Agar Kelemahan Menjadi Kekuatan

by - 7:27:00 PM

Assalamualaikum, 

Terkadang kalau mengakui kelemahan itu kok seakan kalah yah, seakan kecil dan seakan tiada guna gitu, perasaan saya sih suka gitu. Memang bukan hal yang mudah sih, malahan kalau kita mengakui kelemahan dihadapan pesaing, yang ada malah kalah, gitu kan? Namun, sesungguhnya kelemahan itu bukanlah hal yang akan membuat kita kalah, menderita dan terpuruk, bahkan bakalan menjadi sesuatu yang menguatkan jika kita mampu mengolahnya dengan baik. 

Agar Kelemahan Menjadi Kekuatan


Dibalik kelemahan itu sebenarnya tersimpan berjuta kekuatan, dulu guru saja suka sekali menyemangati anak muridnya dengan nasihat itu. 


Kelemahan jika diarahkan dengan baik itu  bisa berubah menjadi kekuatan yang akan memboyong ke arah kesuksesan. Setiap manusia sudah ditakar kelemahan dan kekuatannya masing - masing. Dengan mengakui kelemahan yang dimiliki, itu seolah sedang memacu untuk terus belajar supaya kelemahan itu bisa diolah dan agar tumbuh menjadi sebuah kekuatan. Bahaya jika kita tidak menyadari kelemahan kita sendiri dan selalu melihat kelemahan orang lain, yang ada malahan tidak mau belajar dan selalu bersikap sombong. 

Menyadari kelemahan yang dimiliki 

Jujur, saya sendiri kadang suka lupa bahwa saya sebagai manusia itu memiliki kelemahan, terutama kelemahan yang saya miliki dalam keseharian yang berhubungan dengan pekerjaan atau hal lainnya. Kalau sudah stuck barulah saya sadar bahwa saya punya kelemahan juga. Apa kelemahan ini membahayakan??? Tidak kok, kelemahan justru bisa menciptakan peluang baru untuk belajar dan terus menggali potensi diri sendiri. Hanya saja harus bisa memanfaatkan dan mengolah dengan baik saja. Mintalah respon dan pendapat dari orang terdekat seputar kelemahan kita. Usahakan juga, yang memberikan pendapat dan respon harus jujur dan juga kita sendirinya harus ikhlas tentunya. Ikhlas mendengarkan pendapat mereka tentang kelemahan. 

Akui Kelemahan

Susah, susah sekali untuk beranjak ke tahap ini, tahap mengakui kelemahan. Tahap ini semacam penjatuhan harga diri, dimana kita mengakui kelemahan yang kita miliki . Penting, memiliki sikap rendah hati, dengan rasa rendah hati ini mengakui kesalahan tidak sesadis menjatuhkan harga diri. Meski sebenarnya mengakui kelemahan itu bukan berarti lemah, bahkan merasa kuat kalau memang mampu mengatasinya dan sadar bahwa memang iya kita lemah pada hal tertentu. Saya, sebisa mungkin belajar mengulik kelemahan dan terus mengasah kelemahan ini agar bisa menjadi kekuatan saya. Yang penting, percaya diri. 

Kelola Kelemahan 

Sudah disebutkan berkali - kali, bahwa mengelola kelemahan itu baiknya dengan belajar dan terus belajar. Bukan hanya itu namun berlatih dan praktek juga cukup memberikan kontribusi agar kelemahan diubah menjadi kekuatan. Dengan terus belajar, berlatih dan praktek ini akan mengasah kemampuan juga, utamanya jika memang serius. Dengan latihan dan belajar yang serius inilah yang nantinya bakalan mengantarkan ke gerbang kesuksesan dan inilah yang akan membuat kelemahan menjadi kekuatan. Kan bukankah bisa itu karena terbiasa??? 

Mengakui kelemahan ternyata tidak serta merta membuat kita lemah, tapi justru memicu semangat untuk menjadi yang lebih baik lagi. 

Didalam setiap kelemahan itu percayalah akan ada kedahsyatan kekuatan kita yang selama ini tersembunyi. 

Semoga sharing ringan ini bisa membukakan kekuatan yang ada dan menyingkirkan kelemahan kita semua, aamiin. 

Wassalam,

Tian Lustiana


You May Also Like

6 komentar

  1. Mengakui kelemahan akan mendorong kita untuk introspeksi ya mak

    ReplyDelete
  2. setujuu! Mengakui kelemahan dan menerima kelemahan itu justru membuat kita tambah semangat memperbaiki diri. Mengakui kelemahan berarti mengenal diri sendiri, kalo udah kenal terus jadi sayang deh sama diri sendiri. Hehe :)

    ReplyDelete
  3. Tips keren, Mba Tian. Daripada minder yah, lebih baik kelemahan itu diolah untuk menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  4. Lemah itu sesuatu. Bisa menggali potensi yang lebih. Karena ada kelemahan pasti ada kekuatan yang lain

    ReplyDelete
  5. setuju Mak. Kalo kita menyadari kelemabahn kita, artinya kita punya kesempatan unntuk terus belajar memperbaiki diri. Nice share Mak ^_^

    ReplyDelete
  6. Kelemahan diri kita, hanya kitalah yang pasti tau, sehingga kita pulalah yang harus mengelolanya agar kelemahan itu tidak bercokol dalam diri. Semangat, semangat, semangat, itu senjata buat kelemahan kita. Tanpa semangat, kelemahan akan semakin terpuruk.

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D