kecantikan

Kenapa Pori - Pori Wajah Membesar??

11:28:00 AM

Suka sebel deh kalau pas ngaca keliatan pori - pori gede, ganggu banget. 

Kenapa Pori - Pori Wajah Membesar

Pori yang besar biasanya ditemui pada mereka yang jenis kulitnya berminyak, kayak saya hehe. Pada mereka yang berkulit kombinasi juga bisa ditemui sih terutama pada daerah T yaitu area hidung dan dahi. Pori membesar biasanya terjadi pada masa usia produktif. Hormon androgen adalah pencetus yang memicu meningkatnya produksi kelenjar minyak dan akhirnya diikuti oleh pori - pori yang besar dan melebar. 

Pelebaran pori terjadi pada proses penuaan dan terjadi secara alamiah karena kulit yang lama - lama akan mengendur karena gaya tarik menarik pori yang tertarik ke bawah sehingga tampak lebar. Bukan itu saja, pengaruh kosmetik yang kurang tepat juga bisa membuat dan merangsang pelebaran pori - pori kulit wajah. 

Kenapa Pori - Pori Wajah Membesar
Scarnya keliataan banget kan? harusnya bisa disamarkan pake bedak tapi saya gak suka pake bedak jadi ya sudahlah :D 

Padahal kan saya pengennya kulit itu mulus dengan pori - pori kulit wajah yang kecil, tapi harapan tinggal harapan karena ternyata pori - pori besar ini memang diciptakan sendiri oleh beberapa kebiasaan buruk dan kesalahan yang sering dilakukan dalam merawat wajah, hiks. 

Inilah kebiasaan buruk yang sering saya lakukan, sehingga pori - pori kulit saya besar, hiks. 

Suka gateeel banget deh kalau ada komedo atau jerawat di wajah apalagi pas hidung, tangan ini suka centil pengen mencet - mencet. Kebayang deh itu tangan bekas megang uang atau apalah kemudian megang dan mencert komeda hidung atau pipi plus saya gak ngerti teknik nya gimana, alhasil pori - pori jadi membesar deh. Pernah gatel juga ga tangannya suka mencet - mencet??? 

Terus pas ritual cuci muka. Niatnya sih pengen bersih dan kinclong tuh muka jadi saya gosok deh kulit wajahnya dengan sabun kenceng - kenceng. Bukannya malah bersih malah lecet, wkwkwk. Dan ritual menggosok ini juga menyebabkan pori - pori semakin melebar, oke saya akhiri deh gak lagi menggosok kulit wajah, menggosok baju aja biar lebih positif, hueheheh. 

Akibat pelebaran pori dari kebiasaan memencet jerawat dan komedo diarea hidung maka muncullah scar, hiks. Scar acne saya dikit sih tapi kentara banget, pas di hidung. Kebayang hidung minimalis ini ada scar acne nya, kebayang gaaa??? 

Jadi, perlahan kebiasaan buruk itu sudah ingin saya hentikan, terutama suka gatel mencetin komedo dan jerawat. Selain itu juga perawatan kulit wajah harus pas sesuai dengan jenis kulit, jangan sampai salah perawatan bisa gawat tuh. 










You Might Also Like

22 komentar

  1. Saya suka gemes sama komedo Mbak, rasanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih sama berarti kita yah, tukang gemes sama komedo :D

      Delete
  2. Tiaaan...
    Aku mah gak pernah mencet komedo siiih...
    Sukanya dicabutin aja pake pinset! Bhahahaha....
    *leuwih parah*

    ReplyDelete
  3. pori2 besar saya banget, iya saya jadi ingat cuci muka pakai air beras juga bisa lho..dicoba sabunnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sabun beras emang bagus sih buat ngecilin pori - pori juga :D

      Delete
  4. Kalau udah terlanjur besar gimana ngecilinnya dong.. request buat tips selanjutnyaa yaah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, saya sudah bikin draftnya kok hihih

      Delete
  5. betttul, gemes banget kalo udah mencetin komedo

    ReplyDelete
  6. tanganku juga gatel banget kalo liat jerawat nemplok di pipi :D

    ReplyDelete
  7. kalo saya suka mencetin jerawat yang baru tumbuh mbak tian, akibatnya bekas jerawatnya menjadi hitamdan porinya membesar :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dan kalau sudah jerawatnya hitam dan pori besar baru nyesel ya mak :D

      Delete
  8. Aduh, saya sulit tahan tangan usil, kalo ada komedo/jerawat pasti diusilin. Jadi kulit ada bekas jerawatnya. Hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih sama berarti yah, suka ga bisa nahan

      Delete
  9. kalo ngilangin komedo gimana caranya, mak Tian? hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keingetan nih, saya pernah kepikiran buat possting itu, hihih jadi ide buat posting. Nanti saya colek ya mak kalau sudah posting

      Delete
  10. ini masalahnya sama nih sama wajahku.. pori-pori membesar dan kalau pakai bedak suka gak rata jadinya.. Mungkin sudah hukum alam ya Mba.. semakin umur bertambah semakin kendur ya tekstur kulit di wajah.. kudu menjalani perawatan ya Mba utk menjaga kestabilan tektur kulit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa usia 30 tahun keatas saya rasa wajib nih perawatan biar kulir wajah tetap sehat dan cantik :D hehe

      Delete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook