan dengan alat secanggih apapun. Perasaan yang dianugerahkan inilah yang mampu menggambarkan diri kita sendiri, apakah memiliki perasaan yang sensitif, halus atau malah perasaan yang selalu marah dan emosi, silakan tanyakan pada diri anda sendiri, jawabannya silakan simpan sendiri.  Dengan perasaan, manusia mampu mengobarkan berbagai tindakan seperti marah, cemburu, sedih dan lainnya. Bahkan dengan perasaan bisa menimbulkan motivasi, lho. 
  • Pikiran. Dengan pikiran kita bisa mengubah apapun. Kunci dari kesuksesan adalah pikiran. The secret power of the think . Cara mudah mendeteksinya ya dengan pola pikir, mindset  yang dibentuk dengan proses. Cara mengenali pikiran sendiri adalah dengan cara terus berlatih dan jangan biarkan pikiran kita buntu. Isi dengan informasi yang baik dan bermanfaat. 

Mengenal diri sendiri itu layaknya pondasi yang teramat kuat untuk mengembangkan diri. Dengan memulai mengenali kelemahan demi memaksimalkan potensi, maka perlahan kita akan kenal dengan diri sendiri. Jika berhasil  mengenali diri sendiri maka peluang besar bahwa selanjutnya kita akan mampu mengendalikan diri sendiri. 

Oke, resolusi saya tahun depan adalah akan lebih mengakrabkan diri dengan saya sendiri, agar saya mampu mengendalikan diri ketika emosi atau marah. Semoga saja tahun 2016 mendatang saya bisa dan mampu menjadi manusia yang bisa mengendalikan diri saya sendiri, aamiin. 

Kalau resolusi 2016 mu apa? 


Wassalam,

Tian Lustiana






13 komentar

  1. REsolusi 2016?
    Resolusi saya Simple, semoga lebih baik dalam segala aspek kehidupan: keimanan, keislaman, sebagai anak, saudara, ibu, istri, pekerjaan, ngeblog juga, masih bisa traveling juga. *sederhana tapi sekampiun*.

    Salam kenal juga ya Mbak (tapi kita sdh saling BW beberapa kali kok)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, allahummaamiin mbak.

      Iya mbak kita udah sering bw ya hehe

      Hapus
  2. resolusi 2016 saya, hanya ditulis di kertas mbak :)

    saya berusaha utuk menikmatinya nantinya, semangat !

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama, saya juga lebih senang menuliskannya dalam kertas dan merealisasikannya dengan penuh semangat

      Hapus
  3. Resolusi 2016 banyak Mba... Mudah2an semuanya tercapai, kalaupun tidak semuanya tercapai minimal adalah pencapaian terbaik dalam hidupku, isnyaAsllah...

    BalasHapus
  4. bener, segala sesuatu itu bersumber dari pikiran, makas ebisa mungkin aku bakal berpositif thinking biar outputnya jg menghasilkan sesuatu yg positif

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa bener, lagi belajar juga untuk selalu berpikir positif :) semoga dimudahkan semuanya, aamiin

      Hapus
  5. Amiin, moga ga cepet emosi dan lebih mngendalikan amarah eeaa

    Tak ada Resolusi buatku, hanya mengikuti alur keinginan hati aja. moga lebih baik dari hari kemaren :D

    BalasHapus
  6. memang mulai dari diri sendiri, bila sudah berbenah diri amka tinggal mungunggu hasilnya

    BalasHapus
  7. aku?

    Resolusi tahun2 lalu deh maaak: agak langsingan dikit hahahaha
    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  8. Resolusiku pingin jadi ibu super buat dua anakku nanti. ^^

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon