Kenali Fungsi Kulit

by - 9:21:00 AM

Sering banget kita mempertanyakan " ini ketergantungan gak? terus kalau udah ga pake tar wajah kusam dan jerawatan lagi gak sih?". 

Oke, sebelumnya mari deh kita kenalan dulu dengan fungsi kulit. Kulit adalah bagian yang sangat dan paling luas yang ada ditubuh, benarkan? Coba deh cek. Dan mencapai 15% dari berat badan kita, dengan ketebalan sekitar 1,5 sampai dengan 4 cm, hebat banget kan kulit itu. Kulit juga memiliki banyak peranan penting, diantaranya sebagai pelindung infeksi dari luar, bisa dibayangkan engga kalau tubuh kita engga ada kulitnya, syerem. Pembentukan vitamin D juga dilakukan oleh kulit, racun sisa metabolisme tubuh kitapun dibuang oleh kulit, suhu badanpun kulit yang mengaturnya hingga menjadi tempat pembentukan pigmen dan masih banyak lagi fungsi kulit yang penting. 
Kenali Fungsi Kulit
Gambar diambil dari : nano-spraycenter (dot) com

Kulit memiliki tiga lapisan utama, epidermis yang tiada lain dan tiada bukan adalah bagian yang paling luar dari kulit kita, coba pegang. Nah itulah epidermis. Dermis adalah bagian kulit yang didalam, dan agak susah untuk dipegang, subkutis ini biasa disebut juga dengan jaringan lemak. Epidermis memiliki ketebalan 0,4 - 1,5 mm dan kemudian dibagi menjadi lapisan basal ( lapisan epidermis paling bawah yang menjadi tempat untuk pembentukan sel warna kulit atau melanosit ), lapisan spinosum, lapisan granulosum, lapisan lucidum dan lapisan corneum atau lapisan yang biasa disebut sel kulit mati atau kulit ari yang tipis dan banyak mengandung protein. 

Kulit itu pun ber-regenerasi atau berganti dalam tenggang waktu empat minggu atau sekitar 28 hari, regenerasi ini lebih utama pada bagian epidermis berganti dari lapisan basal menjadi lapisan korneum. Ganti kulit ya kayak ular, hehe. 

Pernah merasakan kulit kering terus bersisik gitu? Nah pada saat itulah kulit sedang ber-regenerasi, artinya kulit kita bakalan diganti menjadi kulit yang baru. Penting banget tuh luluran atau scrubing ya minimal empat minggu sekali pas kulit kita lagi regenerasi, jadi sel kulit matinya keangkat. 
Kenali Fungsi Kulit
Gambar diambil dari : deepbeauty (dot) blogspot (dot) com

Inilah jawabannya kenapa kita perlu melakukan perawatan kulit, baik wajah atau badan. Karena kalau kulit tidak dirawat, pas regenerasi itu sel kulit mati takutnya numpuk dan akhirnya kusam deh, wajah jadi berflek dan jerawatan. kebayang kalau terus - terusan dibedakin tanpa dirawat, sel - sel kulit mati yang harusnya pergi malahan jadi numpuk deh, pori - pori ketutup bedak, kasian kulit deh. 

Jadi, masih mau menanyakan ketergantungan atau tidak??? 









You May Also Like

2 komentar

  1. Huaaaa akhir2 ini aku malas scrub + maskeran. Pantes muncul jerawat

    ReplyDelete
  2. udah lama ga luluran, hihi, mandi lima menit aja anak udah jerit-jerit, hihihi...

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D