Cerita Tian

Berbaik Sangka Yuk

10:22:00 PM

Hal yang paling menyenangkan adalah dengan berbaik sangka, bisa menenangkan hati, membersihkan hati dan menjauhkan dari perasaan galau dan bimbang, itu aja kok.

Berbaik Sangka

Berbaik sangka atau bisa disebut juga dengan berpikir positif, bukan positif hamil yah. Sebelum meniatkan hati untuk selalu berpikir positif, saya cari dulu deh definisi berpikir positif itu apa karena saya mah gak mau ikut - ikut an kata orang, jadi harus jelas dulu. Saya memang tidak terlalu pandai nih dalam masalah agama, namun saya sedang belajar dan akan terus belajar, pernah baca hadist Qudsi nih tentang apa itu berpikir positif, gini yah : 

Sesungguhnya Allah Swt berkata : "Aku sesuai prasangka hamba Ku pada Ku dan AKu bersamanya apabila ia memohon padaKU, " Hadist yang diriwayatkan oleh HR. Muslim. 
Hakikatnya adalah dengan berpikir positif itu adalah yang datang dari Allah Swt selalu baik, pasti. Kadang yah kita menginginkan sesuatu, lalu itu tidak terjadi pada diri kita. Kita kecewa dong, banyak prasangka buruk dan kecewa, namun jika kita berpikir positif "ah mungkin Allah Swt sedang menyiapkan rencana lain yang lebih baik untukku" nah kalau berpikir positif kayak gitu, yakin deh ga bakalan galau dan bimbang, cobain deh rasakan sendiri.

Tapi ya dengan belajar berpikir positif itu bukan serta merta kita meratakan bahwa semua manusia disekitar kita itu baik pada kita, yang baik itu akan selalu datang dari Allah Swt meski kadang datangnya lewat musibah, namun percayalah jika itu datangnya dari Allah Swt maka itu hal yang baik, begitu.  Dengan berpikir positif bukan juga menjadikan yang salah menjadi benar, tapi kita bisa kok menemukan kebaikan didalam kesalahan. Salah ya tetap saja salah, namun pasti ada hikmahnya. Dengan selalu berbaik sangka itu seperti memberikan peluang untuk kita sendiri agar terus melangkah dan berkarya, dan kalau berburuk sangka yang ada pikiran jadi buntu, tertutup dengan kedengkian dan kenyinyiran. Berbuat apasaja yang dianggap baik demi untuk memuaskan kegalauannya dan yang terjadi apa? bukan keberhasilan yang didapatkan melainkan tertutupnya diri dari kesuksesan dan keberhasilan.

Terus kenapa sih harus berbaik sangka atau berpikiran 
positif????


  • Dengan berbaik sangka, hidup lebih nyaman kebalik kalau kita berburuk sangka, yang ada hidup jadi sempit pokoknya semua terlihat jelek deh. 
  • Dengan berbaik sangka kita akan semakin produktif, kalau berburuk sangka malahan jadi ragu bertindak, sedangkan pada logikanya kan kita bertindak untuk mencapai sukses, kalau ga bisa bertindak dan ragu gimana caranya menggapai sukses dong?
  • Dengan memiliki prasangka baik itu sedang menularkan energi besar, nah kalau berburuk sangka malah mengikis perlahan energi.
  • Beban hidup akan terasa ringan dengan selalu berpikir positif, karena jika berpikir negatif beban hidup itu akan semakin berat.
  • Berbaik sangka akan membuat hubungan sosial dengan orang - orang menjadi lebih baik, sementara jika kita berburuk sangka yang ada orang - orang pada males deh berhubungan dengan kita, ya kan?
  • Meski banyak potensi dan motivasi, yakin deh bakalan hancur kalau dengan berpikiran negatif.

Beberapa hal yang bisa dilakuka agar bisa selalu berbaik sangka : 


  • Dengan berdoa, doa adalah pintu untuk semua kebaikan. Nabi Muhammad Saw saja selalu memohon kepada Allah SWt untuk selalu membersihkan hatinya supaya selalu berbaik sangka. Karena indikasi hati yang bersih itu adalah dengan selalu berbaik sangka. 
  • Coba deh, sekali saja memikirkan bagaimana kalau kita berada di posisi orang lain, coba deh renungkan.
  • Selalu ingat akibat apa yang akan muncul jika kita berburuk sangka. 
Simple sih sebenarnya namun emang sulit jika tidak dicoba dilakukan. Kuncinya adalah coba dominasi pikiran oleh ide, informasi, konsep dan semua hal yang positif. Jika otak merespon maka hati akan mengikuti. 

Oke, lets change our mind and lets change our life. Keep smiling and positive thinking. 


Love,


Tian Lustiana

You Might Also Like

12 komentar

  1. lebih nyaman berbaik sangka memang ya mak, tp kalok sm org asing aplagi gelagatnya mencurigakn ya berbaik sangka kudu diilangin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bener sekali mak Inda.
      Thanks sharingnya

      Delete
  2. Berbaik sangka membuat hidup dan dunia lebih indah dan lebih mudah. :)

    ReplyDelete
  3. makasih bikin mengingatkan diri untuk selalu berbaik sangka.kadang kita belum2 sudah berburuk sangka sama orang apalagi sama yang kita gak sukai

    ReplyDelete
  4. Setuju. Berbaik sangka membuat hati nyaman. Ga cape hatiii

    ReplyDelete
  5. Banyak hal baik yang sulit dilakukan, salah satunya adalah berbaik sangka. :D Memang udah sifat dasar manusia kok

    ReplyDelete
  6. Mudah2an kita bisa selalu menjaga hati dan berbaik sangka terus yah Tiaaaaan...agar tak lelah hati ini hehehe...

    ReplyDelete
  7. pada dasarnya aku jg bukan tipe yg suka usil ama urusan org lain sih mba.. jd kalo ngeliat/mndengar berita yg sepertinya jelek, aku cndrung suka masabodo... tetangga mw ngapain kek, ya itu urusan dia juga, asal ga ganggu aku aja :D.. males mikirin yg jelek2, cm bikin pusing toh... dan lagian itu ga ada hubungannya ama kita jg biasanyakan.

    ReplyDelete
  8. Berbaik sangka, jangan lupa waspada.

    ReplyDelete
  9. berbaik sangka membuat pikiran lebih tenang, karena gak berpikir yang tidak-tidak

    ReplyDelete
  10. aku berkali2 ngalami kejadian ngga enak krn berbaik sangka tp gk waspada. sprti ilang hp gitu. betul jg kata mba lusitris, jgn lupa waspada :)

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook