memaafkan

Mengapa sulit memaafkan???

8:44:00 AM

Manusiawi sekali jika dalam hidup, kita pernah merasa disakiti oleh orang lain, entah itu teman, sahabat ataukah saudara. Dan manusiawi juga jika efek dari disakiti itu adalah luka yang berada didalam hati dan kemungkinan besar sulit untuk memaafkan. Namun sesuai dengan ajaran islam, memaafkan adalah perbuatan yang paling mulia, memaafkan adalah sifat mulia namun sangat sulit sekali untuk direalisasikan. Dalam kehidupan nyata, memaafkan adalah suatu perbuatan yang sangat sekali susah untuk dilakukan, memaafkan sih bisa saja namun bisa melupakan?? Nah inilah yang disebutkan dengan " apa gunanya memaafkan/ minta maaf jika hanya dibibir saja, sedangkan hati masih menyimpan luka dan dendam". 


Memberi maaf kepada seseorang yang telah melukai kita, ataupun membuat kita kesal mungkin memang akan terasa sangat sulit. Namun bukan berarti tidak bisa lho, meskipun memang dalam hati masih ada tersisa luka yang memang sulit kita hapus. Banyak orang mengartikan bahwa kata maaf bukan berarti bentuk perdamaian yang hakiki bila tidak pure dilakukan dari hati. Namun kalau begitu apa gunanya maaf??? Intinya sifat tulus dan ikhlas, sifat dasar itulah yang wajib kita pahami dan kita implementasikan dalam kehidupan sesungguhnya, dengan didasari sifat tulus dan ikhlas, maka yakin ungkapan maaf pun akan datang dari lubuk hati yang paling dalam, bersih hingga tidak ada dendam dalam hati. 


Marilah kita lihat alasan mengapa sulit memaafkan : 

1. Masalah harga diri 

Ketika emosi meradang, otomatis akal sehat pun tidak bekerja, hanya emosi yang memuncak yang mengakibatkan keluar perkataan yang tidak layak dan tidak pantas untuk diucapkan sehingga menginjak - injak harga diri, sehingga akan merasa sulit untuk melupakan. Setiap orang memiliki harga diri yang tidak bisa dibeli dengan apapun, bahkan kekayaan sekalipun. Itulah kenapa jika setiap marah kita lebih baik diam, saya pernah deh nulis artikelnya disini


2. Ucapan yang terlalu menyakitkan

Mungkin sebagian orang atau bahkan semuanya, akan terasa sulit melupakan kata - kata yang tidak wajar didengar yang otomatis membuat hati terluka. 

3. Tidak ikhlas

Ini lah fondasi yang harus dimiliki dan dipahami oleh setiap insan manusia, dengan ini tidak ada kata susah memaafkan :). 


Inti terbesarnya adalah ada dalam diri kita sendiri, mau sampai kapan kita memendam luka yang hanya akan menyakiti diri sendiri???


وَلْيَعْفُوا وَلْيَصْفَحُوا أَلَا تُحِبُّونَ أَنْ يَغْفِرَ اللَّهُ لَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ
"...dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak suka bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS. An Nuur, 24:22)
Dalam ayat lain disebutkan bahwa orang yang beriman adalah orang-orang yang bersifat memaafkan, pengasih dan berlapang dada, sebagaimana dinyatakan dalam Al Qur'an :


الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
"Yaitu orang2 yang menginfakkan hartanya ketika lapang dan sempit dan menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain." (QS. Ali ‘Imraan, 3:134)

Firman Alloh Swt diambil dari sini





You Might Also Like

8 komentar

  1. Iya ya, kalo menyangkut harga diri itu rada berat buat memaafkan. Tapi ya emang harus bisa diikhlasin. Postingan keren.
    Btw, salam kenal. Baru pertama kali mampir di sini, hehe. :)

    ReplyDelete
  2. Keikhlasan untuk memaafkan yah, Mbak. memang sulit, apalagi kesalahan yang dibuat kepadanya sangat menyakitkan. tapi memang benar, alangkah baiknya untuk ikhlas dan saling memaafkan:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya intinya adalah keikhlasan,, terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  3. Wah, aku masih harus belajar memaafkan nih. Soalnya kalau kata-katanya terlalu pedes, sakit hatinya juga jadi dalem dan kadang susah untuk memaafkan :')

    ReplyDelete
  4. aku juga gitu, susah banget maafin karena kata2nya terlalu sangat menyakitkan :( .. terimakasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
  5. wah, memang sulit butuh kerendahan hati,apalagi kalau sudah disakiti berulang kali, rasanya mau memaafkan tuh gimana gitu, memang manusiawi ya tapi tetap pinu maaf hrs diberikan

    ReplyDelete
  6. memang susah sekali memaafkan, namun seiring waktu pasti bisa, insha Alloh ya mbak ... tulisannya keren mak, mengingatkan akan semua kekhilafan aku juga :))

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook