munggahan

by - 2:51:00 PM

Waah sebentar lagi munggahan euy, kudu makan enak dong. Itulah yang sering terdengar didaerahku, munggahan. Tradisi ini masih melekat sampe sekarang niih, kalau mau bulan Ramadhan siih pada heboh munggahan. Masak - masak atau saling berkirim sms buat ngucapin maaf sebelum puasa, hmmm kalau sekarang sih biasanya broadcast BBM aja kaleee yaa kagak usah pake sms lagi... hehe


Tradisi munggahan ini melekat erat pada urang sunda, seperti saya. Saya dan keluarga biasanya munggahan dirumah saja, makan-makan barengan sama mamah, bapak, adik, anak dan suami saja. Rasanya kalau tidak munggahan itu engga afdol padahal kan gak ada hubungannya ya sama puasa kita?? itu hanyalah tradisi yang masih dilakukan oleh segelintir orang. 


Dan kata temen sih munggahan itu akan lebih terasa bila berada jauh dengan orang tua, ya katakanlah berada di kota yang berbeda dengan orang tua. Karena bisa merasakan pulang kampung 2x pada munggahan dan lebaran. hehe beuh saya belum pernah merasakan jauh dari mama siiiih... 


kalau mamah sih biasanya pas munggahan suka masak yang enak - enak, masak rendang, opor ayam ya kayak mau lebaran gitu, katanya sih biar nanti sahurnya semangat, sahur pertama emang harus yah makan sama yang enak - enak?? ah paling nantinya juga sahurnya sama mie rebus doang, haha. Tapi emang enakan sama mie rebus lho pake cengek ,mantaabs. 

Jadiii, munggah itu berasal dari kata unggah, yang artinya kecap pagawean nincak ti handap kanu leuwih luhur, naek ka tempat nu leuwih luhur ( Danadibrata, 2006:727), atau kurleb gini deh kata kerja yang beranjak dari tempat rendah ke tempat yang lebih atas. Atau dalam makna lain bisa diartikan sebagai proses peningkatan iman dan takwa setiap individu sebelum memasuki bulan ramadhan, persiapan bathin lah intinya mah mungkin ya. tapi lebih khas nya dengan makanan :D 

Yeaaay Bulan yang paling dinantikan sebentar lagi datang, mari persiapkan diri. Bulan yang selalu dinantikan untuk menabung pahala sebanyak - banyaknya. 

" Siapa yang bergembira karena menyambut datangnya bulan Ramadhan, niscaya Alloh Swt haramkan jasadnya dari neraka" 


You May Also Like

6 komentar

  1. ohhh pantas saja menjelang puasa tiket saya laris manis..mungkin salah satunya krn ada tradisi munggahan ini ya mak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah alhamdulilah dong mbak kalau gitu,,, rejeki jadi lancar kan???

      Delete
  2. baru tau asal usul munggahan hahahaha dipertanyakan atuh ya kesundaannya aku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha jangan-jangan bukan orang sunda yaa :p

      Delete
  3. Oh kalau di tempat mbak namanya MUNGGAHAN, kalau di daerah saya, dinamakan MEGENGAN, selamatan penyambutan Ramadhan

    ReplyDelete
  4. Setiap daerah memiliki nama berbeda namun arti sama,,, :) terimakasih sudah berkunjung

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D