tips cantik

Tips Merawat Rambut Untuk Yang Berhijab

3:55:00 PM

Dulu, saya paling senang mewarnai rambut. Mulai dari full colour sampe highlight pernah saya jabanin. Rambut lurus jadi keriting dan lurus lagi pun pernah, berbagai produk pewarnaan dicoba sampai pada akhirnya saya memutuskan untuk berhijab dan kemudian perlahan meninggalkan hobi itu, hobi bereksperimen dengan rambut. 


2010, mantap berhijab dan stop bereksperimen dengan rambut. Karena berhenti melakukan hobi maka saya pun lupa untuk tetap merawat rambut, dengan alasan yang simple "ah dikerudung ini," . 

Tips Merawat Rambut Untuk Yang Berhijab






Padahal merawat rambut mah wajib, mau dikerudung apa enggak.  Karena rambut tetap merupakan mahkota wanita, sekalipun untuk wanita muslimah yang berjilbab. 


Tips sederhana yang saya lakukan selama ini untuk merawat rambut, semoga bermanfaat : 


  1. Memilih bahan jilbab. Karena keseharian saya berjilbab, maka penting nih untuk memilih bahan jilbab yang dapat menyerap keringat. Karena jika keringat berlebih dan bahan jilbab tidak menyerap keringat, takutnya malah menimbulkan ketombe, rambut yang jadi mudah rontok, lembab dan bau apek. 
  2. Jangan memakai jilbab ketika rambut basah. Kebiasaan saya nih, suka keramas pas mau ke kantor dan langsung dijilbab dengan kondisi rambut yang masih basah. Padahal rambut yang masih basah jika langsung ditutup itu bakalan cepat berketombe, gatal dan juga suka bau appek. Waib lho mengeringkan rambut dulu sebelum memakai jilbab. 
  3. Jangan terlalu kuat mengikat rambut. Kalau terlalu kencang mengikat rambut, bakalan membuat rambut jadi mudah patah dan bercabang. 
  4. Keramas dengan teratur. Penting nih untuk kebersihan kulit kepala serta rambut. Coba pilih shampoo yang tepat dan oleskan juga vitamin agar rambut ternutrisi. 
  5. Istirahatkan rambut. Ketika di rumah, saya suka buka jilbab. Ini saya lakukan untuk memanjakan rambut agar rambut bisa beristirahat dan bernafas, dengan begitu rambut bakalan lebih segar dan sehat. Lumayan bisa mengurangi ketombe karena akan meminimalisasikan kelembaban kulit kepala. 
  6. Perbanyak makanan bernutrisi. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi  B-6, vitamin B-12, Vitamin C, vitamin E dan perbanyak protein. Bisa dengan mengkonsumsi sayuran hijau, buah dan kacang. 
Tips Merawat Rambut Untuk Yang Berhijab
Dengan begitu rambut akan tetap sehat, segar dan terawat meskipun berjilbab seharian. Karena meski berjilbab rambut kan harus selalu sehat dan segar, jangan sampai rontok dan berketombe. Meskipun berjilbab, namun rambut tetap harum dan indah seperti model iklan shampoo. 

Benarkan???

Jadi, apa tips andalanmu untuk rambut indahmu????

You Might Also Like

15 komentar

  1. Tipsnya sudah diterapkan sama istri saya sepertinya. Hehehe. Saya kagum deh sama perempuan berjilbab akan kerajianan merawat rambutnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe meskipun berjilbab harus tetap dirawat rambutnya hehe

      Delete
  2. Sampai sekarang rambutku masih di warnai mak, xixixi...
    Di keramas dua hari sekali, pake vitamin rambut dan hidup juga makan yg sehat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih sama mak, saya juga masih seneng mewarnai rambut :D wkwkwkwkwk, biar di rumah tetep keceh ya mak

      Delete
  3. Kalo aku sih pake cara tersimpel Mak, yaitu potong pendek kayak laki :D Enteng dan nggak rontokan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih awalnya saya berpikiran seperti itu mak, tapi suami protes hehehe :D sebenernya emang enakan rambut pendek gitu ya enteng dan ga ribet ngurusinnya :D

      Delete
  4. Saya juga sering mbak rambut masih belum kering benar udah pakai kerudung krn tergesa-gesa mau berangkat kerja...seharusnya kan harus benar-benar kering dulu ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang kalau lagi buru - buru suka pengen cepet2 kerudungan aja ya :D

      Delete
  5. Iya bener tuh, Tian. Rambut yang masih basah kalau dikerudungin bikin bau dan lama ilangnya. Nyebelin, jadinya *malah curhat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih iya sebel kalau udah bau ga ilang ya

      Delete
  6. Kebiasaan sy juga tuh, Mak. Belum kering rambut udah pakai jilbab.
    Maklum baru mandi kalau mau pergi #eh :p

    ReplyDelete
  7. Kebiasaan buruk juga nih ya, abis kramas langsung dikerudungin. Aku juga sering gitu, atau kadang gak sisiran, hihiii... trus rambutku mbundet. Akhirnya pakai masker perawatan rambut yang bentuknya elips, ish ngiklan :D

    ReplyDelete
  8. kadang lupa kadang inget mbak tian.... apalagi kalo pas buru2 mau pergi hehehe

    ReplyDelete
  9. Wah...patut dicoba nie, soalnya klo sya sering langsung pake jilbab..

    ReplyDelete
  10. Aku dulu sering bngt cat rambut juga. Waktu pertama jilbaban smp ditanya, salah warna rambut ya? Stlh jilbaban jd rada nggak peduli rambut, jadinya ubanan merata :((

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook