kelola harta

Lapar mata?? tidak lagi

12:55:00 PM

sumber
Lapar mata, identik banget dengan para wanita nih, apalagi kalau berkeliling di Mall atau pusat perbelanjaan, jangankan di pusat perbelanjaan, diajak ke warung aja masih bisa kelaparan matanya. Bahaya sekali jika sindrome ini sudah menyeruak dalam hati, susah banget buat irit. 

Padahal sudah dijelaskan juga dalam ayat ini : 
“Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada TuhanNya” (QS 17:27)“Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu ditengah-tengah antara yang demikian” (QS 25:67) 
Jelas banget kan, kalau sikap boros itu sangat tidak diperbolehkan oleh agama. Jadi marilah kita flashback lagi dan evaluasi lagi tentang sikap kita dalam membelanjakan harta. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengusir si kebiasaan lapar mata yang berakibat boros dalam membelanjakan harta, yaitu:


1. Rencana Anggaran

Bukan hanya dibuat, rencana anggaran juga perlu ada komitmen untuk melaksanakannya dan masalah kedisiplinan juga sangat dibutuhkan untuk mematuhi rencana anggaran ini. 

2. Jangan pergi ke Mall, dkk jika tidak ada keperluan penting

Inilah yang sebenarnya membuat harta menipis akibat lapar mata, bayangkan saja, awalnya kita tidak ada niatan untuk belanja, namun sengaja datang ke Mall atau pusat perbelanjaan lainnya sekedar untuk jalan - jalan, eh pas pulang dengan sekantung atau beberapa kantung belanjaan yang didapat dari lapar mata. 

3. Bawa catatan

Bawa catatan untuk membantu agar kita fokus terhadap barang yang sudah terencana untuk dibeli, dengan begitu kita akan cepat berbelanja dan tidak akan lama - lama di tempat perbelanjaan. 

4. Segera tinggalkan

Segera tinggalkan tempat perbelanjaan jika memang kegiatan belanja yang pokok sudah terlaksanakan. Hal ini jitu sekali untuk menghindari mata jelalatan.

Nah setelah ingat tips diatas tadi, coba deh praktekkan dan evaluasi terus lalu terapkan pada kebiasaan kita dalam mengelola harta, ingat harta kita itu titipan Alloh Swt, jadi jangan boros, dan diantara harta kita ada hak orang lain, ingat kan??

Marilah saling mengingatkan dalam kebaikan. 

You Might Also Like

12 komentar

  1. Saya selalu ingat anak kalo pengen2 sesuatu... ga jadi deh. Uangnya buat anak saja... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama persis dengan suami saya tuh :D,, alhamdulillah deh ya kalau masih ada self reminder :D, terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  2. Nice tips, Tian! Membuat catatan, dan patuh pada catatan yang sudah dibuat, adalah hal yang selalu menolongku saat belanja. Kalo tidak, ampyuuun, bisa deh ngeborong semua yang sedang sale. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi apalagi sekarang menjelang lebaran ya mbak, jadi semuanya ingin dibeli :D , terimakasih mbak Al atas kunjungannya

      Delete
  3. Kalau saya lapar matanya kalau ngeliat menu makanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi saya juga kadang gitu, lapar mata ketika liat makanan :D

      Delete
  4. menghindari pergi ke mall, salah satu cara yang efektif juga ya mak :)

    ReplyDelete
  5. duh penting bangeettt ini tulisan buat di baca perempuan lapar mata kayak saya hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih yuk kasi makan matanya agar tidak lapar terus

      Delete
  6. syukurlah tiada mall di tempat saya, jadi gak sampai kalap mata

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook