5L untuk menjelang 60 tahun

by - 10:34:00 AM

Pernahkan terbayangkan, akan jadi apa sih saya di usia paruh abad? Saya sih sering banget terbesit itu dalam benak, namun yang sering saya pikirkan itu adalah " apa sih yang akan saya lakukan jika saya berusia 60 tahun atau lebih?", kadang saya suka melepaskan tali layar dan berlayar dari pelabuhan muda ini, menelusuri pelayaran diusia 60 tahun mendatang, dimana saya akan tetap bereksplorasi, bermimpi dan akhirnya saya menemukan dermaganya. Haha yaa saya memang senang bermimpi, hey Tian usia 60 tahun kelak bukan mimpi lho, namun akan jadi kenyataan, kamu akan menjadi tua, iya tua. 

Bagi sebagian orang usia adalah hal yang sangat tabu dipertanyakan, khususnya bagi perempuan. Namun itu tidak berlaku untuk saya. Saya senang lho apabila ada yang menanyakan " umur berapa?", atau ada yang bertanya " anaknya berapa tahun?" , seneng banget deh kalau sudah ada yang nanya kaya gitu, karena mereka akan kaget dengan usia saya dan usia anak saya, dan ketahuan deh kalau saya menikah dengan usia yang sangat muda belia, halah. 

Setiap manusia menginginkan usia yang panjang dan barokah tentunya, termasuk saya. Siapa sih yang tidak menginginkan usia panjang? Nah kalau memang ingin usia yang panjang, maka pereratlah tali silaturahmi, bukankah begitu? 

Ada beberapa hal yang saya sudah lakukan dan akan saya lakukan agar usia saya sampai pada usia 60 atau lebih, adalah 5 L alias live, learn, laugh, love and lead. Simple bukan? selain 5L itu hal terpenting adalah selalu bersyukur dan selalu mengingat Alloh swt dan beribadah. 


Kita hidup (Live)  mensyukuri apa saja yang kita terima, nafas dan usia yang diberikan Alloh adalah hidup yang patut disyukuri setiap saat. 

Kita belajar (Learn), belajar tentang apa saja. Tentang hidup, tentang kesabaran, tentang hal yang akan membuat kita hidup lebih lama lagi didunia, karena kita hidup hanya satu kali. Belajar yang banyak untuk bekal nanti diakhirat dan belajar yang banyak untuk bekal hidup. Hidup dengan banyak pembelajaran tentunya akan lebih terasa hidup dibanding hidup tanpa belajar banyak, iya kan? Maka belajar yang saya lakukan untuk hari tua saya adalah belajar untuk menyisihkan uang pensiun kelak, mengingat saya bukanlah pegawai negeri yang nantinya akan diberikan pensiun oleh pemerintah, maka sedari dini saya belajar mengumpulkan segala kemampuan untuk memenuhi kebutuhan masa tua nanti agar tidak menyusahkan anak cucu.

Kita tertawa (Laugh), tertawa adalah sebagian usaha untuk memperpanjang usia, katanya sih obat awet muda. Ga ada salahnya mari kita selipkan tertawa dalam setiap hidup dan langkah kita agar tetap awet muda. Tentunya tidak boleh tertawa sendiri yaaaa? 

Kita dengan cinta (Love), cinta adalah hal yang tidak pernah luput dari jiwa ini dan hidup ini. Dengan cinta kita akan merasa lebih hidup. Cintai diri sendiri lebih dan hal ini pun akan membuat usia lebih panjang, tercapai deh insya Alloh usia 60 tahun itu. Mencintai diri sendiri dengan tidak membiarkan tubuh ini terkontaminasi makanan berbahaya, cintai tubuh ini dengan memberikan suplemen yang sehat. Mari cintai diri sendiri. 

Kita memimpin (Lead), kita semua terlahir menjadi pemimpin, memimpin diri sendiri tentunya hal yang paling nyata. Mari menjadi pemimpin diri sendiri agar suatu saat kita tua kita bisa lebih bijak dalam melakukan sesuatu. Optimalkan fisik, mental, emosional dan spiritual kita untuk hari - hari fantastis di 60 tahun mendatang. 

Hidup, belajar, tertawa, cinta dan memimpin, dimana dalam usia 60 tahun nanti maka akan meningkatkan 5 dimensi kehidupan kita, kehidupan mental, emosional, fisik bahkan keuangan dan spiritual. 


Inilah beberapa usaha yang saya lakukan dan akan terus saya lakukan, dan yang terpenting dalam usaha ini adalah selalu beribadah dan perkuat spiritual kita pada Alloh Swt sang maha pencipta. 



Artikel  ini diikutsertakan pada Giveaway Seminggu:  Road To 64




You May Also Like

21 komentar

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Giveaway Road to 64 di BlogCamp
    Segera didaftar sebagai peserta
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. Wah, tips yang mudah diingat, mbak :) . Semoga menang di GA-nya, mbak. Sama-sama peserta, nih. Hehe..

    ReplyDelete
  3. ramuan 5 L untuk membuat hidup menjadi lebih bermanfaat..., selamat berlomba..semoga menjadi salah satu yang terbaik....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, terimakasih
      Salam kembali dari Bandung

      Delete
  4. road to glory, semacam resolusi gitu ya mbak.
    dan 5L nya mantap tu mbak, sukses untuk GA Pakdhe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya resolusi untuk masa mendatang,,, Aaminn makasih

      Delete
  5. tapi terkadang saya tertawa sendiri lho mbak. menertawakan kebodohan yang sudah saya lakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi awaas jangan tertawa pas banyak orang :D

      Delete
  6. mantaff, layak di praktekkan

    ReplyDelete
  7. laugh sudah rutin saya jalani *type jarang serius* :)

    ReplyDelete
  8. dear all, terimakasih atas kunjungannya,, mari merencanakan sesuatu yang berharga untuk masa depan, sukses juga untuk semuanya yaaaa

    ReplyDelete
  9. Insyaallah, dengan 5 L yang mbak tian terapkan, Allah SWT memudahkan segalanya. Amin.

    ReplyDelete
  10. Semoga sukses ikutan lombanya mbak...sangat menginspirasi....

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D