Maafkanlah

by - 11:16:00 AM

Setiap hati pernah terluka, 
setiap jiwa pernah tergores pedih,
Dan setiap manusia pernah merasakan sakit hati,
Namun memaafkan dan ikhlas adalah kunci kesembuhan hati,
maka maafkanlah orang yang melukaimu...

Sumber Gambar : rakyat.blog.uk
Saya rasa tidak ada yang tidak pernah merasakan sakit hati, entah siapa itu orangnya. Saya yakin semua orang pernah merasakan sakit hati. Sakit hati banyak definisinya, banyak pengertiannya dan tergantung pada diri orang itu sendiri. Perselisihan paham, perbedaan pendapat, hingga kesalahpahaman yang bisa menorehkan luka dalam hati. Dan konon, luka dalam hati itu susah sekali hilang, akan ada torehan luka diujung nanti. 

Namun, jika ikhlas dan ridho memaafkan, insyaa Allah torehan luka itu sirna, hilang tanpa bekas. Karena orang yang memberikan maaf sesungguhnya adalah orang berhati mulia. 


" Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta jangan pedulikan orang - orang bodoh " QS. Alquran 7 : 199 ) 

"Dan janganlah orang - orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan diantara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang - orang yang miskin, dan yang orang - orang yang berhijrah pada jalan ALLAH dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang" QS Annur : 22 

Jadi, jelas sudah bahwa memaafkan adalah perbuatan mulia yang dicintai Allah Swt. mari belajar memaafkan dan melupakan segala bentuk  sakit hati yang orang lain berikan. Karena dengan keikhlasan dan maaf, maka ketenangan hatipun akan tercipta. Saya mohon maaf atas semua kesalahan dan ke khilafan saya kepada seluruh teman, saudara dan pembaca blog ini yaaa... Karena manusia memang takkan pernah luput dari dosa... 

You May Also Like

5 komentar

  1. Sama-sama Mbak.
    Saya juga minta maaf yaa...

    Manusia mbak, kadang sulit sekali memaafkan.

    ReplyDelete
  2. walaupun terkadang memaafkan itu sulit, tapi selaku manusia sudah selayaknya memaafkan dan meminta maaf.

    ReplyDelete
  3. Mbak Tian, aku juga minta maaf ya,,takutnya ada salah kata saat aku nulis komen :)

    ReplyDelete
  4. Memaafkan secara lisan lebih mudah mak tapi kadang di hati masih gimana gitu *belajar ikhas

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D